Cara Hapus Riwayat Tontonan dan Pencarian Youtube

DuniaAndroid.com – Cara hapus Histori pencarian dan Tontonan di Youtube. Konten Video Online maupun streaming yang paling populer dan paling banyak penggunanya saat ini adalah Youtube. Layanan video milik google ini memang menjadi tujuan utama bagi pencari berbagai channel video dari berbagai negara yang kian hari kian bertambah banyak dengan berbagai variasi tema tontonan seperti Tutorial, Video Lucu, kejadian aneh, game, Ceramah keagamaan dan sebagainya tersaji lengkap di Youtube.
Cara Hapus Riwayat Tontonan dan Pencarian Youtube
Melakukan pencarian konten video yang ingin ditonton di youtube memang menjadi alternatif pertama ketika ingin melihat video yang diinginkan, namun adakalanya seiring berjalannya waktu dan seringnya melakukan penelusuran kata kunci di kotak pencarian aplikasi youtube menyebabkan tumpukan histori atau riwayat pencarian yang panjang serta menghasilkan file sampah yang memenuhi ruang penyimpanan juga.
Mengapa Harus Hapus Histori di Youtube ?
Dari hal Privacy tentunya riwayat pencarian juga mudah dilihat oleh teman atau kerabat ketika mereka meminjam smartphone milik kita. Bagi teman yang tidak usil tentunya tidak ingin mengetahui apa saja yang kita telusuri di Yotube, namun adakalanya kalau ada teman yang ingin tahu kebiasaan kita membuka konten apa saja di youtube tentunya menjadi masalah tersendiri, yang seharusnya rahasia menjadi ketahuan.

Baca Juga

Sebenarnya penelusuran atau histori pencarian di aplikasi youtube sangat membantu sekali ketika kita ingin mengulang apa yang sudah kita cari jauh hari sebelumnya, namun seandainya kita khawatir rahasia terbongkar apalagi yang suka melihat konten-konten dewasa tentunya bisa malu kan dilihat teman anda?
Oleh sebab itu, sebaiknya untuk berjaga-jaga ketika suatu saat ada teman anda yang usil ketika meminjam ponsel milik anda dan membuka-buka konten youtube silahkan lakukan saja penghapusan secara rutin histori pencarian maupun histori tontonan yang sudah anda lihat sebelumnya, bisa dihapus seminggu sekali, sebulan sekali atau terserah waktu luang anda.
Cara Hapus Riwayat Pencarian dan Tontonan Youtube
Bagi anda yang belum bisa cara melakukan penghapusan riwayat penelusuran kata kunci serta riwayat video yang sudah kita tonton di aplikasi youtube melalui HP android, silahkan simak tipsnya di bawah ini:

  • Buka aplikasi Youtube di HP android anda, kemudian masuk ke opsi Menu Akun, letaknya ad apada posisi kanan pojok atas berupa Foto akun anda
menghapus riwayat pencarian di youtube
  • Setelah itu masuk ke opsi ‘Setelan’ kemudian ke ‘Histori & Privasi’
  • Di tampilan yang terbuka ada 2 opsi yang akan kita pilih yaitu :
delete histori tontonan dan pencarian youtube
  • Hapus Histori Tontonan : pilihan ini untuk menghapus riwayat tontonan video yang sudah kita lakukan, nantinya bila opsi ini kita pilih maka riwayat tontonan youtube di HP anda dan juga di perangkat lain yang mempunyai akun sama, misal di Laptop anda juga pakai akun Google yang sama juga akan terhapus
  • Hapus Histori Pencarian : Untuk pilihan ini kita bisa menghapus riwayat kata kunci yang sudah kita lakukan di kotak pencarian supaya terhapus dari HP atau perangkat lain yang mempunyai akun sama.
  • Untuk menghapus semua riwayat seperti histori tontonan dan pencarian silahkan pilih keduanya, nantinya akan ada kotak konfirmasi (seperti contoh yang terlihat di gambar) setujui proses penghapusan dengan menekan tombol ‘Hapus Histori Tontonan’ ataupun ‘hapus Histori Pencarian’
Catatan: Setiap versi terbaru aplikasi youtube memungkinkan adanya perubahan dan penambahan pada fitur dan menunya. Jadi saat anda menggunakan versi terbaru atau dibawahnya bisa menyesuaikan tata letak opsi menunya.

Dengan melakukan tips diatas maka selain riwayat pencarian di aplikasi youtube terhapus juga sekaligus menghapus riwayat tontonan video apa saja yang telah anda lihat. Begitu juga ada keuntungan setelah menghapus histori di youtube yaitu ruang penyimpanan bertambah dan juga privasi anda terjaga bila suatu saat teman anda membuka youtube dari ponsel anda.

Leave a Comment