Cara Mengunci sinyal 4G agar tidak berubah-ubah jadi 3G

Cara agar sinyal 4G tidak berubah jadi 3G – Maraknya Ponsel android dengan fitur 4G semakin membuat semua operator berlomba untuk menyediakan layanan jaringan 4G semaksimal mungkin. Bagi anda pengguna HP android dengan fasilitas 4G tentunya suatu keuntungan tersendiri, selain mendapat kecepatan transfer data jaringan tingkat tinggi juga semakin mempermudah dalam mengakses berbagai konten di internet tanpa menunggu waktu yang berlama-lama.

lock 4G

Banyak pertanyaan seputar penggunaan jaringan 4G di android, dimana terkadang jaringan berubah-ubah, sebentar 4G sebentar-bentar 3G dan begitu seterusnya. Tentunya bagi pemilik android yang masih belum terbiasa dengan settingan jaringan internet akan kesulitan mendapatkan cakupan signal 4G walau pada dasarnya di area tempat tinggalnya tercoverage sinyal 4G dari penyedia layanan seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL, tri maupun smartfren.
Tidak semua area bisa tercover 4G, lain daerah tentunya akan ada sisi ekonomis dan nilai bisnis di area tertentu sehingga tidak kesemua tempat mendapat cakupan jaringan internet cepat 4G-LTE. jaranga sekali di pelosok desa bisa mendapati sinyal 4G, hal tersebut bukan berarti di daerah itu nantinya ditiadakan namun bisa saja bila survei dari pihak operator selular telah mendata banyak pengguna smartphone yang menggunakan fitur 4G tentunya layanan 4G akan terpasang di area tersebut, sekali lagi sisi bisnis dan ekonomis masih berlaku disitu.

Cara Kunci jaringan 4G agar tidak berubah-ubah

Kembali pada topik diatas, bagaimana caranya agar sinyal 4G di HP android tidak berubah-ubah alias stabil ?, ada 3 cara yang bisa anda lakukan, bisa melalui pengaturan jaringan di android atau melalui aplikasi pihak lain, untuk lebih jelasnya silahkan simak tipsnya di bawah ini.

  • 1. Cara lock sinyal 4G dengan Kode

Maksudnya disini adalah dengan menggunakan beberapa kode angka yang diketikkan di DialPad atau mode panggilan telepone, caranya :
1. Buka aplikasi telepone / dialpad dan ketikkan *#*#4636#*#* atau juga bisa *#*#3646633#*#*
2. dengan mengetikkan angka kode tersebut maka seccara otomatis akan terbuka menu Pengujian
3. Pilih ‘informasi perangkat’ dan pilih ‘set preferred network type’ kemudian pilih opsi ‘LTE Only’
Jika cara tersebut tidak berfungsi di HP android anda silahkan menggunakan mode pengaturan manual di ponsel seperti di bawah ini.

  • 2. Cara Lock Sinyal 4G dengan Menu Setelan
cara ini adalah metode yang umum dipakai dan semua ponsel android yang mensupport jaringan 4G rata-rata ada opsinya, caranya :
1. Masuk ke menu Setting atau pengaturan android
2. silahkan pilih Jaringan Selular (lain tipe / merek lain kalimat atau penamaan, tapi intinya sama)
3. kemudian pillih ‘Mode jaringan’ dan pilih lagi opsi ‘Hanya 4G’ atau ‘4G only’.

  • 3. Cara Lock 4G dengan aplikasi
Cara ini bisa dijadikan alternatif untuk melakukan peguncian sinyal 4G agar tidak selalu berubah-ubeh menjadi 3G, caranya:





1. Silahkan unduh aplikasi Advance Signal Status
2. install dan jalankan di ponsel anda, cari menu ‘additional info’
3. akan terbuka menu pengujian, masuk ke ;informasi perangkat’ kemudian ‘set preferred network’ dan pilih ‘LTE Only’
4. Tunggu sebentar untuk memastikan jaringan 4G tersedia dan terkunci
Untuk menjalankan aplikasi ini syaratnya HP android harus dalam keadaan sudah di root.
Semoga tips Dunia android diatas bermanfaat untuk pembaca setia semua, untuk pertanyaan seputar android silahkan ajukan di kolom komentar di bawah artikel ini, terima kasih.

Leave a Comment