Cara Laporkan Status Hoax dan SPAM ke Facebook

Facebook sebagai media social paling terkenal saat ini memang memberikan berbagai dampak, baik itu manfaat maupun merugikan bagi sebagian yang lain. Tidak sedikit berbagai berita yang bisa tergolong SPAM atau HOAX serta kiriman yang mengandung unsur SARA berhasil menjadikan pengguna jejaring sosial terbesar ini heboh. Kiriman di dinding Facebook yang tidak sesuai kriteria pengguna, status pelecehan, Hoax, Penghinaan dan hal tidak patut lainnya dengan mudah terunggah di facebook. Pertanyaannya, apakah hal kiriman tersebut bisa dilaporkan ke pihak Facebook ?, Tentu saja bisa dan mudah. Simak terus tutorial dari Admin di bawah ini yuk.
cara pelaporan spam dan hoax ke pihak facebook
Walaupun akhir-akhir ini pihak Facebook getol melakukan Filtering Spam maupun Hoax, Namun masih saja beberapa pelaku dan pengguna akun facebook bisa meloloskan postingan dan menyebarnya. Seperti diketahui, HOAX merupakan kumpulan status atauunggahan tulisan yang belum terbukti kebenarannya yang dibalik itu semua ada maksud tertentu untuk mempopulerkan isi status, memprovokasi, membalik fakta serta menciptakan image berkebalikan di masyarakat agar tercipta opini berlawanan dari fakta yang ada.
Sedangkan SPAM diartikan lebih luas lagi, dimana Hoax juga termasuk Spam. Spam sendiri sering diartikan sebagai pesan sampah yang tidak ada manfaatnya kecuali untuk si pengunggah sendiri. Salah satu contoh SPAM di Facebook diantaranya status yang dibagikan ke dinding atau beranda orang lain secara massal (banyak) yang tidak relevan, tanpa ijin dan bertujuan memperkenalkan sesuatu.
Bagi pengguna Facebook yang tidak pernah melakukan setting Privacy di akunnya dan dibiarkan default, maka berita Hoax dan Spam akan mudah masuk ke berandanya. Tentu pembaca semua pernah mengalami ada status yang dibagikan orang lain dimana isinya tidak anda sukai dan menjurus ke berita yang tidak tentu kebenarannya ?, itulah salah satu contoh Spam.





Nah, sebenarnya untuk mengatasi masalah Spam atau Hoax yang biasa berseliweran di beranda atau dinding akun facebook kita sangatlah mudah, Bisa dengan jalan mengatur di settingan privacy atau anda bisa secara langsung melaporkan isi Hoax tersebut ke pihak Facebook sebagai pemilik resmi Aplikasi.
Cara Melaporkan HOAX dan SPAM ke Pihak Facebook
Bagi anda yang sudah geregetan dengan misalnya postingan seseorang yang tergolong Hoax atau Spam, maka anda bisa melaporkannya ke pihak Facebook. Dimana nantinya bila dalam peninjauan laporan anda disetujui maka postingan orang tersebut bahkan akun Pengirim Spam akan diperingatkan dan bisa dihapus permanen oleh Facebook.
Berikut ini adalah cara mudah melaporkan Spam atau Hoak ke Facebook :
1. Tentu anda harus membuka aplikasi Facebook, bisa di Ponsel atau Komputer.
melaporkan berita bohong ke facebook
2. Ketika anda mendapati postingan seseorang yang tergolong Hoax maupun spam yang tidak anda sukai, silahkan tekan ikon tanda panah kebawah di samping kanan pada status Hoax tersebut (lihat contoh).
3. Setelah itu akan keluar PopUp halaman yang berisi beberapa opsi, silahkan pilih ‘Laporkan Kiriman’
4. Setelah itu akan ada beberapa helaman pertanyaan dari facebook yang harus anda isi, silahkan isi beberapa pertanyaan yang diajukan facebook sampai selesai dan kirim.
Hasil dari pelaporan anda ke pihak facebook bisa terkabul atau bisa saja tidak sama sekali, karena memang nantinya akan ada tindak lanjut dari FB untuk memeriksa apakah postingan yang anda laporkan benar-benar tergolong Hoax, Spam atau status yang melanggar lainnya ataukah tidak.
Bila memang ada pelanggaran dari pemilik akun, maka postingan tersebut akan dihapus dari antarmuka facebook berikut semua link yang terkait. Semoga tips diatas bermanfaat.

Leave a Comment