Cara Melihat FUP Indihome dengan Website dan Aplikasi

Ketika menggunakan sebuah internet, tentunya tak sedikit orang yang lupa jika pemakaian internet ada batasannya. Biasanya akan dikenal sebagai FUP. Namun tak perlu khawatir bagi pengguna indihome karena, kini sudah ada beberapa cara melihat FUP IndiHome dengan mudah.

Sebenarnya apa itu FUP? Dan bagaimana cara untuk melihat FUP tersebut? Untuk lebih jelasnya, simak beberapa uraian berikut ini:

Apa Itu FUP?

FUP merupakan singkatan dari Fair Usage Policy sehingga dapat diartikan sebagai prinsip yang mengatur penggunaan internet dengan sewajarnya. Saat diimplementasikan dalam paket internet, FUP biasanya berlaku terutama pada paket dengan kuota tak terbatas.

Mekanisme FUP ini bekerja dengan membatasi kecepatan akses internet setelah pengguna mencapai batas tertentu dalam jangka waktu tertentu. Ketika batas penggunaan wajar tercapai atau dilewati, kecepatan internet akan berkurang dari yang biasanya.

Paket internet IndiHome pada umumnya akan memiliki dua tingkat batasan FUP. Namun akan ada pengecualian khusus yakni pada paket 100 Mbps yang hanya memiliki satu tingkat batasan.

Setelah melewati batas FUP pertama, kecepatan internet yang tersedia akan berkurang menjadi 75% dari kecepatan normal. Kemudian, ketika mencapai batas FUP kedua, kecepatan internet hanya akan mencapai 40% dari kecepatan biasanya.

Dengan demikian, jika FUP telah terlampaui, pengguna akan mengalami penurunan kecepatan akses internet, sehingga penting untuk mengontrol penggunaan agar tidak melampaui batas. Aturan ini juga diterapkan pada paket internet IndiHome, di mana setiap penggunaan akan tunduk pada pembatasan FUP yang sesuai dengan paket dan kecepatan yang dipilih pengguna.

Cara Melihat FUP IndiHome

Perlu diketahui bahwa untuk melihat FUP dari indihome ini dapat dilakukan dengan dua cara. Adapun untuk cara pertama yakni menggunakan website resmi indihome. Sedangkan untuk cara yang selanjutnya yakni dengan aplikasi Indihome. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa uraiannya:

1. Melalui Website Indihome

Pengguna bisa memeriksa FUP IndiHome secara online melalui platform resmi yang disediakan oleh penyedia layanan tersebut. Berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungi situs web resmi IndiHome di https://subsystem.indihome.co.id/prepaid-system/sisakuota atau klik pada tautan yang disediakan.
  • Input nomor internet atau nomor pelanggan Pengguna pada bidang yang tersedia.
  • Isi kode captcha yang muncul sesuai dengan instruksi yang diberikan.
  • Lanjutkan dengan mengklik tombol Submit”.
  • Informasi tentang sisa kuota internet IndiHome Pengguna akan ditampilkan di bagian bawah halaman.
  • Apabila sisa kuota menunjukkan 0,00 GB”, hal ini menunjukkan bahwa Pengguna telah melampaui batas FUP dan kecepatan internet Pengguna telah terbatas.

2. Melalui Aplikasi MyIndiHome

Pengguna dapat mengakses FUP IndiHome dengan mudah melalui aplikasi myIndiHome, yang telah disiapkan secara khusus oleh IndiHome untuk pelanggannya. Aplikasi ini dapat diunduh gratis melalui Google Play Store atau App Store.

Dengan ukuran yang ringan hanya sebesar 35 MB di platform Android, aplikasi myIndiHome tidak akan memberatkan kinerja ponsel Pengguna.

Selain menyediakan layanan untuk memeriksa FUP IndiHome, myIndiHome juga menawarkan berbagai fungsi lain seperti layanan pengajuan komplain, penawaran promo eksklusif, pembayaran tagihan, dan masih banyak lagi.

Inilah langkah-langkah sederhana untuk mengakses informasi FUP IndiHome dan melihat penggunaan kuota internet Telkom Pengguna:

  • Unduh dan pasang aplikasi myIndiHome dari toko aplikasi resmi di perangkat seluler Pengguna.
  • Masuk menggunakan nomor pelanggan IndiHome dan kata sandi yang telah Pengguna buat. Jika Pengguna belum memiliki akun, Pengguna dapat membuatnya langsung melalui aplikasi.
  • Setelah berhasil masuk ke dalam aplikasi, temukan opsi untuk memeriksa FUP IndiHome. Di dalam aplikasi, Pengguna akan menemukan informasi tentang jumlah kuota yang telah digunakan dan sisa kuota yang tersedia.

Itulah uraian terkait dengan cara melihat fup indihome yang bisa dilakukan dengan mudah. Selain itu, pengguna bisa memilih salah satu cara yang nantinya bisa digunakan untuk melihat FUP indihome tersebut.

Leave a Comment