Cara Membuat Video Reels Di Instagram dan Fitur-fitur yang Ada di Reels Instagram

Di era ini, Instagram telah mengembangkan platformnya dengan fitur-fitur baru yang modern, seperti video reels. Fitur ini memberikan kesempatan kepada para kreator konten untuk mengeksplorasi kreativitas mereka. Berikut adalah panduan sederhana tentang cara membuat video reels di Instagram.

Terdapat sebagian pengguna yang masih lebih nyaman menggunakan versi lama Instagram, sehingga fitur reels ini mungkin terasa asing bagi mereka. Proses pengunggahan satu video pun tidaklah semudah mengunggah foto pada feed atau story.

Cara Membuat Video Reels Di Instagram

Bagi siapa pun yang familiar dengan langkah-langkah mengunggah video reels di Instagram, tentunya akan setuju bahwa prosesnya tergolong mudah. Faktanya, langkah-langkahnya cukup sederhana, karena Instagram telah menyederhanakan proses tersebut bagi para pengguna. Berikut adalah ringkasan cara melakukannya:

  • Untuk memulai, buatlah konten yang ingin diunggah ke reels terlebih dahulu dan pastikan telah diedit dengan baik agar menarik perhatian pemirsa.
  • Setelah konten siap, buka aplikasi Instagram di ponsel dan masuk ke menu utama dengan login jika belum masuk.
  • Di laman akun Instagram, cari ikon tambah yang terletak di sebelah kiri ikon like.
  • Pilih opsi Reels dari berbagai pilihan yang tersedia karena disini tujuan kita akan mengunggah video ke reels.
  • Selanjutnya, pilih ikon galeri untuk memilih video yang sudah dibuat sebelumnya atau langsung rekam video baru dengan menekan shutter di tengah layar.
  • Pengguna dapat menggunakan fitur yang disediakan oleh Instagram untuk memperindah video tersebut sebelum diunggah.
  • Setelah selesai merekam atau mengedit video, tekan shutter lagi.
  • Preview video yang telah direkam dan juga diedit sebelumnya untuk memastikan hasilnya memuaskan.
  • Jika sudah puas, lanjutkan dengan menambahkan caption, lokasi, tag orang, dan lainnya.
  • Terakhir, klik Share untuk membagikan reels kepada pengikut di Instagram. Itu saja, mudah bukan?

Tools di Fitur Instagram Reels

Selain mempelajari teknik pembuatan video reels di Instagram, penting bagi para kreator untuk familiar dengan berbagai alat yang tersedia di platform tersebut. Berikut adalah gambaran mengenai fitur-fitur seperti perekaman video, pengeditan, serta opsi untuk menambahkan efek atau audio sebelum konten tersebut diunggah ke akun Instagram.

1. Timer

Alat ini berfungsi ketika merekam video dari jarak jauh dengan tujuan untuk melakukan penghitungan mundur sebelum memulai perekaman. Pengguna dapat menyesuaikan pengaturan hitungan mundur sesuai dengan kebutuhan konten yang akan dibuat, kemudian dapat langsung memulai perekaman dengan menekan tombol rekam.

Hal ini memudahkan pengguna untuk membuat video sesuai dengan tren yang sedang populer tanpa harus memikirkan pengaturan waktu secara manual.

2. Audio

Tools ini dibuat untuk meningkatkan keberagaman video dengan penyisipan audio yang sesuai dengan jenis kontennya. Platform ini menawarkan beragam pilihan audio dan lagu-lagu populer yang dapat digunakan untuk memperkaya video reels. Selain itu, pengguna juga memiliki opsi untuk menyertakan audio secara manual sesuai keinginan.

3. Speed

Dalam fitur pembuatan video reels, terdapat tools yang bernama speed, yang memungkinkan pengguna untuk mengatur kecepatan video. Fungsi ini berguna untuk mempercepat atau memperlambat laju gerak dalam video.

Penggunaan alat ini memberikan kemudahan dalam menjelajahi fitur pembuatan video reels di platform Instagram, yang terkadang terlihat kompleks namun sebenarnya cukup sederhana untuk dipahami dan dilakukan.

Nah demikian itulah tadi penjelasan dan uraian tentang cara membuat video reels di instagram serta fitur-fiturnya. Jadi silahkan coba untuk membuat reels di instagram yang unik dan menarik untuk meningkatkan engagement akun instagram yang dimiliki.

Leave a Comment