Pilih Huawei Y7 Pro atau HP Realme 2, Bagus Mana?

Bagi yang ingin beli smartphone android keluaran terbaru antara Huawei Y7 Pro dengan Realme 2 pastinya ingin terlebih dahulu tahu apa saja perbedaan dari sisi fitur serta spesifikasi yang dibawa. Dimana keduanya bersaing di kelas yang sama dengan harga yang kompetitif.

Perbedaan Realme 2 dan Huawei Y7 Pro

Memang sudah jadi pembicaraan di media Online bahwa Realme 2 yang hadir di pasar Indonesia dengan harga yang murah menjadi rival dari ponsel keluaran terbaru Huawei yakni seri Y7 Pro.

Baik itu Realme 2 atau Huawei Y7 Pro sama-sama menyasar ke kelas entry-level bagi mereka pecinta smartphone android kualitas dan spesifikasi bagus naun harga semurah-murahnya. Nah, apakah ponsel Y7 Pro Huawei lebih bagus dibanding HP Realme 2, atau sebaliknya?, simak ulasan singkatnya berikut ini!

Desain Poni Full Screen Berbeda

Poni depan screen huawey Y7 Pro dan realme 2

Dengan karakteristik poni layar model Waterdrop atau lengkungan tetesan air layaknya Samsung M10 dan M20, HP Huawei Y7 Pro terlihat lebih bagus daripada Poni Milik Realme 2 yang terlihat melebar sehingga lebih banyak menutupi tampilan game maupun aplikasi saat dalam mode full screen.

Baca Juga Info HP Realme berikut:

Namun, kedua smartphone ini sama-sama memiliki ukuran layar 6,2 inch HD Plus dengan aspek rasio 19:9. Tapi yang menjadi sisi menarik dari Realme 2 yaitu adanya fitur proteksi layar anti gores Corning Gorilla glass 3 sehingga penggunanya akan merasa nyaman saat layar bersentuhan dengan benda tajam sekalipun.

Memakai Chipset Snapdragon 450

Chipset Snapdragon realme dan Huawei

Performa CPU dan kinerja sistem di HP Realme 2 dan Huawei Y7 Pro dibiang mumpuni dengan prosesor Snapdragon Octa-core 450 berkecepatan 1,8 GHz. Dan pada sisi pengolah gambar atau GPU keduanya menggunakan Adreno 506, sehingga keduanya sama-sama menghasilkan performa dan kualitas gambar yang bagus saat bermain Game resolusi tinggi.

Dua varian yang ditawarkan HP realme 2 menjadi nilai plus bagi yang berniat membeli ponsel ini sesuai isi kantong, yaitu Realme 2 dengan RAM 4 GB + ROM 64 GB atau tipe RAM 3 GB + ROM 32 GB. Sedangkan Huawei Y7 Pro hanya menawarkan satu varian yakni RAM 3GB dengan ROM 32 GB.

Dan meskipun keduanya juga sama-sama disertai slot memori MicroSD tambahan, namun Y7 Pro Huawei lebih unggul karena dapat diisi dengan kapasitas memori MicroSD sampai batar 512 GB, sedangkan untuk Realme 2 hanya sebatas 256 GB saja.

Dari spesifikasi daya baterainya, Realme 2 mempunyai daya lebih besar sedikit dibanding Y7 Pro, dimana kapasitas baterai Huawei Y7 PRO 4000 mAh sedangkan Realme 2 4.230 mAh.

Dukungan Dual-Camera Belakang

Meskipun harganya murah, untuk kelas smartphone android saat ini keduanya dibekali double kamera belakang yang masing-masing beresolusi 13 MP dan 2 MP. Begitu juga untuk fitur kecerdasan buatan pada kameranya, Realme 2 dan Y7 Pro Huawei menggunakan teknologi AI didalamnya.

Kedua ponsel ini di bagian kamera Depan sama-sama menggunakan Sensor beresolusi 8 MP, dan yang menarik untuk Huawei Y7 Pro kamera selfie sudah dilengkapi fitur Easy Hands Free Shooting.

Fitur Keamanan Biometrik

Tidak lengkap rasanya kalau HP Android terkini tidak dibekali keamana berupa pengunci layar Fingerprint. Namun ini salah satu kelemahan Huawei Y7 Pro yang tidak membekali dirinya dengan sensor sidik jari. Lain halnya Realme 2 sensor Fingerprint sudah tersedia di bagian belakang bodinya.

Bahkan, Realme 2 juga sudah ada fitur Face Unlock alias pengunci layar dengan sensor wajah yang sudah terintegrasi dengan kamera selfie pada bagian depan ponsel.

Perbedaan Harga Realme 2 dan Huawei Y7 pro

Di pasaran Indonesia, Banderol harga HP Realme 2 dengan RAM 3GB dan ROM 32GB yakni Rp 2.199.000 dan RAM 4GB + ROM 64 GB dihargai Rp 2.599.000. Dan seperti diketahui, saat ini ada penurunan harga realme sekitar 200-an Ribu di beberapa market.

Lalu berapa harga Huawei Y7 Pro? Ternyata harganya hampir sama yakni Rp 1.999.000. Tentunya kalau dikalkulasi akan hampir sama persis dengan banderol HP Realme yang juga sudah turun harganya.

Dan bagi anda yang masih ingin merk HP Lain dengan harga yang hampir sama diantara Huawei Y7 Pro dan Realme 2, ada pilihan yaitu Vivo Y91, fiturnyapun tidak kalah menarik namun menggunakan chipset Snapdragon 439 dengan ROM 16GB serta RAM 2GB saja.

Nah, semua pilihan ada ditangan anda, mau pilih HP Realme 2 atau Huawei Y7 Pro. Semoga ulasan perbandingan harga dan spek HP diatas bisa menambah wawasan anda sebelum membeli. Dan untuk banderol yang tertera diatas bisa sewaktu-waktu berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu tergantung dari market smartphone di beberapa daerah.

Leave a Comment