Cara Mengatasi Hotspot Tidak Bisa Menyala Di HP Android

Cara Mengatasi Hotspot Tidak Bisa Menyala Di HP Android. Sebagai pengguna smartphone tentunya tidak bisa lepas dari koneksi internet. Pasalnya, hampir semua aktivitas di smartphone Android pasti membutuhkan koneksi internet. Untuk menghubungkan ponsel ke internet kita bisa menggunakan data seluler atau koneksi wifi.

Berbicara tentang koneksi wifi, bisa didapat dari router wifi atau bisa juga hotspot wifi dari ponsel lain. Namun, terkadang saat ingin menyalakan hotspot di ponsel Anda, hal itu tidak bisa dilakukan. Hotspot tidak akan menyala meskipun mengklik ikon di bilah status beberapa kali. Lantas, bagaimana cara mengatasi hotspot yang tidak bisa dihidupkan? Simak berikut ini!

Cara Mengatasi Hotspot Tidak Bisa Menyala Di HP Android

Bagaimana Cara Mengatasi Hotspot Tidak Bisa Menyala Di HP Android? Simak Penjelasannya!

Ada banyak faktor yang menyebabkan hotspot seluler tidak menyala. Mulai dari masalah kesalahan Android, layar yang tidak merespons saat Anda menyentuhnya, atau masalah lainnya. Adapun cara mengatasi hotspor tidak bisa booting hp android secara tuntas, sebagai berikut :

1. Hidup dan matikan mode Pesawat lagi

Cara pertama untuk mengatasi masalah hotspot seluler tidak menyala adalah dengan mengaktifkan mode Airplane atau mode Pesawat. Anda dapat mengaktifkan mode melalui bilah status dengan mengklik ikon.

Setelah diaktifkan, ketuk lagi ikon mode Pesawat untuk mematikannya lagi. Sekarang coba nyalakan kembali Hotspot di hp android anda, seharusnya sudah normal kembali.

2. Restart Handphone Anda

Jika cara di atas tidak berhasil, maka Anda bisa mencoba cara kedua ini yaitu dengan cara me-restart ponsel. Metode ini sebenarnya akan memperbaiki banyak masalah bug di ponsel termasuk masalah hotspot dengan kesalahan dan tidak mau hidup.

Cukup tahan tombol Daya selama beberapa saat lalu ketuk opsi Mulai Ulang atau Mulai Ulang. Setelah ponsel restart, Anda dapat mencoba menghidupkan kembali hotspot.

3. Aktifkan Wifi Hotspot melalui Pengaturan

Hotspot yang tidak dapat dihidupkan di ponsel Android Anda mungkin karena masalah dengan layar sentuh. Atau bisa jadi icon hotspot di status bar tidak berfungsi seperti biasa.

Untuk kasus ini, alternatif terbaik adalah menyalakan hotspot wifi di ponsel melalui menu pengaturan. Langkah-langkah untuk melakukannya adalah:

  • Buka menu Pengaturan HP.
  • Kemudian buka opsi kontak.
  • Lanjutkan dengan mengklik Hotspot Seluler dan Tethering.
  • Kemudian aktifkan Mobile Hotspot dengan menggerakkan tombol slider di sebelah kanan.
  • Telah selesai.

4. Update OS Android ke versi baru

Hotspot seluler yang tidak dapat diaktifkan juga dapat disebabkan oleh kesalahan pada sistem android. Alasan untuk ini mungkin karena Anda belum memperbarui versi OS Android di ponsel Anda ke versi terbaru yang tersedia. Anda harus memeriksa, dan jika versi Android terbaru tersedia, Anda dapat mengunduh dan menginstalnya di perangkat Anda.

Untuk mengetahui cara update sistem operasi Android ke versi terbaru di ponsel yang sama ini, yaitu:

  • Buka menu Pengaturan HP.
  • Buka opsi Pembaruan Perangkat Lunak.
  • Klik opsi Unduh dan Instal.
  • Klik Unduh Pembaruan jika versi baru tersedia.
  • Klik Instal Update untuk menginstalnya di perangkat android Anda.
  • Selesai.

5. Reset ke Settingan Pabrik Handphone Android Anda

Dan cara terakhir untuk mengatasi hotspot yang tidak bisa dihidupkan di hp adalah dengan melakukan reset. Metode ini akan menghapus semua file sistem dan jenis file lain yang tersimpan di memori internal, dan akan mengembalikan HP ke pengaturan awal pabrik.

Untuk mempelajari cara melakukannya sendiri, Anda dapat pergi ke Menu Pengaturan >> Manajemen Umum >> Reset >> Reset Data Pabrik.

Demikian informasi tentang cara mengatasi hotspot tidak berfungsi di hp android. Kami berharap informasi di atas bermanfaat.

Leave a Comment