Cara Mematikan Suara Jepretan Kamera di HP Realme

Mungkin anda pemilik HP Realme menginginkan saat menekan tombol Rana atau jepretan kamera tidak bersuara. Dimana pada settingan bawaannya suara shutter akan terdengar saat tombol pengambilan gambar ditekan sebagai tanda proses telah dilakukan dan file sudah tersimpan.

Setting kamera Realme tidak bersuara

Pada artikel sebelumnya admin juga sudah membahas beberapa tips kamera dari Android Realme seperti Cara Ubah Penyimpanan kamera ke kartu MicroSD atau tutorial memotret bokeh di Realme dengan hasil bagus.

Settingan kamera di android Realme memang tidak disertakan saat kita membuka aplikasi, dimana umumnya pengaturan kamera sudah bisa diakses saat aplikasi kamera bawaan ponsel terbuka dengan ditandai menu berupa ikon roda gigi.

Di Smartphone Realme yang identik dengan tampilan ColorOS seperti OPPO, memang untuk settingan camera menunya diletakkan bukan pada aplikasi, namun ada pada menu khusus bernama ‘Aplikasi Sistem’. Baca juga tips Agar hasil Selfie kamera Realme tidak terbalik seperti cermin.

Nah, saat anda ingin Realme android C1, Realme 2, 2 Pro, U1 dan tipe lainnya tidak mengeluarkan suara kala menekan tombol shutter maka lakukan langkah seperti di bawah ini.

Cara Nonaktifkan Suara tombol Kamera Realme

1. Buka dulu menu pengaturan Kamera bawaan HP Realme

menu sistem aplikasi kamera realme

2. Lalu geser layar agak ke bawah dan masuk ke menu Aplikasi Sistem

3. Di menu tersebut ada beberapa opsi pengaturan aplikasi seperti Settingan Panggilan, Kontak, Pesan, Manjer Telepon, Kamera, Cuaca serta Rekaman layar. Silahkan masuk ke Menu ‘Kamera

4. Kemudian Nonaktifkan opsi ‘Bunyi Rana‘ dan Tutup kembali menu settingan Realme

Setelah melakukan langkah diatas, coba buka kamera bawaan HP Realme dan lakukan pemotretan. Bila saat menekan tombol shutter / Rana tidak mengeluarkan bunyi maka pengaturan berhasil dilakukan.

Semoga tips mengatur kamera HP Realme agar tidak bersuara saat mengambil gambar bermanfaat untuk pembaca semua, terima kasih.

Leave a Comment