Tanda Kartu Memori akan Rusak di HP android

Tanda Kartu Memori akan Rusak di HP android – Memori Card merupakan media penyimpanan eksternalopsional yang didukung oleh sistem android untuk dipasang di beberpa perangkat ponsel pintar, dimana fungsi utama memori card adalah sebagai media penyimpan data selain dari memori internal yang dimiliki ponsel android. Terkadang ada saja masalah yang timbul akibat kartu memori akan rusak seperti lemotnya ponsel, data tidak tampak ketika ingin dilihat dan lain sebagainya.
Saat ini kebanyakan jenis kartu memori eksternal untuk HP android berupa MicroSD card, walau bentuknya kecil namun sudah tersedia kapasitas penyimpanan yang besar hingga puluhan giga bahkan ratusan GigaByte juga ada. Namun dibalik bentuknya yang mungil tersebut terkadang banyak penggunanya yang sembrono memperlakukan media penyimpanan tersebut.
tanda kartu memori akan rusak

Kesalahan pengguna dalam memperlakukan memori HP tentu akan berakibat memperpendek umur kartu serta rawan kehilangan data penting didalamnya yang belum sempat digandakan atau di-backup ke perangkat lain. Untuk itu ada beberapa gejala yang bisa dideteksi ketika umur memori sudah akan sampai batas ‘rusak’ sampai akhirnya tidak bisa dipakai lagi.
Ciri-ciri Memori Card android akan Rusak

Baca Juga

Dibawah ini ada beberapa gejala yang bisa timbul sebagai ‘alat’ deteksi dini untuk waspada terhadap kerusakan memori HP, silahkan disimak :
  • 1. Kinerja HP menurun
Salah satu gejala ketika memori card anda di HP android rusak salah satunya kinerja ponsel menurun, apalagi ketika anda menjalankan aplikasi yang tersimpan di memori tersebut. Melambatnya kinerja HP android sebenarnya bisa karena sistem, banyaknya aplikasi berjalan, serta ada komponen yang trouble, namun begitu memori card yang akan mengalami kerusakan bisa menjadi penyebab serius lemotnya kinerja ponsel. Jadi bila anda curiga dengan gadget yang semakin lama semakin melambat dan tidak secepat dulunya ketika digunakan cobalah untuk melepas memori eksternal (memory card) untuk menguji apakah benar penyebab masalah timbul dari media tersebut atau dari sebab lain.





  • 2. Lambat mengakses file
Gejala lain memori HP akan rusak adalah ketika anda meng-eksplore file didalamnya, entah itu memakai file manager atau aplikasi eksplorer lainnya, ketika mencari sesuatu file ternyata tersendat dan tidak lancar sebagaimana mestinya maka pertanda kartu memori anda akan mulai rusak
  • 3. Aplikasi macet
banyak kejadian aplikasi macet di tengah pemakaian disebabkan kartu Memori yang mulai menurun kinerjanya kecuali aplikasi yang terisntall di memori internal. Nah, ketika anda merasa di beberapa aplikasi ada yang mengalami lemot atau bahkan macet di tengan jalan silahkan coba memindah aplikasi ke memori internal dan jalankan, bila memang aplikasi bisa berjalan sempurna berarti memory card sudha mulai bermasalah.
  • 4. Booting lama
Salah satu ciri-ciri kartu penyimpanan HP android mulai rusak yaitu ketika anda baru saja menyalakan ponsel akan terasa lama sekali masuk ke layar utama dengan ditandai logo merek ponsel android yang terus-terusan menyala dan tidak segera masuk ke layar desktop. Jadi harap dibedakan antara ponsel yang menampilkan logo namun tidak pernah masuk ke sistem dengan ponsel yang memang lama bootingnya namun nantinya masih bisa masuk ke sistem dan bisa digunakan, karena ketika logo merek ponsel tetap menyala terus-menerus tanpa bisa masuk ke sistem itu sering dinamakan bootloop atau brick istilahnya.
  • 5. Kegagalan transfer
bila anda sering melakukan transfer data dari perangkat ponsel ke perangkat lain seperti PC via kabel data atau melalui perangkat flashdisk via OTG dan sering gagal waktu proses transfer data ditengah jalan itu juga pertanda kartu memori akan rusak.
Nah, Bila Pembaca Dunia android mengalami beberapa ciri-ciri seperti diatas sebaiknya segeralah melakukan backup data penting dan mulai berencana untuk mengganti kartu memori Ponsel anda sebelum nantinya kehilangan data yang tidak diduga waktunya.

0 thoughts on “Tanda Kartu Memori akan Rusak di HP android”

Leave a Comment