Mengatasi HP OPPO Sim Card tidak terbaca

Mengatasi HP OPPO Sim Card tidak terdeteksi – Pengguna Ponsel android OPPO tentunya juga bisa mengalami masalah seperti yang akan kita bahas kali ini yaitu tidak terbacanya kartu selular atau Sim Card, yang mana sebenarnya kejadian kartu Sim bisa saja dialami oleh beberapa merek Ponsel pintar apapun seperti di HP Samsung, Lenovo, Xiaomi, Asus dan lain sebagainya.
kartu selular oppo invalid
Produk OPPO smartphone yang terkenal dengan ColorOS sebagai base system-nya memang mempunyai fitur unik yang merupakan ciri khas dari OPPO android. Begitu juga dengan beberapa kelebihan yang dimilikinya membuat ponsel OPPO semakin tenar di kalangan pecinta android Tanah Air karena slogan yang selalu dijadikan andalannya ‘OPPO samartphone Selfie Camera’.
Tidak terbacanya kartu Sim selular di HP OPPO bisa disebabkan beberapa macam sebab seperti masalah sistem, adanya masalah hardware atau kesalahan si penggunanya itu sendiri. Bahkan dari hal-hal sepele seperti pemasangan kartu yang tidak tepat juga bisa membuat pemilik ponsel OPPO kelimpungan disangka ponsel yang bermasalah.

Sebab dan cara mengatasi SimCard OPPO invalid
Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika ponsel OPPO tidak dapat membaca Sim Card yang terpasang, silahkan disimak sebab dan cara mengatasinya di bawah ini.




Baca Juga

1. Pastikan kartu Sim / simcard tidak terbalik dan juga kondisi masih aktif tidak terlewat masa tenggangnya.
2. Pastikan juga ponsel tidak dalam keadaan Flight Mode / mode terbang, coba lihat apakah ikon mode terbang aktif atau mati, bila aktif silahkan nonaktifkan dan tunggu sebentar agar sistem merefresh jaringan yang ada.
3. Bila di dalam tipe OPPO menggunakan Dual SIM slot, silahkan lihat dan cek di pengaturan apakah ada salah satu dari SIM card ada yang dimatikan atau keduanya sudah menyala. Hal ini biasa terjadi terkadang pengguna yang masih pertama kali mengenal android umumnya akan berselancar dan mengeksplore menu yang ada dengan memencet sana sini sehingga tidak sadah opsi salah satu simcard di pengaturan Dual SIM tersebut nonaktif.
4. Cek juga kondisi Slot kartu SIM di ponsel, apakah ada konektor yang tertekuk atau tertutup sesuatu sehingga menghalangi terbacanya SimCard selular

5. Coba reset pengaturan Android ke settingan awal (reset factory) untuk merecovery sistem yang error
6. Bila cara diatas sudah dilalui dan masih tidak terjadi perubahan, silahkan Cek IMEI ponsel, karena dengan IMEI yang hilang atau bermasalah bisa menyebabkan SimCard OPPO tidak bisa terdeteksi oleh sistem.
Cara mengeccek IMEI di HP OPPO sama halnya dengan ponsel android lainnya yaitu ketik *#06# , Dengan mengetik angka tersebut di mode panggilan ternyata tidak ada IMEI yang tertera atau invalid bisa dipastikan sistem bermasalah dan harus dilakukan recovery IMEI.
7. Bila semua langkah diatas sudah dilakukan bahkan sudah melakukan proses flashing firmware juga tidak membuahkan hasil dalam mendeteksi kartu selular di HP OPPO anda, maka ada masalah terkait Hardware yang harus dilakukan pengecekan di service center OPPO terdekat di kota anda.
Semoga Tips tentang cara mengatasi Sim Card HP OPPO tidak terdeteksi diatas bisa bermanfaat untuk pengguna OPPO khususnya dan pemilik android pada umumnya, karena semua tips diatas bisa dilakukan di semua merek android yang ada saat ini.

0 thoughts on “Mengatasi HP OPPO Sim Card tidak terbaca”

  1. Banyak kejadian kartu sim tidak terdeteksi seperti yg mbk alami, coba lakukan update software ponsel, bila sudah dan tidak mengatasi masalah coba pinjam sim card teman yg beda operator.. bila ternyata tidak terdeteksi juga maka jaln satu2nya bisa dengan factory reset terlebih dahulu atau proses recovery reset

    Reply
  2. Hp sy awalnya abis jatuh terus ganti lcd begitu lcd udh d ganti tapi simcardnya kadang kebaca tapi begitu hp mati atau low simnya ga kebaca lagi udh d lepas berkali2 tetep gabisa, kira2 kenapa yah bos tolong bantuannya terimakasih

    Reply
  3. Min, hp saya oppo A33w, permasalahan nya ketika saya mengaktifkan data di sim 1,selanjut nya sim 2 malah tidak ada layanan, saya balikan untuk data pindah ke sim 2,malah sim 1 yang ga ada layanan, kira2 kerusakan nya apa ya. Mohon pencerahan nya min

    Reply
  4. apabila kartu selular sudah tidak masalah seperti mencoba meminjam simcard lain dan ternyata salah satu slot simcard-nya tidak ada layanan bisa jadi sistem yang bermasalah..
    coba lakukan factory reset terlebih dahulu untuk memperbaiki problem sistem oppo-nya..

    Reply
  5. saya malah aneh, awalnya kebaca abis itu agak setengah jam ngak kebaca lagi, saya make oppo F7, ini untuk pertama x saya make merek oppo, di hape samsung j5 tidak pernah ada masalah sama sekali sim tidak terbaca, atau kadang baca kadang ngak. Kesal juga karna saya harus keluar masukin kartu kalau masalah ini mucul. Setelah detect beberapa lama, terus ngak detect lagi. Apakah ini emang kelemahan hape oppo?

    Reply
  6. Saya mencoba mengganti simcard saya dengan simcard yg nano nya tidak dipotong sendiri, akan tetapi yg sudah dipotong oleh yg mengeluarkan kartu. selama lebih kurang 24 jam blon ada kendala. Semoga ini merupakan salah satu solusi apabila hp anda mengalami gangguan dalam membaca simcard. Jangan buru" ke service center hp nya.

    Reply

Leave a Comment