6 Aplikasi Android Untuk Mencari Sumber Air Dalam Tanah, Wajib Punya

Dalam zaman kontemporer seperti sekarang, kita menyaksikan kemajuan teknologi yang luar biasa, termasuk diantaranya adalah kemunculan aplikasi android untuk mencari sumber air dalam tanah di Play Store.

Meskipun aplikasi ini relatif baru di Play Store, antusiasme pengguna terhadapnya cukup tinggi karena kemampuannya dalam mendeteksi sumber air di berbagai lokasi. Penggunaan aplikasi ini sangatlah sederhana, di mana mereka memanfaatkan sensor yang tersedia pada perangkat pintar (smartphone).

Ukuran aplikasinya pun tidaklah besar, sehingga tidak akan membebani penyimpanan perangkat, bahkan pada smartphone dengan kapasitas penyimpanan yang terbatas. Berikut beberapa rekomendasinya:

1. mWater Surveyor

mWater Surveyor berperan serupa dengan mWater Explorer dalam pencatatan asal air di wilayah penghunian, namun dengan kelebihan data yang lebih komprehensif. Dibandingkan dengan mWater Explorer, mWater Surveyor menawarkan ketersediaan data yang lebih lengkap.

Aplikasi ini tidak hanya berfungsi di seluruh dunia, tetapi juga telah diterjemahkan ke dalam 14 bahasa, memungkinkan penggunaan di berbagai lokasi. Selain itu, mWater Surveyor tidak hanya memberikan informasi tentang komunitas yang prihatin terhadap sumber air, tetapi juga fasilitas lain yang mendukung kualitas air minum.

2.  Water Detector Simulator

Salah satu aplikasi android untuk mencari sumber air dalam tanah yang rekomended adalah Water Detector Simulator. Keunggulan aplikasi ini terletak pada kemampuannya dalam mengidentifikasi sumber air dengan presisi yang tinggi.

Water Detector Simulator tidak hanya memberikan informasi mengenai keberadaan air, tetapi juga memberikan analisis mendalam terkait keaslian, kedalaman, kualitas, dan distribusi air di lokasi yang dipilih.

Tidak perlu khawatir dengan kompleksitas penggunaannya, karena Water Detector Simulator dirancang dengan antarmuka yang sederhana. Cukup aktifkan aplikasi, arahkan perangkat ke area yang ingin di inspeksi, dan aplikasi akan secara otomatis melakukan pemindaian untuk menemukan sumber air.

Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan Water Detector Simulator memerlukan perangkat smartphone yang dilengkapi dengan sensor magnetik.

3. mWater Exploler

Pengguna bisa menemukan pemetaan air di daerah pengguna dengan menggunakan aplikasi ini. Aplikasi Android ini membantu pengguna mengetahui kedalaman dan kualitas air di sekitar. Salah satu keunggulannya adalah kemampuannya untuk mengidentifikasi sumber air baru di area pengguna.

Disebut sebagai aplikasi pendeteksi sumber mata air, pengguna dapat memanfaatkannya untuk mencari lokasi mata air di sekitar pengguna dengan mudah.

Selain itu, mWater Explorer menyediakan beragam informasi tentang sumber air yang ditemukan, termasuk kualitas dan ketersediaan air. Aplikasi ini bisa diunduh melalui Play Store atau Apk Downloader.

4. Find Water

Rekomendasi aplikasi android untuk mencari sumber air dalam tanah yang selanjutnya yakni find water. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi sumber air dan kebutuhan terkait lainnya. Dengan antarmuka yang mudah digunakan, pengguna dapat dengan mudah menemukan lokasi sumber air di sekitar mereka.

Tidak hanya fokus pada pencarian sumber air, aplikasi Find Water juga bertujuan untuk mengurangi penggunaan plastik dengan memberikan informasi tentang tempat pengisian ulang air minum. Meskipun cakupannya luas, biasanya aplikasi ini lebih cocok digunakan di daerah perkotaan.

Cara kerja aplikasi ini sederhana. Dengan deteksi otomatis, pengguna akan diberi tahu tentang lokasi sumber air terdekat.

Informasi yang disajikan dalam aplikasi ini biasanya ditampilkan melalui peta digital, dengan simbol air menpenggunai lokasi sumber air.

Tak hanya itu, adapun aplikasi ini juga memiliki fitur tambahan untuk membantu mengurangi penggunaan plastik, terutama botol air kemasan.

5. Water Leak Finder Simulator

Water Leak Finder Simulator, sebuah aplikasi inovatif yang dirancang untuk membantu pengguna melacak asal-usul kebocoran air dengan akurat. Dengan teknologi canggih yang menggabungkan magnetometer dan sensor air, aplikasi ini menyediakan informasi lengkap tentang kondisi air di sekitar pengguna.

Water Leak Finder Simulator menggunakan pendekatan yang unik dengan memanfaatkan sensor magnetik dan magnetometer bawaan untuk mendeteksi fluktuasi medan magnet yang disebabkan oleh keberadaan air. Aplikasi ini juga bisa memberikan informasi tentang kedalaman sumber air, kualitas air secara menyeluruh, dan distribusi spasial air di sekitar lokasi pengguna.

Dengan kemampuannya yang luas, Water Leak Finder Simulator bukan hanya sekadar alat deteksi kebocoran air, tetapi juga menjadi panduan yang penggunal untuk memahami kondisi air di lingkungan sekitar pengguna.

6. EarthEcho Water Challenge

Aplikasi Earth Echo Water Challenge menonjol dengan fokusnya pada kesadaran masyarakat terhadap keberadaan sumber air bersih di sekitarnya. Dibangun oleh Earth Echo International, platform ini bertujuan membantu pengguna dalam memperoleh akses kepada sumber air yang aman untuk dikonsumsi. Tak hanya itu, aplikasi ini menyajikan data komprehensif tentang kualitas air, kondisi tanah, serta keseimbangan pH di lokasi yang bersangkutan.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi android untuk mencari sumber air dalam tanah. Tentu  setiap aplikasinya memiliki keunggulan dan juga kekurangannya masing masing. Sehingga sebaiknya pilih aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Comment