Peringatan Tegangan Pengisian daya terlalu Tinggi

Melakukan charge ponsel memang wajib dilakukan bagi pemilik ponsel untuk menjamin asupan daya agar ponsel selalu dapat aktif dan melakukan kinerja sebagaimana yang diharapkan. Namun ada saja hambatan dari beberapa pengguna ketika ingin melakukan charging pada smartphone-nya. Salah satu contohnya bila ada peringatan di layar ponsel yang menyatakan ‘ Tegangan Pengisian daya terlalu Tinggi‘. Lalu apa yang harus anda lakukan ? apakah tetap melakukan charge dengan sumber daya tersebut atau mengganti dengan yang lain ?. Mengapa timbul peringatan seperti tampak pada contoh gambar di bawah ini ?
charge attentions

Peringatan dilayar ponsel yang menyatakan bahwa tegangan pengisian daya terlalu tinggi memang suatu fitur khusus yang disematkan oleh sistem android dimana sensor atau perangkat keras yang bersinggungan langsung dengan fungsi filter tegangan mendeteksi adanya arus daya yang tidak sebagaimana mestinya.
Umumnya peringatan tentang tegangan yang terlalu tinggi dikarenakan adanya kerusakan pada sirkuit atau komponen alat charge ponsel. Dimana tegangan output yang dikeluarkan oleh dongle sumber charge terlalu besar dan mencapai batasan yang tidak bisa ditoleransi oleh perangkat keras ponsel.

Apabila charge tetap dilakukan maka resiko yang bisa dialami oleh ponsel adalah kerusakan komponen ponsel, kerusakan baterai sampai ponsel mati total. Walau dalam beberapa kasus proses charge dalam kondisi kelebihan tegangan b=masih bisa ditoleransi oleh ponsel namun tidak dalam jangka waktu lama pula ponsel akan terkena dampak yang tersasa. Ingat, resiko ledakan yang tidak anda bayangkan sebelumnya bisa dialami oleh ponsel kesayangan sobat semua.
Jadi apa yang sebaiknya kita lakukan ketika ingin melakukan charging namun di layar ada tulisan peringatan ‘ Tegangan pengisian daya terlalu tinggi’ ? Segeralah berganti alat charge daripada ponsel kesayangan yang akan menjadi korban dari aksi coba-coba sekedar ingin melakukan charging. Berhati-hati dengan arus listrik tentu lebih baik walau sekecil apapun tegangan yang dihasilkan, karena kecerobohan sekecil apapun bisa menimbulkan ledakan pada komponen ponsel anda. Semoga ulasan diatas bermanfaat.

0 thoughts on “Peringatan Tegangan Pengisian daya terlalu Tinggi”

  1. Ada beberapa kemungkinan sebab bisa terjaddi peringatan tegangan terlalu tinggi walau posisi tidak dicharge yang salah satunya adalah baterai ponsel sudah mengalami kerusakan cell sehingga tegangan yang dihasilkan melebihi 3,7volt, dan juga bisa disebabkan komponen tahanan di dalam ponsel yang rusak…

    Reply
  2. Bang kemaren HP saya , saya charge di mobil . trus keluar tulisan kayak gitu . lalu saya pilih matikan . pas sampe rumah HP nya saya charge kok gak bisa kenapa ya?

    Reply
  3. Coba copot baterai terlebih dulu beberapa saat kemudian pasang dan coba charge lagi. Bila tetap tidak bisa, coba pinjam atau pakai charge yg amperenya lbih besar. Bila ternyata tidak bisa charge namun ponsel masih bisa menyala biasanya masalah ada pada jalur komponen yg menuju ke baterai, ada yg bocor/rusak krena tingginya tegangan tidak stabil di mobil

    Reply
  4. bang hp gren dous sy muncul seperti ini ,,,pengisian di jeda. suhu batre terlalu rendah, klo ky gni pa y bang,,,

    Reply
  5. Kak barusan hapeku yang samsung S4 suhu baterai terlalu rendah. Dan ini sudah saya lepas baterai, trs tak pasang tak ces pake ces hape redmi 4A. Tapi malah gak bisa di ces. Duh knp ya kak? Mohon solusi atau infonya kak.

    Reply
  6. Klo redmi note 2 masalah kaya di atas.
    Tapi sya belum pilih matikan/jeda pengisian, koneksi charger copot sendiri/gk ada notifikasi charger lg, itu posisi hp lagi sya gunakan sambil charger, sya restar/copot batre/reset ulang tetap aja gk bisa charger 🙁 ada solusi??
    -apa harus ganti konektor charger?
    -apa ic charger nya yg rusak?

    Reply
  7. bisa dicek dahulu kondisi charger yang menurun kinerjanya, coba pinjam dulu ke teman charger yang mempunyai ampere/daya sama atau diatasnya, coba lakukan charging.. bila tetap seperti itu, coba juga dengan cara charge sewaktu ponsel off, bila masuk berarti sistem yang bermasalah
    dan bilamana semua opsi sudah dicoba ternyata tetap seperti itu bisa jadi ada kerusakan pada baterai dan bisa karena hardware di inputan arus

    Reply
  8. Gan, tadi saya cas hp saya teruskan tulisannya matikan dan tunda
    Terus saya teken matikan itu.
    Llu saya cabut chargerya.
    Llu saya cas lagi, tapi tulisan error itu nggak muncul lagi.
    Padahal ini hp baru.
    Solusinya gimna gan?

    Reply

Leave a Comment