Cara Mengatasi HP Samsung Sering Macet saat Buka Aplikasi dan Game

Bagaimana mengatasi HP samsung Galaxy suka Macet dan layar Hang tidak merespon sama sekali ?, pastinya jengkel kalau saat sedang asik main game atau membuka aplikasi tiba-tiba layar terdiam tidak bisa disentuh menunya dan tombol fisik juga tidak bisa berfungsi.

samsung sering macet dan hang

Saat mengalami error di HP samsung yakni sistem sering Hang dan macet, maka perlu diselidiki dahulu apa penyebabnya, agar kita tahu apa yang meski dilakukan untuk mengatasinya.

Hampir di semua HP android bisa mengalami error pada aplikasi maupun sistem, dan sebenarnya semua permasalahan android bisa diatasi dengan meminimalkan resiko terlebih dahulu seperti menghindari proses reset maupun flashing, dan bisa dilakukan kalau sudah dalam keadaan kepepet semua trik tidak bisa memperbaiki problem.

Baca juga Tips Samsung berikut:

Penyebab HP Samsung macet / Hang

Adapun permasalahan yang bisa menimbulkan layar terdiam atau Hang di HP samsung saat menjalankan game atau aplikasi diantaranya sebagai berikut:

1. CPU Overheat

RAM dan juga Prosesor menjadi inti utama pemroses data sistem dan aplikasi, Nah bilamana kedua perangkat tersebut mengalami error sedikit saja, salah satunya panas berlebihan, maka sistem akan berhenti bekerja.

Prosesor yang terlalu sibuk dengan alur aplikasi dan juga RAM yang habis terpakai karena kegiatan multitasking di android menjadi sebab ponsel samsung nge-blank atau terhenti kerjanya.

2. Banyak Cache sampah

Cache digunakan untuk mempercepat kinerja sistem atau aplikasi disaat sering diakses. Namun bila sudah terlalu banyak file cache di sistem dan sudah tidak digunakan, maka akan memperberat kinerja prosesor dan RAM.

3. Banyak aplikasi berjalan di Background

trouble pada aplikasi samsung

Perlu diketahui, bahwasanya beberapa aplikasi tertentu akan berjalan pada balik layar tanpa diketahui oleh pengguna smartphone, dan proses tersebut berguna untuk sinkron data aplikasi dengan server dan untuk keperluan lainnya.

Bilamana terlampau banyak aplikasi di background dan space RAM serta performa prosesor Android tidak memadai, maka bisa terjadi Lag, macet atau bahkan sistem menjadi Hang tidak dapat merespon perintah penggunanya.

4. Sistem / aplikasi bermasalah

Aplikasi maupun sistem yang hilang salah satu filenya atau rusak, bisa menyebabkan HP android tidak bisa berjalan sempurna saat dimainkan.

Bahkan seringkali kita dapati notifikasi di layar seperti aplikasi berhenti, sistem tidak respon dan beberapa pesan kesalahan lainnya.

5. Hardware bermasalah

Dan untuk masalah hardware atau komponen yang ada di dalam HP android juga menjadi pemicu sistem Hang atau macet saat dijalankan.

Bisa jadi ada permasalahan pada modul panel layar HP, prosesor, CPU atau IC penting lainnya di HP samsung yang menyebabkan trouble saat menjalankan game ataupun aplikasi.

Baca Juga :

Cara mengatasi HP Samsung Macet / Hang

1. Coba restart sistem

Pertama kali saat mendapati android samsung hang atau sering macet, coba lakukan restart. Karena posnel tidak merespon sentuhan atau tombol fisik juga tidak dapat digunakan untuk memunculkan menu restart / reboot maka perlu dilakukan restart paksa.

Untuk cara mereboot ulang sistem yang tombol fisiknya macet, silahkan tekan untuk beberapa saat sekitar 10 sampai 20 detik tombol power, jangan dilepas sampai ponsel restart dengan sendirinya.

Terkadang saat sistem sibuk maka akan terjadi crash pada beberapa aplikasi, dan untuk mengatasinya dengan mudah silahkan lakukan restart agar fresh kembali.

2. Membersihkan Cache dan file sampah

Kita bisa menggunakan aplikasi bawaan HP samsung yakni pengoptimal sistem untuk menghapus temporary file dan juga cache.

Kita juga bisa menggunakan aplikasi seperti Ccleaner yang powerfull untuk menghapus junk file, temporary file ataupun cache agar sistem di HP samsung kembali normal kinerjanya.

3. Uninstall aplikasi

Coba copot beberapa aplikasi yang tidak sering anda pakai, atau bahkan copot saja aplikasi di HP samsung yang berpotensi menyebabkan macet atau layar Hang.

Beberapa aplikasi yang memberatkan sistem seperti aplikasi sosial media, game berat yang butuh spek hardware tinggi juga menjadi pemicu kinerja prosesor dan RAM semakin tinggi.

4. Cek sisa Internal memori

Kapasitas memori internal yang minim bisa menjadi pemicu HP samsung hang atau aplikasi dan game macet saat dijalankan.

Jadi solusinya, pindah beberapa file, baik itu file foto, video, atau memindah aplikasi ke eksternal memori MicroSD.

5. Eksternal memori error

memori MicroSD di HP samsung error

Coba lepas dahulu memori microSD dan coba restart ulang ponsel. Umumnya memori eksternal yang sedang bermasalah atau sudah mulai rusak akan menyebabkan beban pada CPU.

Bilamana dimungkinkan, silahkan format ulang microSD dengan bantuan komputer dan coba pasang lagi ke ponsel dan rasakan efeknya, pakah masih bermasalah atau sudah beres.

6. Factory reset

factory reset HP Samsung

Bila solusi diatas tidak menyelesaiakan masalah samsung yang sering macet, coba lakukan proses factory reset atau bisa menggunakan cara recovery reset.

Memperbaiki semua pengaturan kembali ke settingan default pabrikan samsung bisa mengatasi segala problem sistem dan aplikasi.

Namun perlu diingat, proses reset akan menghapus file yang ada di memori internal dan pengaturan yang ada, seperti file video, foto, daftar kontak, data aplikasi, data login akun dan lain sebagainya.

7. Flashing ulang

Nah, cara terakhir sebelum memutuskan mengecek hardware sebagai sumber masalahnya, silahkan lakukan proses flashing firmware Samsung.

Flashing sendiri bertujuann untuk menginstall ulang sistem di HP android kita agar semua file yang tadinya hilang dan rusak bisa kembali berfungsi seperti semula.

Perlu diingat, untuk proses flash sangat beresiko, jadi serahkan saja pada ahlinya agar tidak terjadi problem yang malah akan membuat HP samsung kita matot (mati total).

Itulah pembahasan tentang penyebab dan cara mengatasi HP samsung sering macet dan hang saat digunakan main game atau menjalankan aplikasi, semoga bisa bermanfaat, terima kasih.

Leave a Comment