5 Fungsi Kamera Ponsel selain Untuk Selfie yang jarang digunakan

Bagi yang suka Selfie tentu Kamera Smartphone saat ini sudah sangat menjanjikan untuk membidik target. Namun Bicara tentang Kamera di Ponsel, mungkin yang terbayang di benak para pengguna gadget rata-rata adalah berfungsi untuk mengambil gambar ataupun menyimpan hasil gerakan Video. Nah, ada saatnya kita harus tahu apa saja fungsi kamera Ponsel selain untuk selfie dan merekam video yang patut diketahui. Simak yuk…
selfie kamera

5 Fungsi Lain kamera Ponsel selain mengabadikan Gambar :
1. Alat Translate atau Penerjemah
Tahukah anda Bila Lensa kamera Ponsel pintar saat ini bisa difungsikan sebagai alat penerjemah ?. Inilah hebatnya smartphone android, Contohnya bila anda melihat ada suatu barang atau kemasan yang ada tulisan bahasa Asing misalnya Inggris atau China, atau mungkin bahasa Lain dari belahan negara yang anda tidak mengetahui arti katanya, Kamera Ponsel anda siap digunakan untuk menerjemahkan kata tersebut dengan mudah.
kamera penerjemah
Di dalam aplikasi google translate tersedia fitur untuk menerjemahkan tulisan dari bidikan gambar. Misalnya ada bungkus produk yang bertuliskan kalimat atau kata berbahasa Inggris dan anda ingin tahu apa artinya, silahkan sorot ke benda tersebut tepat pada bingkai yang tertera di ponsel anda, Mulailah menyorot kata yang ingin ditranslate dan seketika itu pula Google akan melakukan tugasnya mendeteksi setiap Pixel gambar dan menerjemahkan kata tersebut ke dalam bahasa yang anda pilih sebelumnya.
2. Mencari Informasi Gambar dari Benda nyata.
search image google
Maksudnya adalah ketika ada suatu benda yang ingin anda ketahui Informasinya maka dengan membidik atau menjepret benda tersebut maka Google akan memberitahu anda apa definisi dari gambar yang anda maksud. Contoh anda mempunyai kartu Tanda Penduduk atau KTP, dengan menjepret seluruh Bodi KTP dengan kamera lalu mengunggahnya ke search engine Google nantinya mesin pencari akan memberi penjelasan hasil pencarian tentang benda apakah yang anda foto tersebut.
3. Kacamata Keadaan Darurat
kacamata kamera
Bila anda termasuk pengguna Smartphone yang mempunyai kelemahan dalam penglihatan seperti Minus atau Plus tentu ketinggalan kacamata disaat ingin membaca buku menjadi masalah yang serius.
Namun dengan adanya smartphone di kantong, hal ini tidak akan pernah menjadi problem ketika kacamata anda ketinggalan dirumah. Gunakan Ponsel Pintar sobat untuk melakukan aksi layaknya kacamata nyata. Hanya berbekal kamera yang dinyalakan maka anda akan bisa melihat dengan jelas tulisan di buku sesuai dengan tingkat perbesaran yang anda inginkan.

4. Sebagai Scanner (Duplikasi)
scanner image
Nah, untuk funsi lain dari Kamera yang sering terlupakan oleh user Ponsel pintar adalah berfungsinya kamera untuk alat Scanner Dokumen yang anda inginkan. Contoh, bila anda ingin sekali mempunyai Soft Copy dari buku mahal milik teman ddan anda belum mampu untuk membelinya maka kamera smartphone bisa membantu permasalahan dengan melakukan duplikasi seluruh halaman buku berbekal jepretan kamera dengan resolusi yang tinggi pula.
5. Scanner BarCode atau QR Code
QR CODE
Anda tentu sering melihat addanya kode batang atau kode Quarter berbentuk bintik-bintik kecil yang biasa disebut sebagai BarCode atau QR Code bukan ?, nah disinilah kehebatan kamera yang ada di ponsel pintar. Dengan aplikasi pembaca code yang sudah banyak beredar di market aplikasi anda bisa dengan mudah menerjemahkan atau bahkan membuat kode batang tersebut dari ponsel anda.
Wah, tidak disangka ternyata banyak juga ya fungsi kamera ponsel selain untuk aksi Selfie ?, Mungkin setelah membaca artikel Dunia Android ini ada pembaca yang ingin mempraktekkan beberapa fungsi lain kamera…hehe.

Leave a Comment