Cara mudah kembalikan Obrolan terhapus di Whatsapp

Anda pengguna whatsapp mungkin pernah suatu ketika menghapus isi chattingan dan ternyata isi obrolan tersebut sangat berarti bagi anda. Nah tentu dengan kejadian tersebut ingin sekali mengembalikan isi obrolan yang mungkin sangat berarti bagi anda. Pertanyaannya, bisakah obrolan di whatsapp yang sudah terlanjur dihapus bisa dikembalikan lagi seperti semula ?, jawabannya tentu bisa. Benarkah bisa dikembalikan ?, tidak percaya ?, simak syarat dan caranya di bawah ini yuk.
Di aplikasi whatsapp sendiri sebenarnya telah menyimpan segala aktifitas obrolan anda sekitar 8 hari sebelumnya. maksudnya, whatsapp akan secara otomatis, tanpa campur tangan penggunanya tetap akan melakukan backup data obrolan di folder khusus yang bernama database. Di folder tersebut whatsapp menyimpan semua obrolan anda secara terus menerus dalam jangka waktu tertentu. 
Perlu diketahui, Obrolan yang bisa dikembalikan adalah obrolan selama 8 hari terakhir. Setelah tenggat waktu tersebut maka file yang lama akan tertimpa dengan file obrolan yang terbaru. Intinya, bila anda telah menghapus isi obrolan dalam jangka waktu tersebut, misalnya 10 hari sebelumnya, maka anda tidak akan bisa mengembalikan atau restore isi obrolan.
Lalu bagaimana cara mengembalikan obrolan atau isi chatting di whatsapp yang sudah terlanjur terhapus tersebut ?, silahkan simak caranya di bawah ini.
1. Buka aplikasi file eksplorer atau aplikasi pembuka berkas di ponsel anda
2. Temukan folder atau tempat instalasi whatsapp, pilih folder whatsapp dan masuk ke dalamnya.
restore database obrolan whatsapp
3. anda akan menemukan folder Database, buka dan anda akan menemukan beberapa file dengan format seperti ‘msgstore-tahun-bulan-tanggal.db.crypt10’ atau format yang serupa dengannya, karena setiap instalasi di smartphone pengguna akan lain satu dengan lainnya.

4. Silahkan ingat-ingat hari dan tanggal anda terakhir kali menghapus chattingan atau isi obrolan. Bila sudah ingat maka tugas anda adalah mencatat atau mengingat format penulisan yang ada pada file paling atas sendiri seperti contoh diatas ‘msgstore.db.cript10’.
ddatabase restore whatsapp
5. Hapus file paling atas, kemudian pada file yang anda yakin berisi obrolan sebelumnya silahkan ganti namanya dengan yang sama persis seperti file yang tadi terhapus, ingat, formatnya harus sama seperti file yang anda hapus tadinya.
6. Setelah hal diatas anda lakukan, tugas selanjutnya adalah melakukan clear data atau saya sarankan untuk melakukan unistall dan lakukan instalasi baru whatsapp. 
7. di langkah seperti biasanya, anda akan diarahkan ke dalam mode restore data riwayat obrolan, lakukan sampai selesai dan lihat hasilnya. Seluruh data riwayat obrolan yang anda hapus akan kembali seperti sedia kala.
Nah, jadi tahu kan bagaimana cara mengembalikan obrolan yang terhapus di whatsapp ?, semoga tips diatas bermanfaat.Terima kasih.

0 thoughts on “Cara mudah kembalikan Obrolan terhapus di Whatsapp”

Leave a Comment