Cara ganti Baterai tablet Galaxy Note 8 GT-N5100

Ponsel pintar dengan sistem baterai Non Removable memang sering menjadi kendala ketika pemilik ingin mengganti baterai di ponselnya. Seperti halnya pada Tablet Samsung Galaxy Note 8 GT-N5100 yang ingin saya bahas kali ini. Dimana ketika ada gejala baterai drop atau baterai sering habis maka jalan satu-satunya adalah menggantinya dengan yang baru agar tablet pintar tersebut bisa dipergunakan kembali.
Cara ganti Baterai tablet Galaxy Note 8 GT-N5100

Bicara mengenai cara mengganti baterai di tablet galaxy GT-N5100 tidak semua pemilik ponsel besar tersebut bisa melakukannya. Tidak hanya karena model penggunaan baterainya yang berjenis Non Removable namun juga dari segi bukaan cassing belakangnya tidak semudah yang dibayangkan walau tanpa memutar baut/skrup satupun.

yang perlu diketahui, baterai Non-Removable milik samsung Note 8 berjenis Li-ion 4600mAh. Dimana sekarang ini banyak beredar baterai Double power yang bisa memperpanjang masa hidup baterai dari standartnya. Namun admin Dunia android menyarankan bagi pemilik samsung GT-5100 yang sedang bermasalah dengan baterainya untuk menggantinya dengan yang original agar lebih aman dan awet tentunya.
Kali ini Dunia android akan membagi pengalaman tentang cara mengganti baterai samsung galaxy Note 8.0 GT-5100, yang mana saya berasumsi kalau anda (pemilik) tablet pintar tersebut tidak mau ke service center dengan alasan ingin hemat biaya, tambah pengalaman atau alasan yang lainnya. Toh caranya tidak serumit yang anda bayangkan asal punya kemauan dan ingin tambah ilmu saja, siapa tahu bisa jadi tukang service ponsel nantinya..hehe.
Apa saja yang perlu disiapkan untuk memulai proses penggantian baterai galaxy Note GT-5100 ?
1. Siapkan obeng plus kecil, bila anda tidak punya bisa beli atau pinjam di teman yang suka bongkar pasang HP.
2. Baterai NOn Removable baru li-ion 4600mAh

3. pencongkel cassing, kalau tidak ada bisa memakai bekas kartu simcard. ingat, jangan yang berbahan logam agar nantinya pencongkel tidak merusak atau menggores bodi ponsel kesayangan anda.
4. tablet samsung yang ingin dibongkar ( ya tentu dong harus ada..hehe)
Nah, bila peralatan diatas sudah siap, sekarang waktunya untuk praktek langsung. Harap diingat, jangan terburu-buru dan tenang agar sukses bongkar pasangnya.

Cara membuka dan mengganti baterai tablet galaxy Note 8.0 :

1. Silahkan copot stylus yang menancap di tablet.
2. sekarang tugas anda adalah mencongkel dari titik awal lubang stylus tersebut, lakukan sedikit demi sedikit.
Baterai tablet Galaxy Note 8 GT-N5100
3. tenang saja, memang terasa rapat antara cassing dan body ketika dilakukan pencongkelan karena pengaitnya hanya berupa kait-kait kecil yang menyatu di penutupnya. Agar lebih mudah mencongkelnya, lakukan dengan cara menggeser sedikit demi sedikit sampai keluar suara klik yang berarti pengaitnya sudah lepas satu persatu.
4. Bila penutup belakang sudah terlepas, sekarang tiba waktunya untuk mencopot baterai yang masih terikat oleh skrup di sisi-sisinya.
5. Lepaskan 8 skrup kecil yang mengait baterai, sisishkan dahulu skrup ke tempat yang aman agar tidak hilang.
BATERAI NON REMOVABLE TABLET
6. Setelah semua pengait baterai galaxy Note 8 lepas, silahkan copot kabel penghubung baterai yang nmenancap di mainboard tablet. Lakukan dengan cara mencongkel perlahan dari sisi samping menggunakan obeng kecil sampai terlepas. Ingat, jangan ditarik paksa agar tidak rusak socketnya.
BATERAI NON REMOVABLE TABLET GT N5100
7. Nah, Pasang baterai nonRemovable yang baru, lakukan penyekrupan dan pasang kembali konektor baterainya.
8. Jangan keburu ditutup dahulu cassingnya. Coba nyalakan atau lakukan charge (pengisian), bila sukses maka langkah terakhir adalah menutup kembali casssing belakang tablet.
9. agar mudah menutup kembali cassing tablet, lakukan dengan salah satu sisi terlebih dulu kemudian tekan sampai terdengar suara klik. Bila sudah tekan dengan bertahap persisi sampai tertutup sempurna.
Bagaimana, mudah bukan cara mengganti baterai galaxy Note 8 beserta cara membongkar cover belakangnya ?, semoga tips admin Dunia android diatas bermanfaat buat pembaca semua.

Leave a Comment