Ketahui Cara Membatasi Waktu Google Form dan Alasan Kenapa Harus Dibatasi

Sebagai salah satu layanan google yang dapat digunakan untukĀ  mengerjakan sebuah soal, google form ini semakin banyak peminatnya. Seperti halnya waktu pengerjaan ujian offline, dalam pengerjaan kuis pada google form ini juga bisa dilakukan pembatasan waktu. Sebenarnya, cara membatasi waktu google form ini tidaklah rumit.

Dengan membatasi waktu pengerjaan dalam pengisian sebuah google form, maka responden akan dapat menunjukkan terkait dengan kedisiplinan waktu. Oleh karenanya, tak salah jika membatasi pengisian lembar google form ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut akan diuraikan terkait dengan cara membatasi waktu google form. Selain itu, akan diuraikan pula mengenai alasan mengapa harus dilakukan sebuah pembatasan waktu pengerjaan kuis pada google form.

Cara Membatasi Waktu Google Form

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya bahwa, pengisian jawaban pada lembar google form waktunya dapat dibatasi. Penasaran bagaimana cara yang dapat dilakukan? Untuk itu, simak uraian langkah berikut ini terkait dengan pembatasan waktu pengisian lembar google form:

  • Adapun langkah awal yang perlu dilakukan untuk membatasi waktu pengisian google form adalah dengan membuka google form yang akan dibatasi waktunya.
  • Kemudian, silahkan pilih menu “lainnya”. Adapun menu tersebut berapa pada bagian atas tepatnya sebelah kanan dengan tanda titik tiga.
  • Jika sudah, silahkan pilih opsi “Add Ons”.
  • Apabila sudah muncul sebuah tampilan khusus “add ons”. Maka cari plugin yang bernama “Form Limiter” dan instal.
  • Apabila Form Limiter sudah terinstal, maka akan muncul menu tersebut pada halaman kanan bagian bawah.
  • Buka plugin yang telah terinstal tersebut.
  • Isikan opsi pertama terkait dengan “limit type”. Yang mana, menu tersebut digunakan untuk mengatur tampilan yang berupa date and time.
  • Lanjutkan dengan pengisian opsi kedua yakni terkait dengan “Stop Accepting Form Responses”. Yang mana, opsi tersebut dipergunakan untuk membatasi waktu pengisian google form yang dapat diisikan sesuai kebutuhan.
  • Apabila sudah, silahkan bisa tambahkan keterangan terkait pesan yang akan dituliskan jika waktu pengisian sudah habis.
  • Centang kotak kecil yang berada pada bagian bawah kolom pesan. Hal ini dilakukan apabila ingin informasi terkait dengan selesainya waktu pengisian tersebut dapat masuk pada email yang digunakan.
  • Jika semua langkah sudah dilakukan dengan benar, klik “save and enable”.

Mengapa Waktu Pengisian Google Form Harus Dibatasi?

Setelah mengetahui cara yang perlu dilakukan terkait dengan pembatasan waktu pada google form, sebenarnya mengapa perlu dilakukan hal tersebut? Perlu diketahui bahwa, waktu pengisian google form ini harus dibatasi karena agar dapat menciptakan kedisiplinan.

Dengan ditetapkannya batas waktu pengisian, maka akan dapat menciptakan kedisiplinan pada responden yang mengisi link form tersebut. Sehingga ketika mengerjakan lembar google form tersebut, responden akan mengerjakan dengan tepat waktu karena adanya batasan waktu tersebut.

Hal ini dikarenakan saat batasan waktu sudah mencapai limitnya, maka link formulir tersebut secara otomatis akan segera ditutup. Sehingga responden tidak dapat mengumpulkan jawaban yang dimilikinya.

Oleh karenanya, pengisian google form ini harus dibatasi terkait waktunya karena agar dapat melatih tingkat kedisiplinan responden. Untuk itu, banyak responden yang akan mengerjakan form tersebut dengan tepat waktu agar jawaban yang dimilikinya dapat terkirim dan terekam.

Itulah uraian mengenai cara membatasi waktu google form yang bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Selain itu, telah diuraikan pula mengenai pentingnya membatasi waktu pengisian google form yang telah dibuat.

Leave a Comment