Sebelum Flash Ulang Android, Simak dahulu Tipsnya yuk !

Sudah menjadi suatu hal yang Umum dilakukan oleh para tukang service Ponsel dalam memperbaiki sistem yang rusak pada smartphone dengan langkah flashing Firmware. Melakukan flash bisa diibaratkan layaknya di PC yaitu melakukan install ulang system operasi agar sistem kembali fresh ( fresh install ). Di kalangan pengguna ponsel android, Terkadang membawa ponselnya ke service center atau ke tukang service HP untuk dilakukan flash ulang memang menjadi suatu hal yang wajar ketika sistem di dalam ponselnya sudah rusak dan tidak bisa direcovery dengan melakukan reset default.
flashing ulang android

Namun adakalanya para anda pengguna smartphone android juga harus memikirkan hal-hal yang terjadi ketika ponsel pintar kesayangan ingin dilakukan proses flashing firmware. Banyak kejadian para pengguna yang dengan alasan sepele seperti ponsel gagal booting atau gagal membuka aplikasi tertentu kemudian memutuskan untuk melakukan flash ulang, dimana setelah dilakukan flash ternyata banyak data yang hilang, akun yang terlupakan, contact hilang dan sebagainya.

Nah, bagi anda yang ingin melakukan proses flashing terhadap smartphone android kesayangan, lebih baik simak dahulu beberapa tips di bawah ini.

Baca : Cara flash Ulang Lenovo A516 Bootloop

  • 1. Hal paling mendasar sebelum memutuskan untuk melakukan flashing firmware ponsel android anda adalah simpan ( backup ) dahulu segala data yang diperlukan, seperti kontak, data musik, file image atau data-data yang lainnya. Lain lagi masalahnya apabila ponsel sudah tidak bisa menyala dan ternyata data tersebut ada di memori Internal ponsel yang tidak bisa terbaca ketika gadget dalam keadaan mati.

Baca : Apa yang terjadi Ketika HP di Flash Ulang?

  • 2. Bila Smartphone masih bisa menyala dan hanya mengalami kegagalan sistem dalam keadaan tertentu saja misalnya salah satu aplikasi sering macet atau ada fungsi menu yang tidak bisa dibuka maka fikirkan dahulu berulang kali apakah menu-menu yang gagal anda buka tersebut sangat berguna atau tidak. Bila iya, silahkan lakukan flashing ulang.

  • 3. Apakah anda ingat berbagai username dan password dari beberapa akun yang anda punya ?, bila tidak silahkan berfikir ulang untuk melakukan flashing firmware android sobat. Mengapa demikian ?, bila anda lupa password atau akun yang tertanam di berbagai aplikasi yang anda gunakan setiap harinya dari gadget kesayangan anda maka sudah barang tentu ketika proses flashing dilakukan maka nantinya anda akan kehilangan segala akun yang tersimpan di smartphone anda. Jadi, ingat – ingat dahulu berbagai akun dan password yang anda gunakan.
  • 4. Jangan sepelekan tentang resiko melakukan flashing ulang. mengapa demikian ?, melakukan flash firmware bisa berakibat ponsel mati seccara total sehingga tidak dapat digunakan lagi. Banyak tukang service HP yang melakukan perjanjian terlebih dahulu kepada para konsumennya sebelum melakukan flasing dengan berbagai catatan resiko HP matot alias mati total setelah adanya gagal flashing.
  • 5. Apakah smartphone android anda masih bergaransi ?, kalau iya jangan sekali – kali melakukan langkah flashing sendiri atau ke tukang service jalanan ( bukan service center resmi ), karena masa garansi akan hangus ketika ada perubahan firmware yang bukan dari service centernya.
Dari beberapa catatan diatas, tentunya anda para pengguna smartphone android sendirilah yang dapat memutuskan apakah gadget kesayangannya layak untuk segera dilakukan flashing ulang ataukah tidak. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi para pembaca Dunia Android semua.

0 thoughts on “Sebelum Flash Ulang Android, Simak dahulu Tipsnya yuk !”

  1. Mohon bantuannya gan.. hp saya samsung grend prime.. setelah batre 30% hp mati srndiri. Kira kira apanya ya…

    Mohon jawwabannya ya gan…

    Reply
  2. bisa dilacak dahulu penyebabnya, yang pertama coba cek kondisi baterai. Bila baterai masih oke, coba kalibrasi uang baterai dengan aplikasi kalibrasi yang banyak beredar di play store. Kemudian bila tidak juga mengatasi masalah, maka coba lakukan reset ulang atau bisa juga melakukan flashing.
    dan bila ponsel tetap mati ketika dicas untuk beberapa persen maka ada masalah pad hardwarenya.

    Reply
  3. Samsung grand prime telah sy upgrade ke Lollipop tapi sy ingin mengembalikan ke versi Kitkat karena boros baterai. Tolong kasi pendapat apa yg harus sy lakukan apakah sy harus melakukan flash atau tidak perlu?

    Reply
  4. Layar Samsung Grand 2 saya bergaris warna – warni, padahal gak kena beban berat sama sekali.. Tapi sebelum itu (pagi harinya) saya upgrade.. Apa itu ngaruh? Trus solusinya bagaimana? Terima kasih..

    Reply
  5. apakah bergarisnya juga tampak di semua layar yang terbuka ?, kalau iya bisa jadi layar ada kerusakan pada sebagian pixel-nya.
    sebenarnya bukan karena upgrade tapi bisa karena faktor lain seperti panas berlabih atau memang agan tidak sengaja menjatuhkan/tertekan di saku celana…
    saran saya coba lakukan test pixel dengan menggunakan screen tester yang aplikasinya banyak tersedia di play store

    Reply
  6. Iya bergarisnya di semua layar, jadi tidak bisa dipakai sama sekali, tapi kalo di pencet2 layarnya masih aktif, bisa dipakai buat menyalakan musik juga. Saat layarnya di geser2, warna garisnya berubah2 sesuai yang dibuka..

    Reply
  7. Coba matikan ponsel dan nyalaka. Lagi, apakah sewaktu booting (layar ada logo ponsel) apakah sudab bergaris atau masih normal hitam dan logonya tampak bagus?, Bila iya coba lakukan recovery ulang agar settingan kembali ke default…
    Bila logo sewaktu booting masih tampak normal berarti ada driver GPU yg tidak berfungsi..bisa dilakukan flashing ulang..
    Namun bila sewaktu booting sudah bergaris maka layar ponsel bisa dikatakan rusak dan perlu diganti..
    Mungkin itu dlu masukan dari saya

    Reply
  8. Gan Hp Andromax R saya telah mengalami tidak bisa menyalakan wifi(ON/OFF) Kalau saya nyalakan akan kembali OFF saya sudah coba berbagai macam cara seperti:Ubah kesetelan Pabrik,Root exploler dll.Apakah saya Harus flash ulang gan?
    #MOHONPENCERAHANNYA

    Reply
  9. Bila dengan cara reboot ulang dan reset pabrikan sudah tidak bisa mengatasi masalah di HP tidak bisa dinyalakan WiFi-nya bisa dengan opsi flashing ulang… biasanya ada firmware sistem yang rusak sehingga harus install ulang dengan firmware baru agar normal kembali Jaringan WiFinya

    Reply
  10. hp saya samsungJ7 prime..kedua sinyal hp sering ilang beberapa detik logo sinyal bulat..seperti awal hp hidup..terjadinya tiba tiba sinyal ilang serentak keduanya..apakah perlu di flasing? dan apakah system android yg natu sama dgn bawaan pabrikannya? hp masi gransi 2 bulan pake..tolong soluainya bang..

    Reply
  11. sebenarnya kalau masih ada kartu garainsi dan masih bisa digunakan sebaiknya melakukan klaim perbaikan agar nantinya gratis soal biaya.
    dari persoalan yang abang tanyakan apakah sinyal hilang serentak tersebut terjadi berulang? apakah kondisi signal di tempat agan juga masih bagus?.. bila masih bagus kualita ssignal di area tempat tinggal coba lakukan recovery saja sebelum memutuskan untuk flashing.

    Reply
  12. Mo nanya gan,
    hp saya galaxy note 3 klo datanya d nyalakan kok tiba2 memori internal nya langsung kesedot secara perlahan dari 7 gb jadi sisa 0 kb, truz hang sekitar 2 menit truz normal lagi. Gk lama kemudian eror lagi kek gitu selama data nya d nyalakan. Tapi klo data nya d matikan normal2 aja. Itu harus d flash ato emang hardware nya yg bermasalah gan?

    Reply
  13. penyakit smartphone saya merk ZTE:dinyalakan hanya muncul logo brand ZTE,gak berubah layarnya,bahkan melongo terus logonya,bahkan ketika di OFF aja gak bisa,kecuali baterai dilepas,kira kira problemnya apa?

    Reply
  14. Gan, mohon dibantu ya. Hape saya j7 prime main game yang seharusnya ga ngelag jadinya lag parah. Tapi pas ada notif masuk,langsung lancar, tapi pas notifnya hilang, ngelag lagi. Pokoknya j7 prime milik orang lain performanya lebih bagus daripada j7 prime milik saya. Dalam penyimpanan, apk, ram masih longgar saya

    Reply
  15. Coba pastikan aplikasi mana dulu yang menyebabkan Lag di HP android agan, bila keseluruhan menyebabkan Lag coba lakukan reset ponsel atau bila tidak mengatasi masalah coba lakukan flashing agar sistem kembali fresh(normal)

    Reply
  16. "Lain lagi masalahnya apabila ponsel sudah tidak bisa menyala dan ternyata data tersebut ada di memori Internal ponsel yang tidak bisa terbaca ketika gadget dalam keadaan mati"

    Nah untuk yang begini gimana gan? Masihkah ada harapan untuk data-data yang tersimpan di internal storage kya gini?

    Reply
  17. bisa dibackup data di dalam internal storage dengan mode recovery… namun bila sudah tidak bisa masuk ke recovery mode dan internal storage sudah corrupt atau data rusak maka jalan keluarnya adalah di flashing dan data internal hilang semua…

    Reply
  18. Gan hp saya samsung j7 2016 mendadak kalo dicas pada simbol baterai kadang mengisi kadang tidak itu kalo memakai charger tapi kalo saya cas lewat laptop bisa mengisi normal,kira2 penyebab n solusinya gimana???mohon bantuannya…terimakasih

    Reply
  19. Om kmren sy baru beli htc m8 rekondisi, masalahnya hp ni gk support 4g hanya 3g tp statusnya 4g terus walaupun sinyal hanya 3g atau pake kartu yg blm 4g, sepertinya rom nya sudah diganti, sy tanya penjualnya htc versi apa tp tidak dijwb, sedangakn gps nya tidak pernah akurat bahkan sensor2nya bnyk yg tidak berfungsi, tlong dong om gimna solusinya apakah harus diflashing sesuai dengan rom originalnya atau gmna tlong ya om bisa email ke sy [email protected]

    Reply
  20. Min mau tanya,kenapa ya hp Xiaomi redmi note 3 saya tidak bisa update ke versi MIUI 8,padahal semua perangkat Xiaomi sudah mendapat jatah MIUI 8 (bahkan MIUI 9).. Kasih pencerahan dong min,trus gimana cara mengatasinya

    Reply
  21. Gan mau tanya hp saya koga bisa nyambung ke data yaa..padahal sdh dihidupkan datanya ..walau sdh ada tulisah h+ nya pun typ ga bisa dipakai internetannya..ga bisa nyambung..padahal data baru beli..gimana solusinya yaa apa harus di flashing?? Mohon bantuannya

    Reply
  22. Ada kemunginan pas penggantian konektor ada kabel flexible kamera yang tersentuh atau memang lupa tidak dipasang ulang.. apabila kejaiannya setelah dari tempat service silahkan kembalikan lagi dan minta untuk dicek ulang sama si tukang service HP nya ya 🙂

    Reply
  23. kalau hp dalam keadaan mati, lalu di flashing ulang
    apakah data di internalnya seperti foto, video atau file lainnya masih bisa dikembalikan ?

    mohon pencerahannya

    Reply
  24. kalau data ponsel terletak di memori internal (bukan pada kartu MicroSD) dan ponsel masih bisa dihidupkan sebelum diflashing maka harus dilakukan backup data terlebih dahulu.
    Namun bila ponsel sudah trouble dan tidak bisa dihidupkan lagi lalu terpaksa harus di flashing ulang, maka data tidak akan bisa dikembalikan (terhapus).

    Reply
  25. Coba dicek di menu penyimpanan, apakah memori hanya tersisa kurang dari 500 MB?.. kalau iya bisa lakukan dahulu menghapus cache di internal memori dan juga pindahkan file internal sebagian ke memori eksternal (microSD)..

    Reply
  26. Gan hp syasxiaomi redmi 1 mati total tptp colok cas usb lampu notifnya nyala klo bwa ke konter d servis krkr data sya bsa terbaca g ya sma yg servis? soalnya blm sya bckup datany atau akan hilang semua?

    Gan mhn sekali bantu jawabn ny di e mail sya ya.

    Reply

Leave a Comment