Apa Perlunya UPDATE aplikasi di Android ?

Beberapa pengguna android tentu tidak asing dengan kata-kata ‘update aplikasi’. Dimana rata-rata aplikasi yang terinstall di smartphone android memerlukan pembaharuan atau penyempurnaan program. Update aplikasi sendiri bukanlah hal yang baru dalam dunia soaftware maupun aplikasi, di beberapa sistem operasi sebelum android ada, Update aplikasi maupun sistem operasi selalu menjadi pilihan yang ditawarkan pengembangnya. Berbicara tentang update, dunia android akan membahas apakah pentingnya update ?, mengapa harus update aplikasi dan bagaimana dampaknya ?. Simak yuk ulasannya di bawah ini.
update aplikasi
Perlu diketahui, aplikasi atau sebuah program merupakan sekumpulan kode-kode dalam bahasa pemrograman tertentu yang dicompile ( dipack ) agar bisa berjalan sedemikian rupa menurut fungsi dan kegunaannya. Seorang programer aplikasi tentunya bisa berbuat kesalahan maupun mempunyai kekurangan sana sini ketika membangun sebuah aplikasi. Seperti arsitek bangunan, awal membuat bangunan sampai jadi bisa saja ada kekurangan di dalam konstruksi maupun perhitungan. Dari itulah, sebuah aplikasi maupun bangunan yang sudah jadi bisa diperbaiki dengan melakukan ‘update’ terhadap kekurangan yang ada. 
Ketika aplikasi yang sudah jadi diinstall ke pengguna dalam hal ini adalah pemakai android, tidak menutup kemungkinan aplikasi tersebut ada beberapa kesalahan program yang berjalan tidak semestinya. Walau kebanyakan pengguna android tidak tahu menahu apa saja kekurangan dan celah yang perlu diperbaiki, namun pembuat program akan selalu menerima masukan dari para pengguna lain yang melaporkan adanya ‘bug’ atau kesalahan maupun kejanggalan ketika aplikasi dijalankan.
Dari paparan diatas apakah anda sudah bisa mengambil kesimpulan mengapa perlu dilakukan update aplikasi ?, di bawah ini adalah beberapa contoh sebab betapa penting melakukan update aplikasi dengan segera.

1. Update aplikasi di smartphone android maupun di gadget lainnya bertujuan untuk ‘menambal’ celah yang ada di dalam aplikasi.
2. Perlunya update aplikasi akan mengurangi resiko kegagalan program ketika berjalan.
3. Update aplikasi bisa meningkatkan kinerja dari aplikasi tersebut.
4. Update aplikasi diperlukan untuk menambah dan mengurangi beberapa menu yang lebih disempurnakan oleh pihak pengembang aplikasi.
5. Untuk aplikasi yang terhubung ke internet, update aplikasi sangat penting untuk menambal celah keamanan yang rentan terhadap penyusup gelap, malware, virus maupun beberapa kerentanan keamanan lainnya.
6. Update aplikasi umumnya akan berguna untuk meempercepat kinerja dan responsifitas sebuah aplikasi. Dimana aplikasi tentu berjalan dengan memanfaatkan kinerja Ram, prosesor, Kartu grafis dan lain sebagainya.
Dari beberapa ulasan diatas semoga dapat memberikan jawaban kepada pengguna android dan pengguna sistem operasi lainnya tentang betapa pentingnya update sebuah aplikasi. Pertanyaannya, apakah anda sudah up to date dengan aplikasi yang anda miliki ?… Segera update dan rasakan bedanya.. Semoga ulasan diatas bermanfaat.

Leave a Comment