Kamera 11 Lensa Mobil Maps Streetview google

Sudah pernah menyusuri jalanan kota via street view google maps ?, Kalu belum silahkan dicoba pasti ketagihan menyusuri jalanan dengan sudut pandang 360 derajat persis seperti kita jalan-jalan sungguhan. Di Indonesia sendiri Proyek street view mulai dilakukan di beberapa kota besar seperti di jakarta, Bogor, surabaya dan daerah lain sejak tahun 2012 silam. Yang jadi pertanyaannya, Bagaimana proses pemetaan di street view dan kamera apa yang digunakan sehingga dapat membuat gambar dengan tipe panorama 360 derajat ?, yuk kita cari tahu ilmunya dulu.
Untuk melakukan perekanam gambar, google meletakkan kamera di kendaraan bergerak, bisa diatap mobil, sepeda, troli, diatas perahu dan bahkan bisa juga dipegang oleh manusia. Semuanya tergantung dari medan yang ingin dilakukan pemetaan jalan. Kamera perekam berbentuk bola dengan dilengkapi 11 lensa yang disebut Dodeca. Kesebelas lensa inilah yang bekerja dengan sudut yang berbeda melakukan perekaman berdasarkan geometri Dodecahedron. 
Sebenarnya hasil rekaman dari kamera-kamera tersebut bukanlah berupa gambar diam ‘tidak bergerak’ seperti yang kita lihat di maps streetview. Hasil jepretan tersebut sebenarnya adalah sebuah video full-frame dengan resolusi tinggi yaitu 30 frame per detik.
street view jalan kediri
Contoh street view jalan protokol Kediri
Dalam proyeknya, hasil rekaman harus melalui proses editing ketat seperti menghapus tanda plat kendaraan, menghapus wajah seseorang dengan mode blur, dan menghapus properti-properti lain yang dianggap privasi. Bahkan pihak google juga akan menghapus apapun yang pengguna komplain-kan demi menjaga privasi tempat maupun pribadi seseorang.
Kembali ke pembahasan diatas, Setelah melakukan perekaman dan editing maka selanjutnya akan dilakukan penyambungan satu persatu frame sehingga menjadi satu durasi yang bisa dinikmati oleh pengguna street view di google maps. Di Indonesia, sampai tahun 2015 ini sudah banyak kota-kota kecil yang sudah mendapat ‘sentuhan’ mobil maps milik google. Seperti di kota-kota sekitar saya yaitu Kediri, Blitar dan tulungagung sudah bisa menjalankan street view walaupun belum sampai ke jalanan pelosok. Umumnya Streetview diutamakan jalanan-jalanan kelas 1 atau jalan besar protokol sebagai pendukung pencarian di google maps.
Nah, Sudah tahu kan Teknologi yang disematkan di Google street view ?, Bagaimana dengan Kota anda apakah sudah terekan oleh Google Street view ?

0 thoughts on “Kamera 11 Lensa Mobil Maps Streetview google”

Leave a Comment