Cara Membuat Gradasi Warna di Canva Secara Default dan Custom

Cara membuat gradasi warna di canva bisa dipraktekkan dengan mudah setelah mengikuti pembahasan ini. Saat ingin membuat desain menggunakan canva ini, tidak jarang penggunanya ingin membuat sebuah gradasi.

Gradasi pada warna merupakan gabungan dari dua atau lebih warna yang melebur menjadi warna yang menyatu dan halus. Tidak heran jika gradasi ini juga sering dipakai untuk para desainer grafis untuk mempercantik desain mereka.

Menggunakan canva, gradasi dapat dibuat dengan mudah dan sederhana loh. Bahkan tidak perlu lagi menerapkan proses gradasi menggunakan tools yang sulit seperti pada software desain yang lainnya.

Karena canva ini merupakan salah satu aplikasi yang user friendly untuk membuat sebuah desain. Nah, simak pembahasan berikut ini untuk mengetahui cara membuat gradasi warna di canva.

Membuat Gradasi Warna Secara Default

Canva sudah terkenal sebagai aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat desain dengan mudah. Karena dengan canva ini, penggunanya dapat membuat desain menggunakan template yang sudah tersedia di dalamnya.

Namun, tidak jarang juga yang ingin secara langsung bahkan berkontribusi untuk membuat desain tanpa menggunakan template yang tersedia.

Salah satu hal yang ingin diketahui oleh beberapa pengguna adalah membuat gradasi warna. Nah, berikut ini cara untuk membuat gradasi warna secara default.

1. Buka Canva

Langkah pertama, buka aplikasi canva baik menggunakan smartphone atau komputer.

Untuk pengguna smartphone yang belum memiliki aplikasi canva, bisa langsung mengunduh aplikasi melalui apps store.

Untuk pengguna komputer bisa langsung mengunjungi website canva.com untuk dapat melakukan praktik desain ini.

2. Login ke Akun Canva

Setelah berhasil mengakses canva melalui smartphone atau komputer, pastikan sudah terdaftar ke akun canva lalu login ke akun tersebut.

Jika belum memiliki akun canva, bisa langsung daftar atau registrasi ke akun canva tersebut.

3. Buat Lembar Untuk Mulai Mendesain

Klik button Create a design pada sebelah atas kanan halaman canva. Setelah itu pilih ukuran lembar untuk desain nanti. Atau bisa juga meng custom ukuran lembar.

4. Pilih Elemen yang Akan Diedit

Elemen yang dimaksud adalah objek seperti background dari lembar desain tersebut. Setelah klik elemen, lanjut ke bilah alat editor dan pilih kotak warna. Setelah itu, scroll ke bawah sampai menemukan fitur gradasi.

5. Memilih Opsi Warna

Pada fitur gradasi terdapat beberapa pilihan gradasi yang sudah ada secara default, pilih saja warna gradasi yang paling disukai. Dan objek tersebut sudah bisa dibuat dengan warna gradasi.

Membuat Gradasi Warna Custom

Selain menggunakan warna gradasi secara default yang sudah tersedia di canva, warna gradasi juga bisa dibuat secara custom melalui canva ini. Simak caranya berikut ini.

1. Pilih Elemen

Setelah membuka aplikasi canva atau mengunjungi halaman website canva dan membuat lembar baru, pilih elemen yang ingin di beri warna gradasi.

2. Menambah Warna Baru

Pada bilah alat editor, pilih kotak warna lalu perhatikan pada warna dokumen. Klik tanda plus untuk menambahkan warna baru pada elemen nanti.

3. Membuat Gradasi

Pilih tab gradasi saat menambahkan warna baru tersebut dan klik tanpa plus untuk menambahkan warna gradasi baru ke elemen. Menggunakan canva ini pengguna dapat menambahkan sampai 10 warna untuk dibuat gradasi.

Zaman sekarang ini sudah banyak media yang mudah digunakan untuk membuat desain. Apalagi dengan tersedianya banyak template yang hanya perlu diedit sedikit saja.

Walaupun tidak jarang juga pengguna yang ingin membuat desain secara manual dan bahkan mencari tahu cara untuk membuat desain yang menarik.

Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat untuk menambah pengetahuan mengenai cara membuat gradasi warna di canva.

Leave a Comment