Apa fungsi Task Manager di sistem android?

DuniaAndroid.com – Apa itu task manager dan apa fungsinya di Android ? Tentu para pengguna HP dengan system Operasi android sudah familiar dengan yang namanya Task Manager bukan ? walau tidak semua tahu apa fungsi dan maksud adanya aplikasi Task manager itu sendiri. Tahunya si pemilik HP android hanya memakai dan ketika HP lemot maka yang disalahkan ponselnya. Padahal banyak aplikasi yang berjalan di background yang belum sempat ditutup secara sempurna menjadikan beban kinerja prosesor dan juga sampah di RAM menjadikan sistem melambat kinerjanya.

task manager sebagai optimasi RAM dan ruang penyimpanan

Di era komputasi tentu task manager sudah menjadi senjata hebat di dalam dunia computer, memang untuk mengetahui apa saja proses yang berjalan di suatu system operasi biasa dilihat melalui Task manager. Layaknya ruang monitoring, task manager itu sendiri mempunyai fitur dasar yang hebat. Hampir seluruh proses yang tidak kita butuhkan dapat kita ‘akhiri’ prosesnya, kecuali proses yang ‘super’ penting buat jalanannya system operasi maka tidak akan mudah di akhiri atau dimatikan dengan task manager.

Di HP android memang unik, tidak seperti di system operasi sebelumnya yang pada setiap aplikasi dan gadget-nya ada tombol fungsi ‘quit atau exit’. Yang ada dan sudah umum untuk mengakhiri suatu aplikasi yang sedang berjalan hanya disediakan tombol Back atau Home saja. Di android versi 4 keatas untuk mengakses fungsi task manager memang mudah, dengan hanya menekan tombol Home beberapa saat maka muncullah Task manager-nya.

Mungkin saat ini nama ‘task Manager’ sudah tergantikan dengan kata ‘clean’ ataupun ‘optimasi’, namun itu tergantung dari masing-masing aplikasi dalam penamaan. Seperti halnya sistem android terbaru, anda tentunya tidak akan menemukan kata task manager lagi.

Semua fungsi layaknya task manager sudah dirubah untuk mempermudah pengguna android dalam pemakaian tanpa dipusingkan nama yang tidak mudah dihafal tersebut. Jadi, di setiap aplikasi optimasi RAM, Optimasi ruang penyimpanan, pembersih cache data dan aplikasi sejenisnya seringkali mempermudah penggunanya hanya dengan menekan tombol ‘optimasi’ dan semua pekerjaan layaknya ‘task manager’ sudah tergantikan.

Fungsi Task Manager di android

Dan saat ini banyak sekali bermunculan aplikasi pihak ketiga yang memperkenalkan aplikasi layaknya task manager, tentu dengan segala suguhan dan fitur andalan masing-masing. Dan yang utama dari adanya Task manager itu sendiri adalah :

  • Untuk mematikan proses yang tidak kita perlukan, Kita bisa mematikan aplikasi yang berjalan ataupun aplikasi yang macet dengan memanfaatkan fitur ‘Kill’ Di Task Manager. Namun untuk tipe dan versi terbaru android dan mempunyai aplikasi bawaan untuk mematikan aplikasi secara menyeluruh si pengguna ponsel dipermudah dengan hadirnya tombol optimasi atau clean, namun intinya sama saja.
  • Untuk membersihkan RAM (Random Access Memory ) , Bagi HP yang mempunyai RAM kecil dan telah membuka beberapa aplikasi tentu sangat terasa HP-nya semakin lemot, disitulah fungsi Task manager untuk mengatasi masalah RAM yang ‘hampir’ habis terpakai. Tinggai klik tombol ‘Clean Ram’ maka Hp akan terasa ringan kembali.
  • Untuk membantu kinerja Processor ( otaknya Android ) agar tidak bekerja berlebihan karena ada aplikasi yang tidak diperlukan terbuka.
  • Untuk menghemat Arus Baterai HP. Mengapa menghemat ?, bayangkan, kalau ada aplikasi yang berjalan di belakang layer (Backgroud) dan kita sebenarnya tidak menginginkan aplikasi tersebut berjalan maka sudah barang tentu segala proses yang berjalan akan menyedot arus Baterai HP kita.

Namun yang perlu diingat, jangan lupa apabila ada pekerjaan yang kita kerjakan di smartphone dan belum kita simpan maka Akan hilang bila kita melakukan aksi ‘Kill’ di Task manager. Semoga ulasan tentang fungsi Task manager yang terlupakan diatas dapat member sedikit pencerahan bagi para Androider.

0 thoughts on “Apa fungsi Task Manager di sistem android?”

Leave a Comment