Indikator Baterai Penuh tapi HP Mati sendiri, apa sebabnya ?

DuniaAndroid.com – Penyebab HP mati sendiri padahal Baterai Penuh atau baru di charge. Mungkin anda pernah mengalami kejadian ketika status tanda baterai di layar smartphone masih full tapi tiba-tiba android mati dengan sendirinya. namun ketika sambungan daya atau charge sudah dihubungkan maka smartphone nyala dengan normal dan tidak mati lagi. Sebenarnya apa yang terjadi ?, apakah HP rusak ataukah baterainya yang memang harus minta ganti baru ?, silahkan simak ulasannya di bawah ini.
indikator baterai

Penggunaan smartphone android memang tidak terlepas dari daya serap arus baterai yang tinggi. Didukung lagi berbagai aktifitas multitasking penggunannya seperti melakukan pengetikan, mendengarkan musik, berselancar Internet dan segala aktifitas lainnya secara bersamaan tentu akan menguras isi baterai dengan cepat.

Walau saat ini sudah banyak beredar produk baterai dengan daya double power ( daya lebih dari standart bawaan ponsel ), namun yang namanya pengguna pasti ada saja keluhan tentang masalah baterai ponsel. Nah, menjawab petanyaan pada topik pembicaraan diatas, sebenarnya apa yang umum menjadi masalah ketika ponsel masih menunjukkan sekian persen baterai masih tersisa ( lebih dari 50 persen ) namun tiba-tiba HP mati dengan sendirinya seperti kekurangan daya ( habis daya baterainya ) ?
Perlu diketahui, sebenarnya di perangkat ponsel pintar sekarang ini sudah begitu presisi-nya mengukur atau mengkalibrasi daya baterai yang digunakan. Ada sistem handle yang memang ditugaskan mendeteksi keluar masuk arus pada komponen-komponen didalamnya. Sistem Bios yang mengatur segala urusan IO ( input-output) sudah disetting sedemikian rupa agar penggunaan daya baterai bisa ditampilkan di layar pengguna.

Sebab Ponsel mati sendiri walau baterai masih Full

Namun sebuah sistem memang tidak ada yang sempurna, sperti halnya sistem deteksi daya baterai pada perangkat smartphone. Ketika pengguna ponsel melihat dilayar masih tertera status daya yang cukup banyak namun kenyataannya ponsel mati dengan sendirinya, sebenarnya ada beberapa sebab dan kemungkinan yang bisa terjadi, salah satu sebabnya dan permasalahnnya di bawah ini.

1. Baterai ponsel DROP
Kejadian dan permasalahan baterai drop pada ponsel sudah menjadi jawaban yang paling utama dalam permasalahan ini. Ketika ponsel android tiba-tiba mati padahal status tanda baterai di layar masih full atau lebih dari 50 persen maka ada kemungkinan baterai anda sudah drop atau ada kerusakan pada sirkuit baterai itu sendiri. Langkah i=untuk mendeteksi kemungkinan hal ini benar atau tidak sebenarnya mudah, silahkan coba meminjam baterai yang sejenis dengan baterai di ponsel anda, entah milik teman atau family, ketika baterai yang normal anda pasang dan tidak terjadi lagi mati mendadak maka hal yang harus anda jadikan ‘tersangka’ adalah baterai anda. Saatnya untuk mengganti baterai dengan yang baru.

Baca Juga

2. Sistem Malfunction.
Bila baterai coba diganti namun tetap saja mati dengan sendirinya ketika tanda pada layar masih penuh maka kemungkinan sistem di smartphone sudah corrupt atau tidak bekerja sebagaimana mestinya dalam mendeteksi alur input output di perangkat android anda. Langkah yang sepatutnya dilakukan untuk menyelesainak permasalahan sistem adalah dengan melakukan Reset ulang sistem ke dalam keadaan defaultnya ( reset factory ). Dan bila dengan melakukan reset tidak berhasil, silahkan lakukan flashing firmware agar sistem kembali di fresh install.
3. Hardware bermasalah.
Untuk kasus yang ketiga inilah yang memang bisa bikin pusing pemilik smartphone. Keadaan perangkat atau komonen di dalam ponsel yang sudah rusak atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya memang mengharuskan pengguna membawanya ke service center atau tukang service ponsel untuk melakukan repair komponen.
Dari ketiga kemungkinan dan pemecahan masalah diatas semoga dapat memberikan gambaran tentang bagaimana mengatasi masalah pada smartphone android yang tiba-tiba mati dengan sendirinya walau indikator baterai masih penuh. Semoga ulasan diatas bermanfaat.

0 thoughts on “Indikator Baterai Penuh tapi HP Mati sendiri, apa sebabnya ?”

  1. aku mau tanya dong, iphone 5ku sering mati nyala sendiri. nanti kalo dibiarin nyala lagi tp nanti mati lagi. tp notification tetep masuk. kayak redup gitu layarnya tp lama kelamaan lyarnya normal lgi dan kadang mati sendiri….. kl batre dibawah 50%, dan kalo dihidupin bisa cuman sampe homescreen terus mati lagi. bisa normal lagi kl disambi cas. tapi itu cuman kadang kadang doang matinya. padahal batre baru ganti + charger juga baru.? masalahnya dimana ya? mohon bantuannya.

    Reply
  2. coba lakukan soft reset, atau juga bisa langsung dilakukan hard reset agar sistem kembali fresh…namun bila tetap error, silahkan lakukan flashing firmware ulang. bila setelah dilakukan flashing masalah tetap seperti diatas maka ada sebab lain di hardware/komponennya dan harus dibawa ke service center

    Reply
  3. saya punya masalah nih Hp saya sering mati tiba-tiba padahal battery masih +50%, trus pas mau saya restart lagi malah disuruh untuk ngecas, itu gimana ya gan? Tolong infonya thanks

    Reply
  4. Bila yakin baterai masih oke atau sehat maka coba lakukan reset atau restore factory. Untyk meyakinkan baterai tidak bermasalah atau ponselnya yg tidak bermasalah bisa pinjam baterai sejenis dari ponsel teman, bila ternyata tetap bermasalah bisa dilakukan flashing ulang atau cek hardware ponsel di service center

    Reply
  5. Mohon petunjuknya, aya ganti baterai doble power karena yg sebelumnya menurut saya udah ga layak pakai karena boros, eh pas saya ganti doble power masi tetep boros kaya sebelumnya, itu kira2 masalahnya ada di mana ya ?

    Reply
  6. Ada beberapa sebab borosnya baterai, bisa karena tingginya kinerja hardware, kerusakan hardware, banyaknya app yg berjalan di background dan lain sebagainya… atau bisa juga baterai double power yg terpasang tidak mengeluarkan output dan ampere yang dispesifikasikan..

    Reply
  7. gan hp saya asus zenfone c itu kadang2 mati/restartsendiri(baterai masih banyak), tapiii saat digunakan sambil di cas hp normal, nah itu solusinya gimana?

    Reply
  8. Banyak penyebab untuk hp yg tba2 mati sendiri, bisa karena software maupun masalah hardwarenya. Bila yakin sistem tidak bermasalah, silahkan coba pinjam baterai sejenis dari ponsel lain, bila tetap mati namun normal ketika digunakn dengan charge maka bisa dipastikan sistem atau hardware didalam hp yg bermasalah. Coba dahulu reset ke pengaturan awal mas.

    Reply
  9. mau tanya mas, hp sy LG G3 pada saat hp lagi digunakan tiba tiba cahayanya redup makin lama tiba2 mati tapi bukan mati mesin ketika ditunggu beberapa lama di knock muncul lagi layarnya. tks

    Reply
  10. Mas mohon petunjuknya, hp saya smartfren andromax c3 saat saya gunakan tak lebih dari 30 menit tiba2 mati sendiri, padahal baterainya 70%, ketika dihidupkan lagi hanya sampai logonya saja, bisa hidup lagi jika baterainya dicopot dan didiamkan beberapa menit lagi, tpi tetap saja gejala di atas masih ada. Memang sih baterainya sedikit melembung (tidak parah), tpi apakah hanya masalah pada baterainya saja atau ada masalah pada bagian lainnya juga? Mohon pecerahannya dan solusinya ya mas, makasih.

    Reply
  11. bila ketika dihidupkan lagi hanya sampai logo dan mati bisa ada masalah pada baterainya karena kekurangan daya. Bila kejadiannya ketika hidup sampai logo lalu mati dan restart dengan sendirinya sampai logo lagi berarti proses Bootloop yg terjadi, biasanya dengan melakukan reset ulang bisa diatasi masalah itu.
    saran saya, coba dahulu pinjam baterai yang sejenis (jangan beli dulu), kemudian coba pasang di ponsel mas bagus, bila normal berarti memang baterai yang harus diganti.

    Reply
  12. Mau nnya gan , batre ane baru (double power) masalahnya sama kya di ats . Indikator batre tidak sesuai dengan aslinya . Itu yg bermasalah batrenya apa hh ane gan? Batre ane kan baru .. posisi hh andromax c2 , apakah cocok pakai double power gan? Makasih gan

    Reply
  13. Mas asus zenfone 4 saya tiba2 mati trus di charge full tp pas di lepas charger malah mati , saya coba reset factory tp tetap sama aja malah sering mati lg walaupun kondisi di charge. Mohon bantuan tutorial lengkap cara memperbaiki nya. Makasih

    Reply
  14. Gan, hp saya baterenya masih 90%. Tapi tiba – tiba mati begitu aja, ketika saya charger malah HPnya gak mati sama sekali. Tapi kalo chargernya dicabut, hpnya langsung mati lagi. Itu kira – kira solusinya gimana ya gan ?

    Reply
  15. Hp ku samsung btre bawaan ny sudah kembung trus aq gnti sama yg bru tdk ada masalah trus kmbung lg aq ganti lg nah yg skrang knapa ya btre masih 30% kadang langsung mati trus aq penasaran aq beli lg btre yg baru eh trnyta sama. Saja kadang dari 20 langsung ke 3% itu apa ny ya hp ny apa btre ny yg gk ori

    Reply
  16. IPhone 4s ane abis ganti baterai baru,tp ketika batre 70% bisa mati sendiri lalu dihidupin ga bs lg, hanya kluar gambar charge merah, tp setelah di cas langsung hidup lg.setelah cas dilepas beberapa menit lalu mati lg, gmn ini? Mohon bantuannya suhu.
    .

    Reply
  17. Flash firware udah done, cek emmc done sehat, tp hape restart sendiri juga hang, udh d factory reset pula masih gtu2 aja..
    apa masalah hardware nya yaa ?
    kadang masuk menu kadang tidak ini note 3 ane.
    apa btre bisa pengaruh ? soalnya batre cpt habis cpt juga penuhnya pas d cas…

    Reply
  18. gan mau tanya dong hp samsung ane indikatornya menunjukan 51% terus, di isi lama pun gak berubah, sampe mati kehabisan baterai pun tetap 51%, udah gitu aplikasi bawaan berhenti sendirinya terus, dan gak bisa instal/ aplikasi apapun, itu kenapa ya ??

    Reply
  19. Mas saya Mau nanya nih..Hp Samsung Note 4 saya kan setiap baterai nya sisa 60% Suka mati Sendiri tapi pas di hidupkan tiba tiba bateray saya habis 0% padahal tadi nya masih banyak sekitar 60%…Mohon jawaban nya Mas..

    Reply
  20. Asus z 5 saya tiap baterai 80% tiba2 mati sendiri, ktika di hidupkan kadang mati lagi tapi btterai ttap,kadang bisa bertahan kalo di mode aerplane ,kalo data seluler aktif gak kuat tiba2 mati lagi,

    Reply
  21. Itu bisa diakibatkan sel baterainya yang sudah tidak optimal/drop. Coba dahulu pinjam baterai hp teman yang sejenis, coba pasang,bila masalah selesi berarti baterai yang harus diganti.
    Bila tetap saja silahkan coba lakukan hard reset. Bila tidak menyelesaikan masalah berarti hardware dalam ponsel yg perlu dilakukan pengecekan

    Reply
  22. Gan hp saya samsung galaxy ace3 masalahnya adalah ,padahal batre baru di cas lalu saya mainkan sebentar tau tau hp langsung mati sendiri .lalu saya cas batre nya baru bisa hidup lagi tapi batre kosong ,padahal batre sudah ganti baru yang double power , lalu saya reset factory masih sama saja .gimana solusinya gan
    Mohon pencerahannya

    Reply
  23. coba diflashing ulang dengan firmware galaxy ace3. bila sudah di flashing namun tetap mati sendiri seperti kasus milik mas dadik berarti ada kerusakan komponen di dalam ponsel dan harus dilakukan pengecekan di tempat service.

    Reply
  24. Indikator baterai full bukan jaminan isi baterai yang sesungguhnya mas.
    Bisa baterai yg sudah drop atau juga sistemnya yg bermasalah dalam menampilkan indikator.
    Cara paling mudah mengeceknya adalah dengan meminjam baterai sejenis (boleh milik teman),apabila tetap seperti keadaan semula cobalah untuk melakukan reset ulang atau bisa flashing firmware agar yakin sistem tidak bermasalah. Dan bila setelah baterai dan cara flashing sudah dilakukan namun gagal, berarti ada komponen dalam ponsel yg rusak.

    Reply
  25. Mohon jawaban….
    Hp saya Sony xperia zr kalau pada saat di cas ntuh hp hidup normal saat dimainkan. Kalau di mainkan pada saat tidak di cas dengan hubungan internet brapa kemudian suka mati sendiri. Dan tanpa internet tidak di cas ntuh hp normal saja. Mohon infonya ntuh hp saya knp???

    Reply
  26. Ada bberapa kemungkinan: pertama baterai sony xperia agan sudah hampir rusak cell2nya sehingga menyebabkan harus ada arus yang menyuplai secara terus menerus.
    Yg kedua: hardware didalam ponsel yg bermasalah.
    Solusi : coba agan memjnjam dahulu baterai (sebelum membeli nantinya) kepada teman yg baterainya sejenis. Bila tidak mengalami masalah berarti baterai minta ganti. Namun bila tetap demikian silahkan coba direset dahulu ke pengaturan awal. Bila dengan direset bahkan diflash tidak mempan maka harus dibawa ke tukang service untuk cek kerusakan komponen

    Reply
  27. Bila baterai masih bagus dan indikator masih 30an persen bisa mencoba mengkalibrasi ulang baterainya dengan aplikasi kalibrasi yg banyak tersebar di playstore. Bila tidak mengatasi masalah, coba lakukan reset sistem, biasanya sistem bermasalah bisa menjadikan noyifikasi indikator baterai tidak valid

    Reply
  28. Apabila aplikasi kalibrasi menyatakan baterai bagus belum tentu sistem mendeteksi hal yang sama. Bisa juga dikarenakan sistem bermasalah atau bisa hardware yg trouble. Coba lepas kartu microSD lalu nyalakan kembali ponsel. Biasanya aplikasi/hardware microSD yg bermasalah bisa menyebabkan ponsel mati sendiri, itu dari pengalaman admin sendiri mbk rani

    Reply
  29. Bisa juga baterainya yg sudah bermasalah… Coba dicoba dengan baterai lain (bisa pinjam teman), kmudian coba. Bila masih bermasalah coba lakukan reset. Bila tidak bisa lakukan flashing…
    Baru kalau msh bermasalah maka hardware yg perlu pengecekan

    Reply
  30. mas asus zen5 saya mati tiba2 klo chargeran dicopot, trus cuma muter2 di lambang asus ga bisa masuk menu klo casannya ga nyolok, pas dicolok casan baru masuk gitu aja trus mas, padahal udah di reset factory, apa batreynya ya yang fix rusak?

    Reply
  31. Kalau memang tanpa dicas ternyata tidak bisa masuk dan restart…itu biasanya bukan perkara baterai tapi sistem atau hardware yg bermasalah. Namun bila dengan cas tercolok dan HP normal tentu baterai yang fix minta ganti itu mas

    Reply
  32. Sama permasalahan saya, baterai masih cukup tapi tiba2 mematikan daya baterai 0% ..
    Gimana kalau baterainya Non Removable mas ?
    Kalau di reset berarti semua data hilang ya mas ? Aplikasi yg terinstal BBM WA LINE ilang semua ya ?

    Mohon pencerahannya.
    Tks

    Reply
  33. Baterai non removable-pun juga bisa mengalami penurunan kualitas karena umur dan masa pemakaian, jadi bisa dicek dahulu apakah baterai bagus atau sudah lyak diganti.
    Bila baterai masih bagus dan android tetap mati sendiri bisa dilakukan reset ataupun flashing. Bila tidak mengatasi masalah berarti ada maslah pada komponen di dalam ponsel.
    Reset bisa menyebabkan aplikasi dan data internal memori terhapus.

    Reply
  34. Mas, mau nanya ni. Sebenarnya keluhan saya sama seperti pertanyaan2 diatas, batre saya suka mati sendiri kalo udah 50%-60%. Pas dihidupin tau2 tinggal 0% dan harus diminta dicharge seperti biasa, dan begitu2 seterusnya. Tapi yang saya herankan, hp saya ini hanya terjadi pada saat menghidupkan data seluluer aja, kalo dimatidan atau tidak menjalankan data ya bisa aman2 aja mas tidak ada mati mendadak. Kurang lebih baru seminggu ini saya ngerasaiannya. Sebelum nggak pernah sama sekali. Gimana ya mas ? Mohon pencerahannya 🙁

    Reply
  35. Posisi ponsel dengan sambungan data memang memerlukan asupan daya baterai yg besar. Jadi wajar bila sambungan data terhubung baterai cepat habis.
    Coba cara sederhana, pinjam dulu baterai milik ponsel teman (bila hp baterai removable), kemudian pasang dan cobalah. Bila ternyata masih tetap sama permasalahannya maka coba lakukan kalibrasi baterai

    Reply
  36. hape saya zenfone c, awalnya udh rusak simcard tp udh make wifi gamasalah, tapi makin kesini kalo hapenya dimatiin nyalanya lama bang pas dicabut batre cuma muncul logo asus aja pas dicas jg cuma muncul opetir doang gajalan dan lednya gamuncul, dicabut batre dinyalain lagi ttp bgtu, sosusinya apa ya makasih

    Reply
  37. Selamat pagi mas saya mau tanya saya pke hp note 4 kalo dari aplikasi saya rasa tidak ada masalah hanya saja kadang2 sering mati sendiri biasanya lebih sering mati saat batre kutabg dari 40% tapi saya hidupkan kembali tidak ada masalah batre pun berkurangnya paling hanya 1/2% saja..kira2 itu penyebabnya dari apa ya mas.makasih

    Reply
  38. Ada bberapa sebab kejadian seperti yg mas fahmi alami, seperti baterai yg sudah tidak optimal, sistem yg bermasalah atau juga hardwarenya.
    Coba cek sederhana dengan mencopot memoriCard lalu nyalakan (terkadang masalah pada memori elsternal).
    Bila tidak manjur, silahkan reset ponsel.
    Bila yakin baterai masih bagus maka permasalahan ada pada hardware.

    Reply
  39. Kak mau nanya, baterai hp saya malah lebih kecil spertinya soalnya kalau casingnya di lepas malah langsung terlepas longgar gitu kak padahal dulunya itu gak pernahlepernahlepas tersendiri kalau cashing hp saya lepas. Itu kenapa yaa kak. Makasiihh kak

    Reply
  40. gan..nih hp ku ss gal core….kalo hp dinyalain harus sambil ngecas…pas hidup battrai langsung 100%..
    tapi kalo cas e dicabut hp nya ikut mati…..
    itu apanya ya…tolong bantuan nya mas.. udah direstart ga bisa..barusan tadi ganti hardware tc..juga masih gak mempan…..apa mungkin battrainya ya gan..??

    Reply
  41. Memang step by stepnya bila kondisi hap seperti milik mas dia seharusnya terlebih dahulu diperiksa Baterainya, bila baterai bagus maka lanjut ke reset maupun hard reset, bila gak mempan dilakukan flashing, dan bila semua sudah dilakukan dan tetap seperti itu maka cara terakhir addalah melakukan pengecekan hardware atau komponen di tempat service…

    Reply
  42. Mau tanya, bateraiku jendol ,udh jendol boros,lalu ganti double Power tetap boros,lalu ganti baterai ori tetap boros kenapa ya?trus ketika baterai lemah 15% dimatikan lalu dicash kok naik jd 40% padahal barusan di matikan kenapa y

    Reply
  43. sudah pernah direset ulang belom ?, kalau belum silahkan dereset ulang ke pengaturan awal, bila tidak menyelesaikan masalah coba dilakukan flashing.
    dan bila tidak mempan pula maka ada hardware ponsel yang bermasalah dan harus dilakukan pengecekan di tempat service

    Reply
  44. Ka mau nanya, hp saya samsung j5 batre saya udah mulai drop trus saya beli batre baru ada logo orinya, semenjak pake batre itu hp saya sering error dan mati sendiri. Saya coba pasang batre yg lama dan hp saya normal tapi cepat habis batrenya, mau beli yg baru takut hasilnya lebih parah. saya harus gimana ka? Solusinya yah ka?

    Reply
  45. bang mau tanya dong, iPhone 4cdma saya itu kalau dicharger bisa nyala hp-nya, tapi kalau chargernya dilepas mati tuh hp, kira"masalahnya dimana ya bang ? dan kalau ada solusinya bagaimana ?
    thanks bang

    Reply
  46. Mas hp saya kan lenovo p70-a…kenapa ya mas ketika saat saya hidupkan layar ngak lama…tiba2 mati…dan saat saya reset batrei ngak apa2 ttp sama daya batreinya…dan saat di cars hp saya ngak nge restar

    Reply
  47. bagi solusi mas .. hh saya asus .. numpang tanya nih .. hh saya sering mati sendiri. setiap saat malahan. tapi kalo keadaan di carg normal .ini yg rusak hardware atau battrey ya mas ?

    Reply
  48. Sering kejadian seperti kasus mas adalah dari sisi baterai. Sarn saya sebelum beli kalau bisa pinjam dulu baterai sama teman yg tipe bat sama. Bila masih bermasalah maka bisa sistem yg bermasalah maupun hardware.. jadi urutan penyelesaiannya : 1. Coba ganti baterai, 2. Reset ponsel, 3. Cek hardware.

    Reply
  49. kemungkinan besar ada konsleting di sirkuit, bisa di slot charger maupun di sisi baterai sendiri… coba gunakan charger lain, bila tetap mengalami masalah tablet mati maka perlu dicek jalur dari port masuk charge sampai sirkuit masuk ke baterai…. semoga membantu

    Reply
  50. Ms mhn pencerahan hp sy core duos klau di pasang batre gk lama stlh hidup mati padahal batre sdh di cas pakai destock 100 % tapi. Bgitu di pasang di hp sy malah nol % gmna ya solusinya klau sy cas pakai carger tdk masuk,,,,

    Reply
  51. pastikan baterai masih sehat (normal), Bila baterai masih bagus dan pakai desktop charger masuk dan bisa penuh lalu ketika dipasang dan dilakukan charge via alat charge tidak bisa masuk maka cara pertama cek alat charge, kemudian cek juga konektor charge yang menuju ke port ponsel… untuk memastikan bisa pinjam alat charge dari teman..kalau masih tidak bisa masuk juga maka masalah ada pada hardware maupun jalur charging yang ada di dalam ponsel… bisa port konektor ponsel maupun jalur dan komponen

    Reply
  52. Mas mau tanya nih.. baterai hp saya terindikasi kurang lebih 40% dilayarnya . Tapi kok dengan sendirinya ke menu-home berulang kali. Padahal hp saya udah saya flashing.. kerusakan di bagian apanya nih mas??

    Reply
  53. Bis karena baterai yg sudah rusak. Bila batarai bagus coba kalibrasi ulang baterai dengan aplikasi kalibrasi baterai yg banyak tersebar di play store.
    Bila tidak mengatasi masalah, coba reset ulng / flash androidnya..bila tidak juga selesai masalahnya maka ada hardware yg bermasalah

    Reply
  54. Hp saya samsung galaxy j7 belom ada setahun tp abis jatoh dari tangga hp nya kira2 4 anak tangga. Besoknya hp nya lgi dimainin mati sendiri. Udh coba copot batre ttp gamau nyala. Pas dicolokin charger nyala. Pdahal batre masih banyak itu kenapa ya?

    Reply
  55. mas . saya mau tanya .. HH ane ngecas lama banget penuhnya . kalo batre sudah 40%-50% sering mati . di hidupin lagi nggak nyala tapi kalau battre di copot nyala . itu apa ya masalahnya .. Posisi HH ane samsung j5

    Reply
  56. apa kejadian pas dicolokin charger baterai posisi dilepas ?, kalau iya maka itu juga suatu kesalahan karena arus dari charger tidak stabil dan bisa mnyebabkan komponen rusak.
    bila posisi baterai tertancap dan dicolokin charger menyala dan bila tidak tertancap charger Hape mati (kondisi baterai masih bagus) maka ada bagian IC yang bermasalah atau bisa juga terlepas di beberapa node kaki IC karea proses benturan.
    saran saya coba bawa ke tempat servis untuk melakukan pengecekan hardware

    Reply
  57. Kemungkinan pertama adalah baterai sudah tidak normal, coba kalibrasi baterai dengan manfaatkan aplikasi kalibrasi baterai.
    Dalam kondisi on data maka asupan daya baterai lebih besar sehingga daya baterai cepat habis.
    Bisa dicoba opsi kedua yaitu lakukan reset (ke pengaturan awal)

    Reply
  58. selamat sianng gan,saya mau tanya tentang batre iphone saya.batre masih 50% tiba tina mati sendiri dan jika di nyalakan lagi masih tetap 50% akan tetapi berkurangnya sangat cepat lamgsung ke 10%.apakah batre iphone saya sudah drop atau bocor dan rusak gan.dan cara mengatasinya bagaimana gan,terimakasih sebelumnya.

    Reply
  59. Samsung tab 3 saya cepat penuh juga cepat habis, masalanya ketika posisi dari penuh sampai 99% itu ga sampai sapai setenga jam untuk di gunakan sebagai mana mestinya namun ketika tinggal 1% bisa di gunakan 1 setengajam walaupun layar redup. Dan ketika di charger dalam waktu kurang dari setenga jam batry suda full, mohon kejelasan dan cara memperbaikinya.

    Reply
  60. banyak kejadian seperti yang agan alami, Baterai di pasaran memang berbeda kualitasnya. Bisa jadi baterai yang agan beli walau ampere sama namun kualitas cell dalam baterai yang tidak maksimal menyimpan daya

    Reply
  61. Gan mau tanya HP Samsung j1 tu HP awet bener kalo posisi di atas 30 % seharian masih oke, tapi setelah 30% langsung ke nol mati minta cas dan indikator langsung 0%.Apakah pengaruh dengan sistem yg belum di upgrade ta? soale ada upgrade an yg belum saya upgrade di sistemnya, dan mohon solusinya. mohon pencerahannya makasih

    Reply
  62. upgrade sistem bisa meningkatkan performa, yang salah satunya bisa membuat baterai hemat.
    Namun bila punya si mbak ponselnya sudah lama belinya dan ada problem seperti diatas maka buka karena sistemnya namun bisa masalah baterai, sistem maupun hardware yang bermasalah

    Reply
  63. Apakah masih bisa kalo di kalibrasi ya? belum pernah sama sekali kalibrasi soalnya, bila masalah hardware penyebab nya kira2 di bagian apa? apakah perlu di bawa ke SC? ni HP sudah 1 tahun btre tidak gelembung kok gan

    Reply
  64. bisa dicoba dikalibrasi dahulu baterainya, kalau sudah dan tidak mengatasi masalah bisa saja baterai yang sudah berkurang kinerjanya.
    Baterai walau tidak menggelembung namun cell sudah rusak bisa saja mengurangi daya simpan.
    Cara paling efektif yaitu coba cari teman yang punya baterai sejenis, bila memang mesalah teratasi baru beli baterai baru.
    Namun bila belum teratasi maka hardware-nya yang kena, bisa dibawa ke SC atau tempat servis terkenal di dekat si mbak…

    Reply
  65. Mohon bantuanya gan hpa saya samsung a52016 batreinya udah bengkang tp udh dgnti dgn ori sein tp setelah dgnti d cras full 100% setelah d cbut jd 94% kemudian batrei msi 15% mati jd 0% gmna tu gan?

    Reply
  66. Ka hp saya port usb nya kendor,kalo ngecas kadang masuk kadang nggak, dan kalo ngecas lama banget penuhnya, sedangkan habis batrenya lebih cepat, padahal batrenya baru. Apa saya harus ganti port usb atau bagaimana ka? Solusinya? Hp saya samsung j5

    Reply
  67. coba pinjam teman dulu charge dengan ampere yang lebih besar apakah bisa cepat watu ces atau tidak.
    untuk konektor kendor bisa jadi konektor charge atau konektor di ponselnya. bila sudah memakai charge lain tetapi masih juga sulit masuknya (kadang masuk kadang tidak) maka harus dilakukan penggantian konektor di ponsel.
    untuk baterai cepat habis bisa disebabkan oleh kondisi baterai yang sudah mulai menurun kualitas cell penyimpanan.

    Reply
  68. Ini kenapa ya hp saya batrai nya masih diatas 70℅ tapi suka mati sendiri,kalo dicas terus dihidupin lagi batrai Malah nambah banyak ,dan hp sudah direset ulang,kira"itu batrai HP says kenapa?

    Reply
  69. Mohon bantuannya apa yg pernah ngalamin …baterai saya 100% trs..klw saya cas lama kuat pe 5 jm.tp klw sebentar langsung mati…yang jd pertanyaan klw saya pake 5 jam itu tetep aja 100% jd ga tau kapan harus cas.. Ada yang tau masalahnya dimana…

    Reply
  70. Masalah baterai cepat habis bisa karena sistem maupun hardware.
    Untuk masalah sistem coba lakukan kalibrasi baterai.
    Bila sudah dan tidak berubah, bisa jadi baterai memang bermasalah atau hardware yg juga mengalami masalah

    Reply
  71. saya beli baterai baru beberapa minggu yg lalu karena baterai yg lama dibuang , tapi setelah saya pakai baterai nya ntah kenapa hp saya sering tiba tiba mati padahal persentase baterai nya bagus , lalu hp nya gak hidup mau gk mau saya ngecas lagi . apa sebab nya sehingga hp saya sering beagitu atau karena baterai nya palsu atau gimana ? Tolong jelaskan mas … !

    Reply
  72. sebenarnya bukan baterainya yang palsu mas, coba dicek apakah ampere baterainya sama dengan yang aslinya ?, bila di bwahnya-pun seharusnya prosentase tetap menunjukkan kapasitas beterai ponsel walau cepat habis.
    Dilihat dari problem di ponsel mas sutan umumnya ada sistem yang bermasalah, coba lakukan kalibrasi baterai dengan menggunakan aplikasi yang benayak ada di playstore atau market lainnya. SSesudah dikalibrasi ulang bila tetap seperti itu dan yakin baterai masih bagus maka bisa saja hardware ponsel yang sudah menurun kualitasnya.
    Sebelumnya silahkan pinjam baterai yang sejenis pada teman atau kerabat bila tetap seperti itu berarti bukan baterainya yang bermasalah

    Reply
  73. Mau nanya nih kak, hpku kan baru sekitar 1bulan lalu, tapi sudah 2x mati idup sendiri tanpa penyebab, kira kira kenapa ya kak? (Batre tanam)

    Reply
  74. kalau baterai dan ponsel masih yakin bagus biasanya kejadian yang tidak terlalu sering ponsel mati hidup sendiri disebabkan adanya crash aplikasi atau sistem, bisa juga disebabkan beban RAM yang terlalu tinggi sehingga ponsel restart dengan sendirinya

    Reply
  75. Gan hh saya suka mati ngedadak padahalkan batreinya masih 50%, kondisi batre masih bagus gak kembung umur batrei kira kira 1taun ,terus pas dicas si layar suka gerak gerak gitu + ngisi dayanya lama banget, udah cuba sih pake casan temen , penyakit yang gerak gerak nya ilang tapi ngisi dayanya tetep lama, kira kira itu apanya ya gan? Mksh

    Reply
  76. Coba ganti alat charge dengan yang lain, biasanya ada kebocoran tegangan di alat chargernya bila layar bergerak-gerak sendiri dan tidak fokus bila disentuh. Untuk baterai yang sudah 1 tahun digunakan tentunya dari kapasitas penggunaan perharinya bisa jadi baterai sudah mengalami penurunan kualitas penyimpanan daya

    Reply
  77. kak mau tanya dong, hp saya xiaomi redmi note 3 pro. biasanya charge nya cepet, tapi mendadak semalem charge nya lamaa banget dari jam 1 malem sampe jam 7 pagi masih 80 persen.. itu kenapa yaa? makasih kak

    Reply
  78. apakah ponselnya sudah dicoba untuk direstart / reboot ulang ?, biasanya karena adanya kesalahan sistem menjadikan proses pengisian tidak sesuai dengan yang ditunjukkan di layar notifikasi daya…

    Reply
  79. Gan aku mau tanya nih, aku punya asus zenfone 2 selama ini sih normal tk da apa-apa. tapi setelah kucoba download file utk menaikkan ke versi 6, di bilang teman hati2 , setelah itu file itu ku hpus setelah dua hari lagi main game tiba tiba hp mati padahal baterainya 80%, ku cas seharian dan baterai penuh ku hidupkan sebentar hidup sampai muncul asus android trs mati lg, kucoba hidupkan lg cuma ada getaran saja.gmn tu gan

    Reply
  80. sebenarnya sudah berhasil itu mas zenfone-nya diupgrade, 2 hari bisa dipakai main game. ada beberapa kemungkinan ponsel tidak bisa menyala lagi dan hanya getar dan tampil logo atau bootloop, bisa sistem yang bermasalah atau versinya memang tidak mensupport sepenuhnya setiap aplikasi yang dijalankan. saran saya coba lakukan mode recovery, kalau bisa pakai stock ROM yang originalnya dulu

    Reply
  81. Bro aku baru beli batre baru di karenakan batre lama udah kembung terus yang jadi masalahnya hpku udah ku charger sampe full dengan cara di matikan, pas di hidupkan dan aku gunakan utk main game browsing dan pada saat batre tinggal 30% tiba-tiba mati sendiri dan persentase batre ke 0% ni gimana ni bro? Batre baru ku beli kemarin, rencana mau komplain sama konter minta ganti yang lain, solusi nya gimana bro?

    Reply
  82. apakah baterai lama juga seperti itu mas?, ada beberapa kemungkinan penyebab kejadian baterai drop, bisa dari kualitas baterai dan daya baterai yang tertera.
    solusinya coba baterai dicopot kemudian dicharge dengan alat desktop charge…sampai full kemudian coba pasang dan mainkan ponselnya, bila prosentase baterai ternyata masih banyak dan mati sendiri saya kira bukan baterainya, bisa dari sistemnya yang salah dalam pembacaan atau hardware ponsel…
    coba klaim dulu baterai, bila ternyata tetap, silahkan cek hardware atau coba reset ke pengaturan awal dulu.

    Reply
  83. Gan mau nanya dong, hape saya asus batrai nya tanam. Tiba tiba nge hang. Pas mau dinyalain logo asusnya nyala, tapi setelah itu layar mati tapi kalau ada pesan/telp masih tetap bunyi suara. Gimana cara benerinnya?

    Reply
  84. Gan, tab 3 smt211 kalau baterai di 51% kebawah kalau data seluler hidup nanti tiba2 mati mendadak. dihidupkan kembali juga gtu mati mendadak dan indikator baterai paling berkurang 1% aja, tapi kalau data off buka2 video HD di galeri aman2 aja walau baterai dibawah 50, dan baterai masih kuat sekali. ini hanya bermasalah kalau data on dan baterai di indikator 51 kebawah. kalau diatasnya normal2 aja.. nah ini masalahnya dimana ya?

    Reply
  85. Maaf mas nanya…HP aku dicas hidup saat dicabut mati tombol power sy pencet muncul logo tp trs mati lagi apa masalahnya y mas mohon pencerahannya suwunnn…

    Reply
  86. Cara pertama bisa dicoba melakukan flashing firmware samsung tab, bila tidak mengatasi masalah umumnya sinyal hilang2 ada kerusakan ic pm ..saya sarankan dibawa ke tempat service yg berpengalaman untuk mengatasi tab agan..

    Reply
  87. kak tolong dijawab,jadi saya pnya hp samsung a52016 batere nya sudah kembung dan,misalkan batere msh 100% ini gabisa nyala tanpa bantuan charge,kalo gapake charge cmn nyala sebentar lalu mati lagi,ini ada masalah di mana nya ya?solusi nya gimana kak?
    terimakasi,tolong dijawab ya kak

    Reply
  88. kondisi baterai yang kembung karena kerusakan pada cell2 baterai..jadi wajar bila daya tidak akan kuat untuk mensuplay arus di ponsel walau sudah dilakukan pengisian sampai 100 persen dan harus dengan dorongan arus tambahan dari power suply (alat charger)… lebih baik lakukan penggantian baterai dengan yang baru agar komponen dalam ponsel juga semakin awet tidak selalu memfilter tegangan masuk dari alat charger secara terus menerus

    Reply
  89. MAS,, hp saya baterenya masih 90%. Tapi tiba – tiba mati begitu aja, ketika saya charger malah HPnya gak mati sama sekali. Tapi kalo chargernya dicabut, hpnya langsung mati lagi. Itu kira – kira solusinya gimana ya gan ?

    Reply
  90. pengecekan pertama harus pada baterainya sendiri, jadi cek apakah baterai kondisinya masih layak atau sudah kurang optimal bisa dilihat dari seberapa lama dipakai (masa pakai)… apakah baterai melembung ?, kalau yakin baterai bagus, coba lakukan kalibrasi ulang dengan aplikasi kalibrasi baterai di play store. Sesudah kalibrasi ulang silahkan coba matikan ponsel dan charging sampai penuh, kemudian nyalakan…
    Bila belum mengatasi masalah, bisa dengan melakukan reset ulang ponsel ke pengaturan awal agar sistem kembali fresh ( bisa juga degan recovery)..
    dan bila belum berhasil kemungkinan besar ada masalah pada hardware atau baterai ponsel itu sendiri…

    Reply
  91. Gan kenapa ya batere dari 100 ke 70 lama banget habisnya, tapi udah 70 kebawah cepet banget abisnya(indikatornya menurut saya aneh masa awalnya lama jadi cepet berkurangnya). Gimana ya mas solusinya(batere tanem)

    Reply
  92. coba lakukan kalibrasi baterai dengan menggunakan aplikasi kalibrasi. Bila masalah tetap maka bisa dilakukan reset ulang ponsel agar sistem kembali normal.
    Ada cara paling udah mendeteksi apakah baterai agan masih bagus atau tidak yaitu meminjam baterai milik teman yang serupa/se-type dan memasangnya di HP agan, bila kondisi tetap maka bisa kesalahan padda sistem dan hardwarenya

    Reply
  93. Minta Pencerahan bis… hp saya note 4 samsung sering mati sendiri tp pada saat proses menghidupkan kembali harus batre di cabut dulu baru bisa hidup normal …!!! Tp klo pada saat pake sambil dicas gk pernah mati2

    Reply
  94. coba cek dahulu apakah baterai masih bekerja baik ataukah tidak, caranya mudahnya dengan meminjam baterai milik teman atau kerabat dari ponsel samsung sejenis..bila tidak menyelesaikan problem langkah pertama coba reset ponsel dengan settingan ddefault atau langkah recovery.. dan yang terakhir lakukan flashing bila memungkinkan..
    bila tidak juga menyelesaiakan problem maka ada kemungkinan hardware yang bermasalah dan harus dilakukan perbaikan

    Reply
  95. Mas mau tanya hp saya zenfon c awalnya bootlop setelah saya factory Reset udah ga nyngkut di logo tapi pas mau masuk menu peringatan baterai lemah langsung hp mati pdahal baterai di cek di dekatop ada isi stengah

    Reply
  96. Untuk test di desktop juga belum presisi, coba test menggunakan avometer agar tahu persis berapa tegangan dari baterai.. bila yakin baterai masih bagus dan masih fuull dayanya maka bisa mencoba melakukan recovery ulang sekali lagi.. ada kemungkinan juga file sistem yang bermasalah

    Reply
  97. Bang mau nanyak ,hp ku kemaren saya main kan sampai habis total ,lalu saya cas sampai seharian tapi gak nyala ,tapi ada muncul pemberitahuan sedang cas ama keterangan isi batrai tapi cuman muncul bentr lalu hilang dan gak muncul muncul lagi ,pada hal batrai sudah full ,kira kira itu apa nya yh bang,

    Reply
  98. dari keterangan agan diatas baterai sudah full?, memang kalau sudah full pastinya bila di charge akan tampak notifikasi sebentar proses pengisian lalu hilang itu normal karena baterai sudah full dan arus masuk terputus otomatis.

    Reply
  99. hp saya xiaomi redmi 2 pro, baru 3 hari yang lalu saya beli. kok kemarin sama sekarang batrai 30% kok udah mati. solusinya gimana ya. saya cuman chatting biasa lewat whatsapp

    Reply
  100. coba pastikan charge ulang sampai full…sesudah itu pakai lagi, apakah sekitar 30 persen prosentase baterainya sudah mati lagi?…kalau iya silahkan bawa ke gerai penjual agar dilakukan penggantian atau bahkan diganti dengan gadget baru…(klaim garansi)

    Reply
  101. Mau nanya kak,saya baru saja membeli baterai baru ut mengganti btrai yg sbelumnya sdh membengkak. Tidak ad masalah dg indikator bterai sblumnya. Tapi saat sy mengganti dg yg baru (merek dan kapasitas sama) baterainya mengalamai bbrp masalah.. 1. Langsung mati sewaktu masi 30-50% daya
    2. Saat mencharge hp mulai dr nol – 15% dg kondisi off namun saat langsung dinyalakan indikator hp langsung menjadi diatas 80% tapi g lama digunakan langsung cepat habis dayanya. Masalahnya apa y kak kira2, mohon bantuanya.. terima kasih

    Reply
  102. Gan saya mau tanya, tablet merk speedup saya sering mati sendiri padahal baterai 100% anehnya tidak mau menyala jika tidak sambil di charge dan lampu indikator charge sering kedip kedip (maaf jika saya salah) Apa yang harus saya lakukan, mohon bantuannya gan saya sedang butuh tablet ini untuk kerjaan

    Reply
  103. Coba cek baterai..apakah baterai masih bagus? Atau setidaknya bisa dikira2 masa pakainya.. kemudian coba pakai alat charge lain..bisa saja alat charge ampere bermasalah atau tdak optimal lagi. Dan kemungkinan terakhir ada bagian hardware ponsel memang terjadi kerusakan

    Reply
  104. Hp saya lampu indikatornya kedip2 saat dicharge,sudah di charge 2 jam tapi saat ditekan power hp tetap tidak menyala,.mohon solusinya ini masalahnya apa ya?

    Reply

Leave a Comment