Cara Tepat Mengatasi Baterai Penuh Tapi HP tiba-tiba mati sendiri

Pernah mengalami indikator persentase baterai masih banyak namun tiba-tiba Ponsel mati sendiri ?, Tentunya bagi beberapa pengguna ponsel pintar mengalami hal tersebut. Sebenarnya apa yang terjadi, apakah baterai sudah rusak atau waktunya diganti, atau sistem yang bermasalah, atau mungkin hardwarenya yang mengalami kerusakan ?. Untuk menjawab beberapa pertanyaan tersebut mari simak ulasan Dunia Android di bawah ini.
prosentase baterai penuh hp mati

Pada artikel terdahulu admin pernah mengulas juga masalah ini dan banyak pertanyaan dari para pembaca karena memang admin hanya menukilkan garis besarnya saja dalam trouble shooternya. Di artikel ini admin akan memperjelas beberapa pembahasan artikel sebelumnya tentang baterai ponsel dan permasalahannya.

Tentu sangat menjengkelkan dan bikin aktifitas bersama ponsel pintar kesayangan menjadi terganggu bila tiba-tiba HP mati sendiri padahal prosentase baterai di indikatornya masih menunjukkan angka yang masih dikatakan bisa mensuplai arus. Contoh, ketika enak berselancar dan indikator baterai menunjukkan angka 30 atau 50 persen (umpamanya), tiba-tiba HP mati sendiri, tentu membuat berbagai tanda tanya bukan ?, apalagi kalau si empunya ponsel yakin bila baterai masih sehat karena beli ponsel saja masih dalam hitungan bulan…nah lho..

Ada beberapa kriteria yang biasa terjadi dan menjadikan masalah tersendiri untuk pemilik ponsel dalam kasus baterai masih ‘dianggap’ penuh oleh indikator persentase baterai namun tiba-tiba ponsel mati dengan sendirinya. Adakalanya Indikator menunjukkan adanya false indikator (deteksi palsu) maupun adanya sistem yang sedang bermasalah bisa menjadi kendala tersendiri bagi yang salah dalam mendeteksi beberapa trouble diatas.



Beberapa kasus Ponsel mati sendiri karena arus Baterai :
1. Ponsel tiba-tiba Mati, namun bisa dihidupkan kembali.
2. Ponsel restart ulang, secara terus menerus.
3. Ponsel tiba-tiba mati, namun tidak bisa dihidupkan kembali.
Dari ketiga kasus yang serint terjadi diatas, ada beberapa sebab dan cara mengatasinya. Di bawah ini admin akan membedah satu-persatu problem yang sering dihadapi ponsel berhubungan dengan indikator baterai yang menyebabkan ponsel mati dengan sendirinya.
1. Untuk menjawab kasus yang pertama diatas, ketika indikator baterai masih menunjukkan angka yang tinggi namun ponsel mati dan bisa dihidupkan kembali setelahnya maka ada beberapa sebab yang bisa terjadi diantaranya :

a. Sistem Bermasalah
Perlu diketahui bahwa sebenarnya ponsel tidak dapat mengetahui seberapa persis isi arus yang ada di baterai tanpa melalui berbagai alur bahasa sistem operasi yang menghandle perangkat keras.
Disinilah fungsi sistem itu sendiri sebagai jembatan bagi user dan hardware agar bisa dilihat oleh penggunanya.
Sistem yang bermasalah bisa menunjukkan adanya notifikasi palsu yang tidak sesuai dengan alur program didalamnya, sehingga menyebabkan ‘missing communication’ antara baterai, hardware dan baterai itu sendiri.



b. Hardware bermasalah
Urusan baterai yang menyuplai daya ke ponsel semuanya diatasi oleh beberapa komponen seperti tahanan, kondensator, IC, maupun dioda yang mana ukurannya telah ditetapkan oleh vendor si pembuat smartphone.
Adanya salah satu saja hardware yang mengurusi keluar masuknya arus ke ponsel dari baterai tentu akan membuat kinerja keseluruhan sistem bermasalah, baik itu dari sisi perangkat maupun sistem yang sedang berjalan sehingga ponsel bisa mati dengan sendirinya meskipun indikator prosentase arus masih tinggi.
c. Baterai bermasalah
Nah, untuk yang satu ini memang yang sering terjadi pada kasus nomor 1, dimana baterai yang terlihat masih bagus, ponsel masih dianggap baru saja beli namun tiba-tiba mati dengan sendirinya.
2. Untuk permasalahan ponsel dengan indikator baterai masih banyak namun selalu restart ulang (reboot) dengan sendirinya maka bisa terjadi masalah dengan poin a dan b diatas.
3. Untuk kasus ponsel yang tiba-tiba mati namun tidak bisa dihidupkan kembali setelahnya sebelum melakukan charging ulang meskipun indikator masih penuh, maka problem tersebut bisa terjadi seperti poin a, b, maupun c. Dan seringkali cara penggantian baterai merupakan solusi yang paling tepat (poin c)
Dari semua penjelasan diatas, admin akan rangkum bagaimana cara mengatasi hal tersebut dengan urutan yang tentunya harus dilakukan secara tepat dan fokus pada permasalahan baterai ? silahkan simak terus yuk ulasannya di bawah ini.

Baca Juga





Cara mengatasi ponsel mati sendiri walau prosentase baterai penuh :
1. cara pertama yaitu cobalah meminjam (jangan langsung beli) baterai milik teman atau kerabat yang sejenis dengan ponsel anda.
Pastikan baterai pinjaman tersebut masih penuh, kemudian pasang dan nyalakan gadget serta lakukan aktifitas seperti biasanya.
Bila dengan baterai tersebut ponsel tidak lagi mati tentu ‘tersangkanya’ pasti baterai anda yang harus diganti.

2. Lakukan kalibrasi baterai, Dimana saat ini sudah banyak aplikasi untuk kalibrasi baterai yang bisa diunduh di google play store.

Namun ada cara manual untuk kalibrasi baterai yang biasa dipraktekkan para teknisi ponsel, caranya kosongkan daya baterai sampai benar-benar ponsel mati sendiri.

Lalu isi ulang daya sampai benar-benar penuh dalam kondisi ponsel mati. Kemudian nyalakan lagi dan gunakan sampai ponsel kehabisan daya dan mati, ulangi sampai 3 kali langkahnya.

Bila sudah, dan ternyata baterai tetap gampang habis meski baru saja diisi daya, lanjut ke solusi nomor 3.

3. Namun bila cara nomor 1 tidak mengatasi masalah, lanjutkan dengan melakukan soft reset atau mengembalikan setelan ke pengaturan awal (reset factory) untuk memastikan sistem yang tidak bermasalah dalam hal ini.
4. Apabila sesudah langkah nomor 2 dilakukan dan tidak membuahkan hasil, coba lakukan proses flashing ulang firmware gadget anda. Bila tidak mempunyai skill untuk melakukan flash ulang silahkan bawa ke seervice center untuk melakukannya.
5. Dan apabila cara ke 1 sampai ke-4 sudah tidak bisa mengatasi permasalahan diatas, maka perlu dilakukan pengecekan terhadap hardware yang berhubungan dengan keluar masuknya arus dari baterai.
Untuk yang satu ini tentunya tukang service yang sudah berpengalaman yang bisa melakukannya. Jangan coba-coba untuk membongkar ponsel dan otak-atik komponen didalamnya tanpa mengetahui Ilmunya agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah terhadap komponen lain.
Prosedur yang berurutan diatas bisa anda lakukan untuk memastikan penyebab ponsel anda yang mati tiba-tiba walaupun indikator baterai masih dianggap bisa menyuplai daya. Semoga ulasan Dunia android bisa bermanfaat dan silahkan layangkan pertanyaan di kolom komentar bila ada problem seputar dunia smartphone, terima kasih.

0 thoughts on “Cara Tepat Mengatasi Baterai Penuh Tapi HP tiba-tiba mati sendiri”

  1. Bila baterai masih baru atau tidak bermasalah maka sistem bisa menjadi penyebabnya…coba lakukan reset ponsel agar sistem kembali seperti settingan awal.. atau cara paling ampuh untuk memastikan apakah sistem atau hardware komponen yg trouble maka bisa dilakukan flashing firmware

    Reply
  2. Hp saya sony z3compact
    Pada malam hari kondisi batre masih 66% trus saya caz dalam keadaan on dan saya tinggal tidur. Pagi harinya tiba2 hp saya sudah mati total. Sempat saya lakukan hard reset ( tombol on + volume up ) sempat berfungsi tapi tidak lama sekitar 15 menit hp kembali mati total…mohon bantuannya..

    Reply
  3. bila dipastikan baterai masih normal dan sudah mencoba melakukan reset, masih ada kemungkinan file system corrupt atau rusak, coba lakukan flashing firmware, bila ternyata masih tetap masalahnya bisa dipasstikan ada pada hardware-nya yang kena

    Reply
  4. j500G saya masalah yg no 3 mas..
    reset vactory sudah, flash wirmware sudah, ganti baterai jg sdh.. tp masih aja dibawah 50% hp mati sendiri.. trus apa yg saya hrus lakukan lg ini mas?? trims

    Reply
  5. Mas hp saya samsung grand neo plus, batre hp saya misalkan 50% lg suka mati tibatiba dan gabisa dinyalain lg, pas di charger tiba2 0% padahal baterai masih baru, itu knpaa

    Reply
  6. umumnya penyebab ponsel mati sendiri walau baterai masih bagus dan kesalahan deteksi charging di layar bisa disebabkan sistem yang bermasalah atau memang hardware mengalami penurunan fungsi..
    coba dahulu charge menggunakan alat ces yang mempunyai ampere/daya lebih tinggi..
    bila tidak mengatasi masalah harus dilakukan flashing firmware terlebih dahulu sebelum melakukan pemeriksaan kmponen ponsel Samsung grand neo milik si mbak…

    Reply
  7. HP saya Advan i7
    Setiap kali saya menggunakan HP saya tiba² HP saya mati sendiri dan ketika dinyalakan lagi tidak bisa menyala.
    Padahal indikator batrenya 60%.
    Tetapi saya sambungkan dengan Charge'an saya dan ternyata nyala lagi tetapi indikator batrenya 95%.
    Saya jadi bingung dan setiap hari HP saya mati mendadak dan hanya bisa nyala klo disambungin charge'an.
    Dan anehnya lagi setiap mati dan disambungin charge'an pasti indikator batrenya nunjukin angka persen yg lebih dari pas mati HP nya.
    Mohon bantuannya gan 🙁

    Reply
  8. ada beberapa sebab mengapa ketika hanya ketika di charge hp bisa dinyalakan, bisa karena sistem yang bermasalah, kondisi baterai dan komponen dalam ponsel itu sendiri
    cara pengecekan pertama kali memang harus dilakukan pengecekan kondisi baterai, bila kondisi baterai bagus maka bisa dicoba melakukan reseet atau flashing ulang, dan bila gagal maka ada komponen dalam ponsel yang bermasalah dan butuh perbaikan

    Reply
  9. permisi om ? kendala hp saya suka restart sendiri, di bar status batre saya selalu full, tapi ketika saya menggunakan hp tersebut dalam beberapa jam suka restart sendiri, dan kalo udah hidup, batreinya jadi lemah .. itu gimana ya ?

    Reply
  10. dari pertanyaan mas yudha saya simpulkan kalau baterai ponsel sebenarnya masih bagus, itu terlihat dari pertanyaan yang Ponsel bisa digunakan setelah bberapa jam, kemudian ketika restart sendiri itu berarti bisa karena banyaknya aktifitas aplikasi dan banyak memakan RAM sehingga ponsel restart sendiri.
    Namun bila tidak benyak melakukan aktifitas aplikasi dan smartphone tetap restrt sendiri, bisa mencoba penyelesaian dengan melakukan recovery/reset ulang. bahkan bisa dicoba lakukan kalibrasi baterai dengan menggunakan aplikasi kalibrasi

    Reply
  11. Hp saya oppo joy 3 Udah dua tahun Umurnya
    Persentase Baterai HP saya masih 75% Terus mati sendiri Setelah di charge malah jadi 2% kalo di charge terus gk mati sendiri kalo dicabut terus dimainkan sebentar langsung mati lagi padahal persentase baterai masih di atas 50%
    Mohon pencerahannya gan

    Reply
  12. Hp samsung galaxy note 4 saya mengalami yg no 1. Padahal baru brli hitungan bulan.
    Saya kira bermasalah dg baterenya… saya kemudian mengganti batere dg yang baru, tapi ternyata permasalahan itu muncul lagi. Mohon bantuan… tks gan !!!

    Reply
  13. Apakah ponsel yang tiba-tiba mati di samsung Note 4 dalam kondisi menjalankan aplikasi tertentu ?, bila iya silahkan copot dahulu aplikasinya… cara kedua adalah coba lepas memori eksternal/MicroSD-nya bila ada, namun bila tidak menyelesaikan masalah coba lakukan factory reset terlebih dahulu dengan pertimangan baterai masih kondisi bagus dan maksimal daya serta kinerjanya

    Reply
  14. Misi gan
    Nyari ilmu juga,.hp Saya iphone 5 bila hp di cas semua berfungsi normal namun bila di cabut batrei langsung mati,.padahal waktu ngcas batrei cukup banyak dayanya,.itu terjadi setelah saya melakukan reset pabrik

    Reply
  15. sepertinya sistem di HP agan yang bermasalah, coba untuk opsi pertama kali coba lakukan kalibrasi baterai, bila tidak mengatasi masalah coba lakukan reset ulang HP agan..
    pertanyaannya, apakah ketika prosentase di HP menunjukkan 1 persen apakah ponsel mati atau masih kuat menyala terus ? bila iya berarti sistem sedang bermasalah

    Reply
  16. Mas numpang nanya, saya baca di suatu situs kalau batre hape yg tinggal 25% lalu tiba2 mati dan jadi 0% harus di kalibrasi yah, nah sebaiknya bagus dilakukan kalibrasi atau rooting aja mas yah? Soalnya beterai tidak memiliki cacat fisik seperti kembung,lecet, dll.

    Reply
  17. memang cara pertama bisa dicoba dengan melakukan kalibrasi ulang terhadap baterai, walaupun kondisi fisik terlihat normal seperti tidak kembung namun kita tidak tahu proses yang terjadi di dalam sel-sel baterai. Begitu pula proses kalibrasi bukan hanya menyangkut fisik baterai namun juga melakukan 'matching' atau pencocokan kinerja dan pembacaan di sistem android.

    Reply
  18. Mohon bantuannya pak, segera.
    Kronologi: Saat sedang bekerja dan saya lagi asik foto2 buat dokumentasi. tiba-tiba hape restart sendiri, batrei masih 70%.
    Saya copot batrei, pasang lagi. saya restar lagi, sempet nyala sebentar 10 detiklah, terus restar lg. Aku flashing ROM nya, sudah seperti baru. Masih sama saja, selalu restart. ternyata si hape tidak restart kalau sambil dicolok charger atau PB atau PC.

    Nah kalau seperti ini kira2 apanya? Apakah dari IC hardwarenya? Atau dari batrei? Kalau sistem tidak masalah, lha sudah diflash sudah bisa(restart kalau tidak dicolok listrik).

    Kondisi batrei di layar Full 100%, kondisi fisik batrei sudah mlembung parah.

    Mohon bisa kirim balasan lewat email ya pak : [email protected]

    Reply
  19. Oh, begitu ya pak. kemungkinan besar memang terdapat pada batrei yang sudah waktunya diganti ya. oke lah, terima kasih atas pencerahannya. langsung saja saya ke seller yg jual batrei.

    Reply
  20. kalau baterai tanam diganti dengan baterai yang dobel power kadang pembaca baterai tidak bisa lagi membaca jumlah isi baterai kadang bisa 0% terus sistem akan mematiakna hp secara otomatis habis itu langsung di hidupkan dan ternyata baterai masih 40% nah itu cara memperbaikinya gimana ya…hp ane zen 2 ….

    Reply
  21. Sip, ternyata memang batrei yang harus ganti. setelah saya beli batrei baru, hape saya normal kembali.

    Catatan buat tmn2 pengguna hape:
    batrei umur 2 tahun lebih, penggunaan hape tergolong sadis karna batrei dicas masih dipakai terus untuk main game/internetan. Karna itulah batrei hape saya mlembung dan sudah waktunya ganti.

    Reply
  22. malam mas , saya punya masalah dengan HP Lenovo A2010 saya , pertama beli bagus karna digunakan berlebihan jadi sampai membesar batrenya sampai" mati sendiri dan gak bisa di hidupkan kembali , setelah ku beli batre baru bisa nyala lagi tapi kadang mati dan habis batre itu knp ya mas

    Reply
  23. coba cek dahulu kondisi baterainya, bila masih bagus dan setelah dilakukan reset ulang masih tiba-tiba mati sendiri bisa dilakukan flashing ulang. Dan setelah flashing nantinya tidak menyelesaikan masalah maka ada kemungkinan hardware yang kena

    Reply
  24. Gan saya mau tanya hp saya acer z520, hp saya itu sering mati sendiri padahal baterai masih banyak, terus kalau dinyalahkan lagi gak nyalah, harus sambil di charger baru mau nyalah, itu apanya ya gan baterainya apa hp nya, mohon infonya.

    Reply
  25. Saya punya hp smartfrent ketika di cash itu sudah ada tulisanya 100%
    Tapi saat diyalakan hp nya itu gg bisa diyalakan cuma muncul merknya aja .kayak gg bisa ngangkat gitu
    .itu gimna nya..??

    Reply
  26. Gan hp saya andromax L kendalanya batre bagus full dihidupin ok tapi tampilan batre dilayar menunya tanda seru (kosong) coba pake batre lain tetep gan..solusinya donk gan.tanks

    Reply
  27. kasus umumnya ada kesalahan pada pembacaan status baterai di layar di sistem…coba lakukan recovery reset apabila memang diperlukan agar sistem kembali pulih dan bisa menampilkan baterai status bar di layar dengan tepat..

    Reply
  28. kak hp saya asus zenfone 4 pro dan itu baru beli ga nyampe 2 minggu tbtb hp mati sendiri pdhl battery masih cukup banyak, tp saat direstart hidup kembali. itu bermasalah dimananya ya kak? apakah harus segara di perbaiki atau tidak?

    Reply
  29. Ponsel tiba-tiba mati sendiri bisa bermacam sebabnya mbak, salah satunya beban aplikasi yang berjalan terlalu berat, memori internal sudah minim, prosesor panas, baterai yang bermasalah atau bisa juga sistem yang berasalah. untuk kasus ponsel zenfone mbak yang tiba-tiba off sendiri dan yakin baterai masih bagus silahkan lakukan reset ke pengaturan default agar sistem kembali fresh ke setting bawaan pabrik… bila tidak mengatasi masalah bisa dilakukan flashing untuk memastikan apakah siste atau hardwarenya yang bermasalah

    Reply
  30. Bg HP saya xiaomi redmi note 2 , btre asli saya udh bcor trs saya banti btre baru.udh normal lagi dan gak cpt low,tp knpa semenjak saya ganti btre baru hp saya sering sekali mati tiba2 pas saya lg menggunakannya? Pdhl presentase btrenya msih 70% ? Itu dmna kesalahannya ya mas? Solusinya gmna? Tlg dijawab mas trimakasih

    Reply
  31. apakah baterai yang mbak beli tipe original atau yang tipe dibawahnya ?, silahkan cek berapa ampere baterai yang baru dibeli, bila ternyata baterai memang berkualitas bagus dan terjadi proses mati sendiri padda ponsel padahal di layar terlihat prosentase masih banyak maka bisa dilakukan kalibrasi baterai dengan memanfaatkan aplikasi kalibrasi. atau coba lakukan kalibrasi baterai secara manual, caranya biarkan daya sampai habis dan HP mati sendiri, kemudian charge sampai penuh (jangan dinyalakan).
    Kemudian nyalakan dan gunakan sampai habis lagi dan posisi mati silahkan charge sampai penuh..lakukan sampai 3 kali..
    bila tidak mengatasi masalah bisa saja terjadi kesalahan sistem atau hardware ponsel yng sudah menurun kinerjanya.

    Reply
  32. hp saya advan i5e ketika batre 40% dia bakalan langsung menjadi 0% dan ketika saya mencoba mencharge batre sampe 15% dia masih kuat sampe 3 jam pemakaian nonton Youtube tapi ketika di charge sampe 100% dia bakalan mati di 40% itu kenapa ya?

    Reply
  33. Mas hp saya advan i5e … Klo d cas mulai dari angka 40 sampai ke 100 itu cepet banget … Dan pada saat d pakai btre masih 60% itu langsung menjadi 0% kira2 masalahnya di mana ?? Btre sya btre tanam jdi bngung

    Reply
  34. Kebanyakan smartphone bila baterai sudah menurun kinerjanya akan menyebabkan trouble seperti yang agan ceritakan yaitu dicharge gampang penuh namun bila dipakai langsung drop..
    Karena tipe baterai tanam maka casing penutup baterai harus dibuka dahulu untuk dilakukan pengecekan baterai dengan mengukur tegangan dan arusnya menggunakan multimeter… jadi intinya baterai harus dicek dahulu sebelum menentukan penyebab lain seperti hardware dan juga sistem yg bermasalah

    Reply
  35. Pak. Hp saya oppo find7a. Kalo misalny data idup wlpun btre 96% suka mati sendiri lalu booting dilogo trus mati. Pas dicas udah tinggal 0%. Tpi klo paket data mati batrrnya awet. Itu knapa ya. Mohon solusiny

    Reply
  36. Penggunaan paket data memang membutuhkan daya besar apalagi untuk menangkap signal 3g atau 4G. dan untuk memastikannya tidak bisa langsung menunjuk satu penyebab. jadi coba dahulu cek kondisi baterai, bila yakin baterai masih bagus dan belum lama belinya cek dahulu apakah signal selular bagus atau tidak, bila bagus maka jalan terbaik adalah melakukan reset ke pengaturan awal pada pnsel agar tahu apakah sistem bermasalah atau tidak.
    Bisa juga penyebabnya adalah komponen di dalam HP dan untuk memastikan komponen jalur yang mana yang rusak tentunya memerlukan bantuan tukang service di sekitar anda….

    Reply
  37. Kebanyakan kasusnya disebabkan pada perangkat baterai yg sudah menurun fungsinya.. namum bila yakin atau baterai masih baru dan prosentase tidak presisi atau gampang mati maka solusi pertama yaitu melalukan recovery sistem atau lakukan flashing. Bila tidak mengatasi masalah maka ada kemungkinan kerusakan pada IC hardware ponsel

    Reply
  38. Mas pas hp aku baru aku cas dan presentasenya udh 100% , trus hbis itu aku tinggal gk lama kemudian presentase baterainya tinggal 90%, itu masalahnya knp ya mas padahal aku baru beli, mohon petunjuknya

    Reply
  39. Sebenarny normal bila prosentase baterai hanya turun sekian persen disebabkan adany kinerja sistem… namun bila kondisi di charge dan malah turun prosentasenya dan terus menurun coba dahulu dengan melakukan charging posisi ponsel mati…
    Bila tidak lekas full alias lama banget silahkan coba dengan alat charge lain yg punya ampere lebih besar.. coba dahulu ya…

    Reply
  40. mas saya mau tanyak hp saya s4 hp saya klo data mati bisa bertahan sampai 6 jam lebih buat liat film bisa lama tapi kalo dalam ke.adan data hidup buka apliksi bbm .w.a tiba mati dan batrai trun dari 70% ke 0% tapi kalo di cas lagi btrai kembali ke 70% itu yg bermsalah btrainya apa hpnya terimakasih tolong jawab ..soalnya bingung mau beli btrai tapi btrainya gak mlembung

    Reply
  41. kemungkinan pertama memang adda pada sisi baterainya yang bermasalah walau fisiknya tidak melembung.
    Perlu diketahui bahwa sambungan data Internet memerlukan asupan daya yang tinggi apalagi kalau signal minim.
    Bila yakin baterai masih sehat dan cepat habis ketika menyalakan data internet bisa juga karena sistem bermasalah, bisa mencoba melakukan reset dahulu atau langsung bisa melakukan recovery reset.

    Reply
  42. Habis ganti batrei tanam double power, indikator stuck di 20% atau 100%, klo di cas tetep ngisi,indikator tampilan g berubah. Cara atasinya gmn?? Sdh d kalibrasi tetep saja

    Reply
  43. minta bantuannya dong, hp sy xiaomi redmi note 5a, kurang dr sebulan udh mati. Awalnya kan sy charge smpe penuh (charge.nya nggak semalaman kok, pling 2jam.an), nah seharian hape itu sy bawa kerja tp nggak saya pake, pulangnya (tumben) baterai msh 100%, pdhal biasanya mski nggk dipake daya tetep berkurang. Malemnya, hape mati dan lampu kedip2 (kya kalo lowbat gitu)..terus sy charge kan, disitu tertulis kalau baterai penuh, pas saya cabut ternyata gak bisa nyala. Jadilah sy anggap baterai abis kan, trus dicharge smpe sy rasa udah pnuh. Alhasil bisa dinyalain, tapi malam berikutnya kya gitu lagi. Krn kesal sy diemin tuh hape. Paginya, daya malah jadi 0%, pas sy charge (dlm keadaan mati) cuma lampu led yg nyala tp daya nggk nambah. Tp klu dinyalain nggk ada notifikasi charging. Plus kalau dicopot chargernya lgs mati. Itu gimana ya? Mana sekarang mau dicharger atau enggk, udh gak bisa nyala. Saya udah coba factory reset nggak ngaruh, dan yg pasti itu bukan chargernya yg rusak. Mohon bantuannya

    Reply
  44. Coba dahulu dengan alat charge dari ponsel lain (bisa pinjam teman), bila ternyata tidak juga mengatasi masalah dan ponsel tidak bisa booting ketika dinyalakan, bisa ada kemungkinan kerusakan pada hardware maupun sistemnya.
    Lngkah paling tepat apabila ponsel masih kondisi baru (masih 5 bulan) dan masih masa garansi silahkan bawa ke service center REDMI terdekat dan tentunya akan gratis biaya.

    Reply
  45. Hp saya redmi note 2… Hp saya cas keadaan hidup. Setelah full 100% hp mati sendiri. Tapi masih bisa di hidup kan lagi dan bekerja dengan normal.. Masalah nya saat cass ke 100% hp ny mati sendiri. Tolong pencerahan nya master

    Reply
  46. Untuk hp yg tiba-tiba restart sendiri ada bberapa sebab..bisa RAM kapasitasnya penuh,ruang penyimpanan sudah minim,sistem bermasalah dan juga bisa karena baterai..bila baterai dirasa masih bagus coba lakukan reset factory atau recovery reset .. atau bisa dicoba dahulu membersihkan cache arau file sampah yg ada dan memberatkan sistem.. ada kok caranya di artikel kami silahkan cari via tombol sitemap ya..banyak tips HP tiba2 restart

    Reply
  47. Hp saya Xperia z3+ posisi hp batre penuh tapi waktu digunain 5 menit,atau panas sedikit udah langsung mati,dan waktu dihidupkan ulang mentok di Sony saja,tapi klo udah beberapa menit dan udah diinginkan hp nya bisa di hidupkan lagi….itu masalahnya dimana ya?batre atau ic nya?

    Reply
  48. Hp saya haier leasure L7 tapi akhir akhir ini jika saya lepas charge dari pengisian selalu ngehang mati sendiri.. Pas di hidupkan tanpa charger ada pemberitahuan bahwa battery habis sampai nol,padahal jelas jelas persentasenya masih 93 persen.. Pas saya hidupkan dengan charger biasa saja hidup,dan beroperasi seperti normal,itu kenapa ya kak please bantuinn…

    Reply
  49. Mohon dibantu gan
    Hp saya redmi 2

    Saya mempunyai masalah yaitu hp saya mati tiba" saat siang hari,kemdian sy coba menyalakannya kembali tetapi hanya restart terus menerus,ketika sy colokkan pd chargeran dia menyala dan berjalan dgn normal ttp indikator batre tdk naik sama sekali,pas sy cabut dia kembali mati dan coba sy nyalakan kembali,dia tetap restart terus menerus
    Mohon bantuannya gan 🙂

    Reply
  50. Untuk yang HP dengan baterai tempel atau tanam yang sulit untuk di charge coba lakukan pengisian daya dengan alat ces yang punya ampere lebih tinggi supaya kekuatan arus masuk bisa maksimal.
    Bila kejadian tiba-tiba baterai habis setelah charge kemungkinan besar baterai sudah menurun kualitasnya dan minta pergantian baterai baru

    Reply
  51. Hp saya terkadang mati sendiri terus susah hidup nya bisa hidup kembali kalau batre nya di cabut terus di biarin sekitar 15 menit pasang kembali baru bisa hidup lagi kira kira apanya yah mas

    Reply
  52. Hp saya sering terestar sendiri. Kalau di main sambil di cas normal tidak restar sndri. Tapi kalau chasnya di cabut hp tiba2 mati terestar terus menurus cman nyala smpai logo hbis tu mati lagi hidup lgi smpai logo, mti lagi gtu terus. Smpai saya psang casnya baru bisa di pakai.
    Apakh itu batrainya ? Atau ada krusakan lain

    Reply
  53. Hp punya saya sudah 100% tapi pas di pakai kurang 2 menit sudah jadi 90% padahal cuma buka browser saja. Pas di cek di setelan baterai, sisanya tinggal 45 menit padahal masih 90%, sempet panik karena kemarin-kemarin tinggal 4-6 jam. Pas coba saya restart hp nya, semua kembali normal. Apa penyebabnya ya min? Hpnya juga masih baru dan kapasitas baterainya 2450mAh

    Reply
  54. Umumya permasalahan baterai HP (kondisi baru) dan cepat menurun kapasitas dayanya bisa diakibatkan banyaknya aplikasi yang aktif di background, sinyal yang kurang bagus/tidak stabil serta penggunaan data internet 3G/4G..
    Jadi periksa dahulu beberapa aplikasi yang jarang dipakai dan aktif di background untuk dinonaktifkan terlebih dahulu.

    Reply
  55. Tolong bantuannya. HP saya Himax H Classic.
    Kok baterai HP saya di cas cuma stop di 30% gak nambah-nambah, padahal baterai baru beli . Mohon masukannya

    Reply
  56. mas hp saya samsung a3 2016, batre tanam kan ya? nah hp saya kalo sedang tidak dipakai suka ngerestar sendiri mas. sudah saya reset data pabrik tapi tetep aja. ini gimana mas caranya?

    Reply
  57. Coba colokkan pada alat charge, bila ternyata ponsel samsungnya tidak restart lagi berarti baterai yang sudah menurun kualitasnya. Namun bila ternyata saat dicolokkan ke alat charge tetap saja restart sendiri, harus dicoba melakukan flashing ulang (bukan hanya reset)

    Reply
  58. Ane Udah Factory Reset Hp Tapi Kalo Batre 50% kebawah suka mati sendiri,pas ane cek batre tenyata batre hp ane kembung,apa penyebab nya batre ya bang? Trus ane harus lakuin apa bang? Soalnya ane kesel banget setiap maen hp lagi seru seruu nya terus mati sendiri dahh

    Reply
  59. min, ane punya tablet mito t81 baru ane ganti batre baru, awal ane nyalain nyala normal, tp pas ane matiin tablet dan ane nyalain ga mau nyala lg.. sebelum ane ganti batre baru jg masalahnya gtu, kira2 apanya ya min?

    Reply

Leave a Comment