MiFi Andromax Tidak Konek Internet Bagaimana Mengatasinya ?

Tidak sedikit pengguna Andromax semisal M3Y yang tidak bisa konek ke internet atau tipe Modem Wifi smartfren lain seperti Andromax M3S M3Z M6 M5 atau Mifi Huawei E5673, dimana perangkat portable hotspot tersebut laris manis di pasaran dan banyak penggunanya.

Modem WiFi andromax gagal konek internet

Seperti misalnya trouble Mifi andromax M3Y yang banyak sekali tutorial di internet membahasnya, dimana perangkat portable untuk bisa berbagi internet ke perangkat smartphone dan Laptop ini memang terkenal paling laku dipasaran.

Apapun tipe modem WiFi-nya keluaran provider Smartfren, umumnya penyebab troublenya sama saja, seperti masalah Andromax MiFi tidak terdeteksi di laptop, Sudah terhubung namun internet tidak jalan, Kadang nyambung kadang putus dan permasalahan lainnya.

Penyebab Modem WiFi andromax tidak konek internet

Sebelum masuk ke inti penyelesaian masalah modem Wifi, ada baiknya coba cek terlebih dahulu tangkapan sinyal perangkat MIFI smartfren. Apakah sinyal lemah atau bahkan putus nyambung.

Baca : Daftar APN Internet Smartfren tercepat dan Stabil terbaru

Dimana lemahnya tangkapan signal dari BTS provider samrtfren menjadi kendala umum tidak terhubungnya internet. Atau bisa juga masih bisa terkoneksi namun sangat lelet sekali.

Meskipun menggunakan jaringan 4G LTE, kalau sinyal lemah dan naik turun tidak stabil maka nilai Ping akan tinggi, sehingga transfer data dari BTS ke alat Modem menjadi lambat dan berimbas ke kecepatan internetnya.

Selain itu pastikan juga kuota internet masih ada dan masa berlakunya belum habis. Jadi kesimpulannya, pertama cek sinyal, kemudian cek sisa kuota smartfren.

Simak tips Cara Cek registrasi kartu Smartfren gagal atau berhasil dan tutorial cara Cek sisa kuota internet dan pulsa smartfren

Cara mengatasi Modem WiFi Andromax gagal Konek Internet

1. Coba Hubungkan dengan Laptop atau Smartphone

Langkah pertama, mencoba menghubungkan satu atau dua perangkat ke MiFi andromax. Bila bisa terhubung, semisal di HP Android, bila punya laptop coba hubungkan juga.

Meski belum mencoba terkoneksi ke internet, kita sudah memastikan kalau Wireless Hotspot di modem tidak bermasalah.

2. Masuk ke administrator perangkat Modem

Setelah terkoneksi ke hotspot Mifi smartfren, coba buka browser di HP atau laptop dan login ke router WiFi, caranya sebagai berikut:

a. Pada alamat browser alamat router, semisal login ke MiFi Andromax M3S maka ketik https://andromax.m3s (tanpa menggunakan ‘https://’ juga tidak masalah). Kalau login ke MIFI M3Y tinggal mengganti akhirannya saja, ketik https://andromax.m3y

b. Di halaman login router WiFi masukkan Usernamae: admin dan password:admin (semua pakai huruf kecil)

c. Billa sudah bisa terkoneksi dan masuk ke halaman antarmuka router MiFi andromax kita bisa melakukan cek Pulsa, sisa kuota internet, settingan APN dan lain sebagainya.

Anda juga bisa masuk ke halaman Router administrator andromax melalui aplikasi Mysmartfren yang bisa diunduh di google play store untuk android, atau app store untuk iPhone.

3. Cek Settingan APN Kartu Smartfren

Setelah bisa login ke halaman muka router, silahkan cek apakah settingan APN Internet kartu smartfren di Modem andromax sudah benar atau tidak.

Nilai isian data akses point internet yang salah menyebabkan internet tidak terhubung meskipun kita masih punya kuota data.

Baca juga tutorial Mengatasi kartu smartfren sulit terkoneksi internet

4. Copot baterai dan Restart modem

Coba muat ulang sistem modem wifi andromax dengan mematikan dan menyalakan ulang. Coba copot baterainya untuk beberapa saat, kira-kira satu menit, lalu pasang dan nyalakan lagi.

Dengan cara ini maka bila ada trouble pada sistem akan kembali fresh, tangkapan sinyal kembali normal dan jaringan data internet bisa terhubung dengan baik.

5. Restart smartphone / Laptop

Saat merasa router Andromax tidak ada masalah dan sudah direstart namun saat smartphone terhubung tidak mendapat koneksi internet, coba restart HP anda.

Atau kalau laptop kita sulit terhubung ke MiFi dan ada tanda seru atau sulit terkoneksi ke modem, silahkan reboot ulang.

6. Reset Modem Andromax

Bilamana semua cara diatas tidak dapat mengatasi masalah gagal terhubung ke jaringan internet, meski sudah mengatut APN Smartfren, kuota internet masih banyak, kondisi smartphone oke dan kita perkirakan ada trouble di sistem modem, maka lakukan reset ulang.

Reset ulang andromax MiFi menjadi alternatif terakhir yang disarankan untuk mengembalikan semua pengaturan ke settingan default pabrikan.

Cara reset Modem andromax mudah sekali, silahkan buka cassing dan lepas baterainya, di balik dudukan baterai itulah letak tombol reset berada. Tekan beberapa detik untuk memulai reset modem.

Demikianlah informasi seputar permasalahan modem WiFi portable andromax yang gagal terhubung ke internet, semoga bermanfaat.

0 thoughts on “MiFi Andromax Tidak Konek Internet Bagaimana Mengatasinya ?”

Leave a Comment