Cara Menghilangkan Objek di Photoshop Dengan 2 Metode yang Mudah Dilakukan

Jika pada sebuah foto atau gambar terdapat objek yang tidak diinginkan, cara menghilangkan objek di photoshop bisa coba dilakukan. Tentu saja caranya terbilang tidak terlalu sulit. Bahkan bagi pemula yang masih belum mahir menggunakan photoshop pun bisa melakukan penghilangan objek di photoshop.

Bagi yang ingin memiliki hasil foto optimal, seringkali melakukan penyuntingan atau pengeditan pada foto tersebut. Penggunaan edit foto tidak hanya terbatas pada penyesuaian warna dan kecerahan, tetapi juga sering digunakan untuk menghilangkan elemen yang tidak diinginkan.

Di bawah ini, akan dijelaskan langkah-langkah untuk menghapus objek dalam Photoshop dengan mudah.

Cara Menghilangkan Objek di Photoshop

Untuk bisa menghilangkan objek di photoshop, setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan. Dua cara tersebut masing-masing adalah dengan penerapan teknik content aware serta dengan menggunakan patch tool. Nah untuk lebih jelasnya mari simak rincian uraiannya berikut ini:

1. Menerapkan Teknik Content Aware

Pertama-tama, langkah yang bisa diambil untuk menghapus objek di Photoshop adalah dengan menerapkan teknik content aware. Teknik ini bertujuan untuk menghilangkan objek dengan membuat area yang kosong menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya.

Proses ini biasanya lebih efektif untuk gambar tertentu. Berikut adalah langkah-langkah untuk menerapkan teknik content aware:

  • Buka aplikasi Photoshop di perangkat PC yang digunakan.
  • Pilih gambar yang akan dihapus objeknya dengan mengklik Open pada menu.
  • Gunakan alat lasso tool untuk melakukan seleksi pada objek yang akan dihapus.
  • Setelah melakukan seleksi dengan benar, klik Edit.
  • Di menu Edit, pilih opsi Fill dan centang kotak color adaptation, lalu klik OK.
  • Setelah proses selesai, objek tersebut akan terhapus secara otomatis, meninggalkan area yang rapi.
  • Keunggulan dari metode ini adalah kemampuannya untuk menghilangkan objek dengan transisi warna yang halus, sehingga hasilnya terlihat natural dan tidak mencolok.

Metode ini relatif mudah dilakukan, bahkan oleh pengguna pemula sekalipun, dan memberikan hasil yang memuaskan dalam menghapus objek pada gambar.

2. Dengan Patch Tool

Dalam konteks menghapus objek di Photoshop, pengguna dapat memanfaatkan alat Patch. Alat ini menjadi andalan bagi pengguna Photoshop yang terbiasa. Panduannya lebih sederhana, seperti berikut:

  • Langkah pertama tentunya masuk ke aplikasi Photoshop. Selanjutnya, pilih gambar yang ingin dihapus objeknya.
  • Setelah itu, tugas pengguna adalah melakukan seleksi pada objek yang ingin dihapus menggunakan alat Patch di aplikasi ini.
  • Contohnya, jika ingin menghapus awan, pastikan gambar awan yang ingin dihapus sudah ditandai dengan benar. Kemudian, geser objek yang sudah ditandai ke area yang diinginkan.
  • Secara otomatis, objek akan terhapus dari foto. Yang menarik, hasilnya akan tampak halus dan gambar terlihat seperti tidak memiliki objek sebelumnya.

Alasan Melakukan Penghilangan Objek di Photoshop

Jika Photoshop menawarkan opsi untuk menghapus objek, tentu saja opsi tersebut memiliki nilai yang signifikan bagi penggunanya. Lantas, apa yang mendorong seseorang untuk menggunakan fitur ini? Salah satu alasan utama adalah keberadaan objek yang mengganggu.

Penyebabnya terkait dengan keindahan visual dari sebuah foto. Terkadang, objek yang tidak diinginkan muncul dalam frame meskipun tidak menjadi fokus utama fotografer. Oleh karena itu, solusi yang tepat adalah dengan menghapus objek tersebut.

Itulah tadi informasi terkait cara menghilangkan objek di photoshop serta alasan mengapa hal tersebut dilakukan. Jadi pada saat menemukan objek yang mengganggu pada sebuah gambar atau foto bisa mencoba cara-cara yang sudah dijelaskan diatas.

Leave a Comment