Cara menjaga Sinyal Ponsel tetap Stabil ketika digunakan

Sinyal Ponsel yang bagus dan stabil tentunya sangat berpengaruh terhadap semua aspek kinerja baterai, kualitas suara penggilan dan juga kecepatan transfer data Internet. Sinyal yang cenderung naik turun dan tidak stabil membuat penggunanya selalu mencari jalan alternatif lain seperti mengganti kartu simcard dengan kartu dari operator lain bila hal tersebut terus berlanjut berulangkali.
kualitas sinyal naik turun

Kualitas sinyal juga dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti kualitas ponsel, cuaca, bangunan sekitar maupun kualitas jaringan operator selular itu sendiri. Kualitas hardware dari perangkat selular terkini atau smartphone berpengaruh banyak terhadap tangkapan sinyal yang dihasilkan. Bukan suatu alasan yang dibuat-buat bila harga sebuah ponsel pintar yang mahal tentu akan membawa properti hardware yang baik pula.

Operator selular yang dalam hal ini antena pemancar (BTS) di sekitar kita juga sangat berpengaruh terhadap kualitas tangkapan sinyal yang dihasilkan. Banyaknya gedung-gedung tinggi dengan bahan meterial cor Beton juga tak luput dari penyebab kegagalan tangkapan sinyal di ponsel.
Nah, dari beberapa sebab yang saya sampaikan diatas bisa menjadi bahan acuan untuk selidik apa sebenarnya penyebab ketidak stabilan sinyal ponsel yang diterima. Namun bila anda beranggapan bahwa smartphone masih bagus, harga juga tidak murahan, tidak jauh dengan BTS atau antena pemancar operator selular dan tidak banyak gedung atau bangunan yang menghalangi penerimaan sinyal di smartphone anda maka ketika anda merasa sinyal tidak stabil dan cenderung naik turun ketika digunakan maka ada tips jitu yang bisa anda praktekkan seperti di bawah ini.

1. Ketika dalam posisi melakukan atau menerima panggilan jangan pastikan tempat anda duduk atau berdiri tidak berganti-ganti posisi. Anda mungkin pernah merasakan adanya penurunan kualitaas suara telepone ketika menerima panggilan padahal masih dalam satu tempat misalnya yang tadinya anda berada di beranda lalu masuk ke kamar rumah dan akibatnya siyal menurun drastis disertai kualitas suara yang buruk. Jadi tempat anda berada menentuka tangkapan sinyal yang bagus.
2. Bila ingin mendapat siyall stabil ketika berselancar internet atau melakukan panggilan jangan terlalu meggenggam bodi ponsel secara keseluruhan. Mengapa ? karena penala tranmisi akan sedikit terhambat oleh genggaman tangan di bodi ponsel. Sebisa mungkin peganglah separuh bodi posnsel dalam kondisi aman dari jatuh agar sinyal tetap stabil dan tidak cenderung naik turun.
3. Biasakan menggunakan headset ketika menerima atau melakukan panggilan, karena selama anda tidak menggunakan headset cenderung menggenggam seluruh bodi ponsel da menurunkan kualitas sinyal.
4. Jangan berdekatan dengan perangkat elektronik yang sedang menyala seperti Televisi. Walaupun gelombang yang dihasilkan tidak sejajar namun bisa dalam beberapa kasus bisa menyebabkan interferensi signal antara kedua perangkat.
5. Perhatikan pembungkus bodi ponsel anda (wallet), jangan terlalu tebal dengan bahan yang didalamnya ada sisipa lempengan besi sebagai penguat penutup ponsel.
Dari beberapa tips sederhana diatas mungkin bisa menjadi baha rujukan untuk selalu menjaga kualitas sinyal di posel tetap bagus. Mungkin pembaca mempunyai tips lai yang bisa dibagi ?, silahkan tulis tips anda di kolom komentar di bawah artikel ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Leave a Comment