Ayo Intip Cara Cek ID Pelanggan Pln Online dengan Mudah

Cara Cek ID Pelanggan Pln Online. Perkembangan teknologi yang sangat pesat, tentu membuat segala aktivitas masyarakat menjadi lebih mudah, salah satunya membayar tagihan listrik. 

Tetapi, pengguna mesti memiliki ID pelanggan yang diberikan oleh PLN agar pembayaran dapat diproses. Namun, jika pengguna lupa dengan ID pelanggan, maka bisa mengikuti cara cek ID pelanggan pln online di bawah ini.

ID pelanggan dibutuhkan untuk mengidentifikasi rekening pelanggan. Tanpa nomor ini, Anda tidak akan bisa membayar listrik di gerai maupun aplikasi-aplikasi online. Jangan khawatir, karena Anda bisa mengetahui lewat beberapa metode mudah. 

Cara Cek ID Pelanggan Pln Online

Cara Cek ID Pelanggan PLN Online Paling Gampang dan Akurat

1. Menggunakan Situs Resmi PLN

Cara  pertama yang bisa dilakukan jika pengguna lupa ID pelanggan pln adalah melalui website resmi pln. Hanya saja, cara ini bisa berlaku apabila pengguna telah memiliki akun khusus pelanggan pln. 

Meskipun demikian, tak perlu khawatir sebab pengguna bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu di akun resmi pln. Kemudian masukkan email password beserta kode verifikasinya.  

Bagi pengguna yang telah memiliki akun resmi di website pln dan ingin mengecek ID pelanggan pln. Maka bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pertama, buka aplikasi browser kemudian ketikkan alamat https://portal.pln.co.id/.
  2. Apabila sudah berhasil login, maka akan ditampilkan semua nama-nama pelanggan yang telah terdaftar di pln. 
  3. Kemudian, lakukan proses pencarian, tetapi pastikan pada saat mencari nama pelanggan, pengguna telah mengetahui nama yang didaftarkan atau pemilik dari rekening listrik tersebut. 
  4. Jika pengguna telah mengetahui nama yang terdapat di rekening listrik, maka untuk mempercepat proses pencarian. Silahkan masukkan nama tersebut ke kotak pencarian. 
  5. Setelah itu, akan ditampilkan nomor ID pelanggan sesuai dengan nama pengguna. 

2. Menggunakan Aplikasi PLN Mobile

Cara cek ID pln online selanjutnya adalah menggunakan aplikasi PLN Mobile. Cara ini memang cenderung lebih sulit untuk dilakukan, sebab pengguna diwajibkan untuk mendownload aplikasi pln terlebih dahulu. 

Namun, cara ini memiliki segudang kelebihan dimana pengguna tidak hanya bisa mengecek ID pelanggan pln, tetapi juga mengecek tagihan listrik. 

Tentu saja, pengguna bisa mengakses aplikasi PLN mobile melalui smartphone. Untuk langkah-langkah mengecek ID pelanggan pln, berikut ini informasinya: 

  1. Pertama, download aplikasi PLN Mobile di layanan Google Play Store.
  2. Setelah itu, silahkan buka aplikasi PLN Mobile.
  3. Kemudian masukkan nomor handphone atau email, kata sandi beserta kode verifikasinya. 
  4. Jika sudah berhasil login, maka akan ditampilkan ID pelanggan pln beserta  informasi lainnya.

3. Melalui Aplikasi Twitter

Apabila cara sebelumnya belum berhasil menemukan ID pelanggan pln, maka pengguna bisa menggunakan cara lain yakni lewat aplikasi Twitter. Memang, cara ini mungkin terbilang cukup aneh. 

Pasalnya, aplikasi Twitter adalah salah satu platform sosial media. Tetapi hal tersebut justru memungkinkan pengguna untuk mengecek ID pelanggan pln. 

Tentu saja, cara ini juga bisa diakses melalui smartphone. Jadi, bagi para  pengguna yang memiliki akun Twitter mungkin bisa mencoba cara ini, dengan menyimak tahan-tahapannya di bawah ini: 

  1. Pertama, buka platform Twitter di perangkat android. 
  2. Setelah berhasil login, silahkan klik kotak pencarian dn ketik @pln_123.
  3. Lalu, klik kotak pesan dan sampaikan permohonan cek ID pelanggan pln.
  4. Kemudian, berikan informasi nama rekening listrik atau nomor meteran listrik pengguna. 
  5. Tunggu sampai pihak pln membalas permohonan cek ID pelanggan. 

Itulah beberapa cara cek ID pelanggan pln online yang dapat pengguna lakukan. Apabila lupa dengan ID pelanggan pln, tak perlu khawatir sebab ada berbagai cara yang bisa pengguna lakukan. 

Mulai dari aplikasi pln hingga situs resmi pln. Tentunya, cara tersebut tidak akan membuat penggunanya susah, karena metodenya cukup simpel.

Leave a Comment