Bagaimana Cara Format Memori di J2 Prime, J5 / J7 Pro Samsung ?

Sebenarnya admin sebelumnya sudah membahas topik tentang bagaimana Cara format Kartu Memori MicroSD pada HP Samsung di semua tipe. Namun untuk beberapa pembaca ada yang menanyakan khusus cara format kartu SD di Galaxy J2 Prime J5/J2 Pro dan beberapa tipe J Series lainnya.

Format kartu di J2 Prime J5 J7 Pro samsung

Meskipun sebenarnya caranya sama dengan yang telah admin bahas sebelumnya, namun untuk lebih jelasnya saya akan mengulanginya. Dan nantinya admin juga akan memberikan tutorial bagaimana Ciri-ciri Memori Card yang semestinya di format ulang untuk mencapai performa yang diinginkan dan yang pasti tujuannya untuk membuat kartu tidak cepat rusak.

Cara Format Kartu Memori di Galaxy J2 Prime /J5/J7 Pro

Di bawah ini admin bagikan tips dengan dua versi bahasa ponsel, dimana bagi yang memiliki HP Samsung dengan bahasa Inggris maupun indonesia bisa mengikuti tutorial berikut dengan mudah.

1. Pastikan kartu memori sudah terpasang dengan benar, kemudian masuk ke menu Settings (Pengaturan)

2. Selanjutnya masuk ke Device Maintenance (Pemeliharaan Perangkat)

Cara format microsd di galaxy j2 j5 j7 pro

3. Di halaman itu, Pilih opsi Storage (Penyimpanan)

4. Pada halaman penyimpanan, Pilih Storage Settings (Pengaturan penyimpanan), letaknya ada pada ikon di kanan pojok atas.

5. Selanjutnya pilih SD Card (Kartu SD), lalu pilih opsi Format

menu format di Galaxy samsung

6. Tunggu sampai pemformatan memori selesai dan kartu bisa digunakan kembali.

Syarat kartu memori bisa diformat diantaranya harus terlebih dahulu terbaca di HP Samsung galaxy. Bila memang tidak terdeteksi sama sekali, silahkan lakukan formatting ulang microSD dari perangkat PC / Laptop dengan bantuan card reader sebagai modul pembaca memori di komputer, Dan pastikan memilih sistem FAT atau FAT32, jangan memilih opsi NTFS atau EXT2 saat format di PC agar bisa terbaca oleh smartphone.

Ciri-Ciri Kartu Memori harus diformat

  • File di kartu sulit terbaca, kadang muncul dan kadang hilang, bahkan saat dibuka muncul notifikasi kesalahan di smartphone.
  • Ada beberapa file atau dokumen, entah itu gambar, video, aplikasi dan selainnya, sulit untuk dihapus secara manual.
  • Banyak file terinfeksi virus / malware, sehingga khawatir tidak tuntas bersih ketika di-scanning dengan antivirus.
  • Ingin menghapus dan membersihkan semua file secara instant tidak tersisa, maka format kartu adalah solusi paling tepat
  • Ketika ingin menjual kartu memori ke pihak lain, maka lakukan format ulang agar file yang tersembunyi bisa dihapus secara sempurna serta tidak disalahgunakan orang lain.

Diantara beberapa ciri diatas, sebenarnya menjual kartu memori MicroSD ke pihak lain rawan akan bocornya privasi meskipun kita sudah melakukan format ulang kartu. Mengapa demikian ?

Sebab, kartu memori yang sudah diformat masih bisa dikembalikan lagi data atau file didalamnya dengan menggunakan software atau aplikasi khusus untuk recovery data. Jadi berhati-hatilah saat ingin menjual memory card ke orang lain, pastikan sebelumnya tidak ada foto, video atau file bersifat privasi yang bisa sewaktu-waktu dimunculkan kembali dengan software recovery data.

Demikianlah tutorial cara memformat kartu memori di Galaxy J2 Prime / J5 / J7 Pro dan beberapa tipe J Lainnya. Meskipun sebenarnya tips diatas bisa digunakan untuk banyak varian Samsung lainnya, semoga bermanfaat.

Leave a Comment