Cara Download Aplikasi Google Classroom Untuk Laptop Paling Simpel

Google Classroom semakin booming semenjak hadirnya pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Pembelajaran yang dilakukan secara online membuat sekolah mulai beralih untuk menggunakan Google Classroom sebagai media dalam menyampaikan materi kepada siswa. 

Bagi guru yang belum memiliki aplikasi ini, berikut cara download aplikasi Google Classroom untuk laptop yang perlu disimak. Bukan hanya guru, Google Classroom rasanya sudah menjadi aplikasi wajib bagi semua murid. 

Sebab, sekolah daring yang dilakukan mengandalkan aplikasi ini untuk membagikan materi dan tugas selama proses belajar mengajar berlangsung. Hal serupa juga terjadi di bidang karyawan kantor. 

Belum tahu cara download aplikasi Google Classroom untuk laptop? Jangan khawatir, langkah-langkahnya mudah lho. 

Ini Dia Cara Download Aplikasi Google Classroom Untuk Laptop

Cara Download Aplikasi Google Classroom Untuk Laptop

Aplikasi ini memang bisa digunakan pada HP maupun laptop, sehingga siapapun bisa memanfaatkannya dengan baik. Bagi pengguna yang lebih nyaman menggunakan aplikasi ini pada laptop, bisa langsung melakukan cara mengunduhnya melalui akun Google yang dimiliki. 

Poin yang terpenting adalah memiliki kuota yang cukup untuk tethering ke laptop. Berikut cara  download aplikasi Google Classroom untuk laptop yang perlu diikuti:

  • Pastikan pengguna sudah memiliki akun Google terlebih dahulu pada laptop yang digunakan.
  • Buka aplikasi Google Chrome pada laptopnya. Aplikasi ini sudah ada pada laptopnya sejak awal atau boleh disebut sebagai aplikasi bawaan.
  • Nantinya akan muncul tampilan awal dari Google Chrome. Silahkan pilih akun email yang digunakan untuk melakukan pencarian.
  • Setelah masuk pada halaman pencarian Google, klik simbol kotak yang letaknya berada pada sebelah Google Account.
  • Terdapat beberapa aplikasi yang tersedia pada tombol tersebut, mulai dari Gmail, Google Drive, Google Meet, dan lainnya. Silahkan scroll ke bagian bawah dan terdapat pilihan aplikasi Classroom.
  • Klik opsi tersebut dan aplikasi ini siap digunakan untuk memulai kelas dengan memberikan tugas, diskusi, ataupun kegiatan penting lainnya.

Manfaat Google Classroom

Meskipun aplikasi ini terlihat sangat sederhana, namun kegunaannya tidak boleh disepelekan begitu saja. Bahkan, selama pandemi Covid-19 aplikasi Google Classroom sangat membantu sekali dalam proses pembelajaran. 

Berbagai kegiatan pun bisa dilakukan dengan mudah melalui aplikasi ini sehingga manfaatnya memang tidak boleh disepelekan. Berikut beberapa manfaat yang bisa dinikmati:

1. Praktis

Kapanpun waktunya, asalkan pengguna mempunyai kuota masih tetap bisa menggunakan aplikasi ini. Pastikan bahwa kekuatan sinyalnya stabil agar tidak lemot dalam menggunakan aplikasinya. 

Banyak yang sudah mulai beralih menggunakan aplikasi ini. Bahkan, anak TK ataupun orang yang sudah lanjut usia pun bisa menggunakannya dengan sedikit arahan.

2. Pembelajaran Lebih Efisien

Melalui aplikasi ini menjadikan jarak antara guru dengan murid tidak terlalu jauh karena tidak perlu pergi kemana-mana untuk memulai pembelajarannya. Cukup dengan duduk di rumah saja dan menyalakan laptop yang tersambung dengan jaringan internet. 

Kemacetan lalu lintas pun bukan lagi sebuah alasan untuk terlambat masuk sekolah karena KBM bisa dimulai tanpa harus keluar rumah.

Tentu biaya operasional kelas menjadi lebih murah karena tak perlu membuang uang untuk membayar uang transportasi, sewa gedung sekolah, dan lainnya. Pembelajaran online ini pun bisa dijadikan sebagai solusi hemat bagi para orang tua yang penghasilannya menipis sejak hadirnya Covid-19.

3. Siswa Lebih Mandiri

Apabila biasanya murid harus bergantung dengan guru ketika pembelajaran secara offline, maka sekarang siswa harus lebih mandiri karena guru hanya memantau saja. Siswa bisa mengerjakan tugas sendiri dengan memanfaatkan beberapa fitur yang telah disediakan. Pengetahuan pun bisa diserap dengan cepat jika murid berusaha mencari tahunya sendiri.

Itulah cara download aplikasi Google Classroom untuk laptop yang patut untuk diperhatikan. Berbagai manfaat dari Google Classroom ini membuat pembelajaran lebih berbeda dari biasanya sehingga siswa akan lebih tertarik. Guru pun bisa lebih kreatif lagi dalam membuat materi agar siswa tidak bosan. 

Leave a Comment