4 Cara Mengatasi Youtube Tidak Bisa Memutar Video di Smartphone

Kini, untuk mendapatkan sebuah hiburan dapat dilakukan melalui berbagai platform, salah satunya yakni youtube. Akan tetapi, platform ini juga bisa mengalami masalah seperti tidak bisa memutar video. Sebenarnya, cara mengatasi youtube tidak bisa memutar video mudah untuk dilakukan.

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya bahwa, youtube ini merupakan salah satu platform yang bisa menyediakan sebuah informasi berbasis video. Oleh karenanya, youtube menjadi salah satu platform media yang banyak diminati.

Namun jika terjadi permasalahan seperti tidak dapat memutar video, maka kini tak perlu panik lagi lantaran ada sebuah cara yang bisa dilakukan. Berikut beberapa cara tersebut:

1. Perbaharui Aplikasi yang Digunakan

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memperbaharui aplikasi yang ada pada smartphone tersebut. Video youtube yang tidak bisa diputar, juga bisa dikarenakan aplikasi yang digunakan tersebut masih dalam versi yang lama.

Oleh karenanya, agar bisa mendapatkan berbagai fitur terbaru yang ada pada aplikasi tersebut, sebaiknya lakukan pembaharuan aplikasi. Adapun langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaharui aplikasi youtube yang ada pada smartphone yakni:

  • Buka aplikasi playstore yang ada pada smartphone.
  • Jika sudah, silahkan ketik “youtube” pada kolom pencarian/
  • Apabila sudah menemukan pilihan aplikasi youtube, silahkan klik dan pilih opsi “update”.
  • Tunggu beberapa saat hingga aplikasi selesai terbaharui.

2. Periksa Jaringan yang Digunakan

Cara selanjutnya yang perlu dilakukan ketika video youtube tidak bisa diputar yakni memeriksa jaringan internet yang digunakan. Dalam hal ini, pengguna perlu memastikan jaringan internet telah berjalan dengan baik.

Hal ini lantaran, jika koneksi internet tidak stabil maka pemutaran video pada aplikasi youtube juga akan terganggu. Selain itu, hal ini bisa dilakukan dengan cara mematikan data internet selama beberapa saat, kemudian aktifkan kembali data internet tersebut.

3. Lakukan Penghapusan Cookies dan Cache

Cara mengatasi youtube tidak bisa memutar video yang selanjutnya yakni dengan menghapus cookies dan juga cache. Hal ini bisa dilakukan tanpa menggunakan bantuan aplikasi. Apabila ingin menghapus cache aplikasi youtube, maka simak langkah berikut ini:

  • Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan membuka menu pengaturan yang ada pada masing masing smartphone.
  • Kemudian jika sudah terbuka, lanjutkan dengan pilih menu “aplikasi” yang ada pada menu pengaturan tersebut.
  • Jika sudah, silahkan pilih bagian “youtube”.
  • Kemudian, pilih opsi “penyimpanan”.
  • Apabila sudah terbuka halaman baru, silahkan dilanjutkan dengan pilih “clear cache”.

4. Lakukan Restart Smartphone

Apabila beberapa cara tersebut masih belum berhasil untuk mengatasi masalah terkait dengan youtube yang tidak bisa memutar video, ternyata masih ada cara lain. Adapun cara tersebut yakni dengan melakukan restart pada smartphone.

Cara restart ini cukup mudah untuk dilakukan. Yakni dengan menahan tombol power selama beberapa saat sampai muncul beberapa opsi, kemudian langsung pilih menu “restart”.

Tunggu beberapa saat sampai dengan smartphone dapat hidup kembali. Apabila smartphone telah menyala, maka coba buka aplikasi youtube apakah sudah bisa digunakan atau belum.

Jika telah melakukan berbagai cara di atas namun masih belum berhasil, maka bisa langsung membawanya ke tempat servis Hp terdekat. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi masalah yang semakin serius pada smartphone tersebut.

Itulah uraian terkait dengan cara mengatasi youtube tidak bisa memutar video di Hp. Dalam uraian ini telah diberikan beberapa cara yang bisa dicoba sebelum membawanya ke tempat servis.

Leave a Comment