Cara Perbaiki Speaker HP Xiaomi tidak Bunyi atau Rusak

DuniaAndroid.com – Mengatasi Speaker XIAOMI error tidak berbunyi. Paastinya disetiap smartphone ada komponen yang bertugas untuk mengeluarkan Bunyi untuk panggilan masuk, mendengarkan Music, Nada dering dan lain sebagainya. Namun akan menjadi masalah tersendiri bila Ponsel Xiaomi tiba-tiba tidak bisa bersuara ketika ada panggilan masuk ataupun ingin menonton video kesukaan padahal volume sudah dalam posisi tergeser maksimal sekalipun.
Cara Perbaiki Speaker HP Xiaomi tidak Bunyi atau Rusak
Speaker yang biasa mengeluarkan bunyi keras biasa disebut sebagai Buzzer yang memang fungsinya sebagai pelantang suara. Letak Speaker atau Buzzer juga berlainan sesuai tipe ponsel itu sendiri, Walau pada umumnya speaker terletak di bagian belakang bawah, ada juga yang berada di samping atas dekat kamera belakang.
Ada beberapa penyebab yang membuat speaker Xiaomi tidak bisa bersuara yaitu pada bagian pengaturan sistem, error sistem, kerusakan perangkat speaker, Jalurnya dan juga pada bagian komponen lain yang terkait dengan alur suara menuju speaker. Namun pada kenyataannya seringkali speaker Xiaomi tidak bisa bunyi dikarenakan salah pengaturan, sistem yang bermasalah dan juga rusak pada komponen speakernya itu sendiri.
Cara Cek Speaker Xiaomi mati / tidak bersuara
Di bawah ini da beberapa tips untuk mengetahui beberapa penyebab Speaker HP android Xiaomi yang tidak bersuara serta solusinya, yuk simak caranya.

Baca Juga

1. Sebelum memvonis speaker xiaomi yang rusak, silahkan lihat dahulu settingan suara pada HP xiaomi apakah dalam posisi silent (diam tanpa suara) ataukah tidak. Cobalah geser semaksimal mungkin slider settingan suara dan juga pastikan Nada dering juga sudah dipilih, bila ternyata tidak juga bisa mengeluarkan suara bisa lanjut langkah kedua
2. Ada kemungkinan sistem android di HP xiaomi bermasalah, silahkan melakukan reset ulang pengaturan atau bisa melakukan recovery reset untuk memulihkan fungsi suara.
3. Bilamana setelah melakukan reset atau recovery sistem ternyata sura tidak juga keluar di HP xiaomi, maka cara paling mudah adalah melakuan pemerikasaan kondisi fisik buzzer atau menggantinya dengan yang baru.

Cara mengganti speaker Xiaomi
Bagi yang sudah biasa atau berani sendiri membongkar perangkat elektronik, di bawah ini admin berikan tips bagaimana membuka, melepas dan mengganti komponen speaker Xiaomi untuk diganti dengan perangkat yang baru dan bisa berfungsi normal kembali. Dicontoh kali ini anda bisa melihat bagaimana melakukan perbaikan speaker Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang rusak, yuk disimak.
– Pertama kali, silahkan buka penutup belakang (cassing) Xiaomi
membuka penutup belakang xiaomi
Membuka cassing Xiaomi / image: VTIGA
– Silahkan gunakan alat pembuka cassing atau yang tidak berbahan metal agar tidak melukai penutup dan bodi ponsel
– Setelah cassing dan Bodi terpisah, saatnya kita membuka bagian penutup cangkang speaker Xiaomi yang fungsi utamanya mengeluarkan suara ketika ada panggilan masuk. Letak penutupnya ada di bagian bawah baterai, silahkan lepas semua baut pengikatnya, ada 2 buah baut disana.
cara mengganti speaker xiaomi
melepas speaker xiaomi / image: VTIGA
– Setelah baut pengikat terlepas, silahkan cungkil penutupnya. Sesudah terlepas, silahkan lepas speaker yang menempel di di modulnya dengan mencungkilnya.
– Bila anda mempunyai multimeter bisa mencoba melakukan cek apakah speaker putus atau tidak. Namun bila tidak punya, bisa langsung membeli komponen tersebut di toko sparepart smartphone di sekitar anda.
Nah, itulah tips untuk memperbaiki speaker HP Xiaomi yang tidak berfungsi alias tidak bersuara, semoga bermanfaat.

0 thoughts on “Cara Perbaiki Speaker HP Xiaomi tidak Bunyi atau Rusak”

  1. Coba untuk merestart ulang ponsel Xiaomi terlebih dahulu. Kemudian ulangi menyetel volumenya. pastikan fungsi tombolnya ready dan berjalan normal. Coba untuk memainkan semisal video atau play musik kemudian naik turunkan volume.

    Reply
  2. numpan tanya om, kali aj ada yg pernah ngalamin, mic sama speaker normal, tapi wktu panggilan masuk pas di loudspeaker, mic tiba2 mati, bgtupun wkt vidiocall, tapi kalau panggilan biasa tanpa louds normal2 aja, kira2 ada yg tau ga ?

    Reply

Leave a Comment