Apa Efek menghapus folder Thumbnail di android ?

Apa Efek menghapus folder Thumbnail di android dan apa sebenarnya fungsi dari Thumbnail itu sebenarnya ?. Nah, kali ini Admin Dunia android akan membahas khusus tentang cuplikan gambar kecil atau yang sering disebut thumbnail. Dimana banyak para pengguna android yang belum tahu apa itu thumbnail, apa kegunaannya, apa efeknya bagi ruang penyimpanan dan apakah aman untuk dihapus ?, mari simak ulasannya di bawah ini.
efek hapus folder thumbnail
Thumbnail sudah biasa digunakan penyebutannya sejak jamannya Komputer yang sudah berbasis User Friendly dari beberapa tahun dahulu. Thumbnail sendiri biasa dianalogikan sebagai ukuran gambar yang dioptimasi sedemikian rupa untuk keperluan Penampil image di layar. Gambar yang berukuran besar bisa diperkecil sedemikian rupa ukurannya agar bisa ditampilkan sebanyak mungkin di layar untuk beberapa image sekaligus.
Jadi fungsi thumbnail sebenarnya bisa anda lihat ketika melakukan preview singkat atas gambar yang tertangkap kamera ataupun bisa juga untuk menampilkan seluruh gambar berukuran besar dengan ukuran yang lebih kecil namun masih bisa terlihat oleh pandangan manusia.
Contoh Thumbnail sederhana di smartphone yaitu ketika anda membuka Galeri ponsel, disana akan tampak deretan image kecil (bisa seukuran layar smartphone) namun tidak menggambarkan ukuran pixel yang sebenarnya. Bila anda masih bingung, saya beri contoh sedderhana, ketika anda melakukan editing gambar dengan resolusi besar di layar komputer dan hasilnya anda simpan ke ponsel, nantinya image yang ditampilkan akan menyesuaikan ukuran layar bahkan bisa diperkecil sesuai mode yang digunakan dalam menampilkan sebuah image. Itulah yang disebut Thumbnail.
Lalu apa sebenarnya fungsi Thumbnail sehingga smartphone seperti Android juga memasang fungsi ini pasa sistemnya ? Jawabanya adalah :

1. Sebagai penampil image yang diperkecil sedemikian rupa agar supaya user mudah menavigasi seluruh gambar yang ada. ( contohnya di galeri ponsel )
2. Mempercepat proses image view (penampakan gambar), karena dengan adanya file thumbnail yang tercipta seccara otomatis di penyimpanan bisa mempercepat kinerja penampil gambar untuk disajikan kepada pengguna smartphone.
Kemudian pertanyaan selanjutnya, apakah yang terjadi (efek) terhadap memori (media penyimpanan) ketika file thumbnail itu tleah tercipta di folder memori ?
1. Efek atau akibat dari bertumpuk dan bertambahnya file thumbnail (thumbdata) pada memori adalah semakin mempersempit ruang penyimpanan. secara sederhana bisa digambarkan bila anda punya 1 image maka akan tercipta 1 image thumbdata pula di folder thumbnail.
2. Karena semakin banyak image yang anda simpan maka secara otomatis pula file thumbdata akan membuat data di folder khusus thumbnail sehingga akan memberatkan kinerja Processor dan sistem dalam melakukan index data.
3. Memperlambat proses loading image ketika sudah terlalu banyak image yang anda simpan. Logika sederhananya. semakin banyak image maka sejajar dengan banyaknya thumbdata yang tercipta. 




Dan yang terakhir, apakah bisa file di dalam folder thumbnail dihapus dan apa efeknya ?
1. Anda bisa menghapus semua file thumbdata di folder thumbnail dengan aman.
2. anda akan mempunyai banyak space yang bertambah ketika data thumbnail telah terhapus.
3. Karena Thumbnail data bisa disebut juga sebagai cache atau bisa saya bilang sebagai file sampah maka lebih baik hapus saja seluruh file yang ada di folder Thumbnail.
Efek yang terjadi ?
1. Karena file thumbdata terhapus, nantinya ketika anda membuka galeri akan tampak seperti halaman kosong. Tapi jangan khawatir, itu hanya sementara saja. Sistem akan melakukan index file gambar ulang dan akan tampak seperti sedia kala.
2. sistem di ponsel anda akan semakin cepat kinerjanya dan enteng untuk dijalankan.
3. Space memori bertambah dan anda akan merasakan perbedaan yang sangat signifikan ukuran space penyimpanan sebelum dan sesudah anda mendelete file thumbdata di folder Thumbnail.
Kesimpulannya, jangan khawatir apabila anda ingin menghapus file thumbnail dan yang lebih menggembirakan lagi ruang penyimpanan anda akan bertambah space kosong yang tersedia. Semoga tips diatas bermanfaat untuk pembaca dunia android dan jangan sungkan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah postingan ini ya…

0 thoughts on “Apa Efek menghapus folder Thumbnail di android ?”

  1. Nantinya setelah agan membuka galeri akan tercipta thumbnail baru dan tidak akan seketika..
    Coba saja agan melihat lihat umpama foto di galeri dan coba buka beberapa foto… Walau tadinya sudah dihapus file thumbnail maka akan tercipta file lagi yang gunanya untuk mempercepat pemuatan gambar ketika nanti ingin dilihat kembali…

    Reply
  2. Kang…
    Ini sy baru saja menghapus seluruh data di folder thumbnail yg bermuatan 11 GB. Namun setelah saya hapus, kok used memory nya msh banyak ya kang. Ada solusi atau informasi lbh lanjut kah?

    Reply
  3. Menghapus file thumbnail tidak akan menghapus file asli seperti jepretan foto selfie dan foto yang lainnya.. Nantinya proses index thumbnail akan kembali seperti semula.. aman kok mbak 🙂

    Reply
  4. Cara buka file thumbnail gampang kok, buka melalui aplikasi manajer file bawaan android, kemudian di folder DCIM ada folder namanya .thumbnail , nah disitu kita bisa melihat isi filenya sekaligus menghapusnya juga bisa

    Reply
  5. jumlah file tumbnail ku kan 2gb. pas udah di hps knpa ga berkurang kapasitas internal nya gan ?
    terus hpus file cache nya dimana ? atau di aplikasi yg di instal seperti uc cache nya di hapus terus bakal ilang ? tolong di repli

    Reply
  6. pastinya setelah menghapus file atau folder thumbnail memori bebasnya akan bertambah. Begitu juga bila menghapus cache untuk aplikasi juga bisa menambah ruang kosong memori tanpa berddampak pada jalannya aplikasi.

    Reply

Leave a Comment