Mengatasi WIFI Lenovo Tidak bisa Deteksi Jaringan

Pengguna Smartphone Lenovo tentunya pernah ada yang bermasalah dengan jaringan WIFI di gadgetnya bukan ?, Seringkali admin berhadapan dengan permasalahan yang timbul terkait jaringan Wifi yang ada di LENOVO. Bahkan admin sudah 5 kali melakukan perbaikan wifi Lenovo yang tidak bisa mendeteksi SSID dan tidak dapat melakukan pemindaian walau sudah dilakukan On Off berulangkali terhadap menu Wifi. Pertanyaannya, bagaimana cara memperbaiki Wifi Lenovo yang tidak bisa mendeteksi jaringan SSID ?, simak yuk ulasan dan tipsnya di bawah ini.

trouble wifi

Sebenarnya tips memperbaiki wifi tidak hanya ditujukan untuk smartphone Lenovo saja, Untuk smaartphone lainnya saya kira sebagian besar sama cara dan langkah perbaikannya. Sebelumnya saya jelaskan dahulu, WIFI yang tidak berfungsi bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti Sistem, Aplikasi maupun hardware wifi itu sendiri.

Disini saya akan memberikan tips memgatasi masalah wifi tanpa flashing ( install firmware ) atau tanpa membongkar hardware sedikitpun. Mengapa , dalam kasus yang saya jabarkan kali ini trouble yang ada pada wifi Lenovo diakibatkan oleh sistem itu sendiri yang gagal mendeteksi dan menjalankan fungsi wifi dengan sempurna.
Jadi ketika anda nanti telah melakukan tips yang akan saya jabarkan di bawah dan tidak berhasil maka langkah yang patut anda lakukan adalah pertama melakukan reset ulang, lalu bila tidak berhasil lakukan flashing dan bila tetap tidak berhasil maka permasalahan ada pada hardware wifi itu sendiri dan harus dilakukan perbaikan oleh orang yang ahli dibidang hardware smartphone.

Di bawah ini adalah cara melakukan perbaikan atau troubleshooting error wifi ponsel lenovo, silahkan disimak.
1. Masuk ke pengaturan sistem di ponsel anda, pastikan wifi sudah dimatikan.
2. Masuk ke menu bahasa dan masukan
3. Ubah bahasa dari bahasa yang anda pakai saat ini ke bahasa Inggris atau sebaliknya.
4. Bila telah selesai mengubah bahasa silahkan lakukan restart dan tunggu sampai ponsel booting.
5. Setelah booting dan kembali menyala normal buka kembali wifi dan nyalakan.
6. Bila berhasil menyala ubah kembali bahasa semula.
7. Bila belum berhasil lakukan langkah yang sudah saya bahas pada pembahasan diatas.
Semoga tips menyelesaikan trouble Wifi smartphone lenovo diatas bermanfaat, untuk pertanyaan silahkan bubuhkan di kolom komentar bawah artikel ini, terima kasih.

0 thoughts on “Mengatasi WIFI Lenovo Tidak bisa Deteksi Jaringan”

  1. Saya punya lenovo tab a3500hv..masalahnya wifi saya selalu mencari dan mencari trus menerus wifinya saya matiin malah tdk bisa mati tetep saja mencari..setiap tab di matiin dan trus di hidupkan lgi tetep aja sperti itu .wifinya selalu mencari trus..kdang2 jadi ngbleng tdk bisa di sentuh..
    Klo itu solusinya gmna gan.. !!!!

    Reply
  2. Coba tips sederhana, bgini ganti bahasa default ponsel dengan bahasa lain dulu, misal inggris ke indo atau sebaliknya. Setelah itu restart. Kmudian coba nyalakan wifinya. Bila sudah bisa silahkan dganti lagi bahasanya.
    Bila tidak selesai kasusnya, silahkan coba lakukan reset ponsel

    Reply
  3. Saya baru dengar hp wifinya diblacklist sama indihome, kemungkinan besar bukan indihomenya tapi dari ponsel agan sendiri..coba matikan wifi kemudian clear cache data, buka wifi dan coba konek kembali..bila tidak bsa jalan satu satunya adalah melakukan reset pengaturan ponsel

    Reply
  4. Saya punya hp lenovo a328 di sambungin ke wifi kok ngga bisa yah, tadinya bisa stlah hp mati kok di hidupin ngga bisa nyambung ke wifinya lagi?
    Di pengaturanya keteranganya disimpan, di sambungin ngga bisa, udah nyoba tips dari mas e tapi ngga berhasil, gimana nih?

    Reply
  5. Apakah sudah dicoba untuk tersambung ke wifi di tempat lain ?, kalau bisa berarti di tempat mbak memang akses wifi dari router dibuat terbatas.
    bila di tempat lain juga tidak bisa tersambung meskipun password benar coba lakukan reset ulang dahulu, kemungkinan besar sistem bermasalah

    Reply
  6. coba matikan ponsel atau cabut baterainya beberapa saat dan nyalakan kembali..namun bila setalah itu WiFi lenovo tidak bisa dinyalakan coba lakukan seperti cara diatas yaitu ubah settingan bahasa dan coba restart kemudian coba nyalakan wifinya.. bila bisa nyala silahkan ubah kembali bahasanya…
    Namun bila tidak juga bisa menyala silahkan lakukan proses recovery atau reset settingan ponsel…

    Reply
  7. saya punya lenovo a319 sudah connet wifi tapi tidak jalan , di hp lain baik baik saja , tpi di hp lenovo saya tidak jslan padahal sudah connect dengan wifi , itu kenapa ya?

    Reply
  8. Saya pake Lenovo A6600+ tp kenapa klo di pasang Aplikasi wifi unduhan aplikasi tsb tidak bisa deteksi jaringan wifi kira² gmn solusinya mohon pencerahan terima kasih

    Reply
  9. Sudahkah menggunakan tips diatas mas?, coba lakukan penggantian bahasa lalu restart… coba nyalakan WiFi, bila berhasil balikkan lagi ke bahasa yang agan kehendaki…
    Namun bila cara diatas tidak bisa maka lakukan recovery reset agar sistem kembali normal..

    Reply
  10. Gan kenapa wifi hpku gk bsa konek, awalnya bisa trus stlah reset ke pngaturan awal jdi gk bsa, tombol off dan on nya gk berfungsi, gk bsa diubah” , kenapa yah gan. Hpny asus

    Reply
  11. Apakah sewaktu proses reset pernah terjadi kegagalan atau terhenti di tengah-tengah proses?
    Coba lakukan reset sekali lagi atau melalui recovery reset gan… Bila Wifi tetap tidak bisa terhubung dan fungsi tombol juga belum pulih bisa dilakukan flashing ulang firmwarenya.

    Reply
  12. Saya memiliki lenovo vibe c a2020a40, saya tidak bisa konek wifi, sebelumnya saya bisa menggunakan wifinya, tapi tiba2 terputus.. Biasanyabkan diamankan dengan wpa/wpa2 (wps tersedia) ini hanya wpa/wpa2.. Tidak ada tulisan wps tersedia.. Saya sudah mereset ulang hape saya, tapi tetap gabisa? Mohon bantuannya gan terimakasih..

    Reply

Leave a Comment