Cara Aktifkan Kunci Otomatis di Telegram dengan fitur Auto-Lock

Di sesi sebelumnya Admin Dunia android pernah mengulas tentang Cara menghapus secara otomatis akun Telegram bila sama sekali tidak digunakan untuk rentang waktu yang telah ditentukan, Nah kali ini admin masih membahas secara berkelanjutan Aplikasi Telegram yaitu cara setting Kunci Telegram secara otomatis atau biasa disebut Auto-Lock menggunakan PIN maupun Password. Bagaimana, sudah siap menyimak tips Dunia android ?
mengatur Auto Lock di telegram
Bukan hanya android sendiri yang bisa melakukan auto lock alias mengunci otomatis dirinya setelah sekian waktu yang ditentukan pengguna, Namun di aplikasi messenger Telegram juga ada fitur serupa yang secara default tidak diaktifkan oleh pengembang aplikasi dan harus dilakukan setting seccara manual dari pengaturan privacy dan security.

Baca juga :
Cara Hapus akun Telegram secara Otomatis

Cara Akses Telegram dari Komputer

Fitur Auto Lock Telegram berfungsi untuk mengunci akses masuk ke akun agar orang lain tidak dapat mengintip isi pesan si empunya Ponsel. Keuntungan menggunakan auto-lock Telegram ini si pemilik ponsel bisa mempunyai 2 mode keamanan ketika gadget miliknya tidak dalam pengawasan. Mengapa bisa double protection ?, tentu saja ketika orang lain ingin mengakses ponsel anda seccara diam-diam tentunya pertama kali harus membuka kunci layar (bila mengaktifkan kunci layar) dan juga ketika ingin mengintip isi pesan Telegram juga harus menemukan kunci atau password yang telah anda ciptakan, Nah aman deh.
Setting Auto-Lock Aplikasi Telegram

Kembali ke topik tutorial diatas, Bila anda khawatir dengan keamanan akun Telegram dan khawatir aktifitas anda diintip oleh orang lain maka ada baiknya mengatur Telegram untuk mengunci dirinya sendiri dalam rentang waktu (menit atau Jam) tertentu agar aman dari orang yang tidak bertanggung jawab.
1. Silahkan Buka Telegram dan langsung masuk ke halaman Menu, kemudian masuk ke Opsi Setting.
mengatur keamanan telegram degan kunci otomatis
2. Dari menu setting, masuklah ke opsi Privacy and security. Di Menu keamanan tersebut ada beberapa opsi seperti Blocked User, Pengaturan terakhir dilihat layaknya whatsapp, active session dan lain sebagainya, silahkan Pilih opsi Passcode Lock.
pengaturan auto lock di telegram
3. Di opsi Passcode lock ketika pertama kali anda mengaksesnya (belum pernah mengakses menu ini) maka secara default opsi kunci masih belum aktif. Silahkan geser slider Passcode Lock ke arah kanan dan akan ada tampilan halaman untuk mengatur apakah anda menggunakan PIN atau Password.
Bila menggunakan PIN maka pilihan masukan kata sandi hanya berupa Angka, dan bila anda memilih Password maka inputan kode sandi bisa berupa huruh abjad serta angka.
Bila anda suka dengan metode PIN yang simple (hanya angka) maka masukkan kode sandi yang anda inginkan setelah itu klik tanda centang di bagian pojok kanan atas.
4. Setelah PIN tercipta, akan ada opsi keamanan yang terbuka di bawah nya untuk mengatur berapa lama durasi kunci otomatis telegram aktif dengan memilihnya di pengaturan Auto-lock.
Nah, dengan cara diatas Akun telegram anda setidaknya akan aman dari pengintip pesan yang suka usil di sekitar anda.

Leave a Comment