Cara Remote Presentasi via Ponsel android

Bagi yang biasa melakukan presentasi di depan umum via PC atau Laptop yang tersambung pada layar projector tentu sangat merepotkan bila harus menekan tombol mouse atau pad pada Laptopnya. File presentasi dari hasil olahan Microsoft power point memang sangat digandrungi sebagai antar muka pembuat dokumen presentasi berupa file ppt. Bagi anda yang sering melakukan sebauh presentasi ada tips dari dunia android agar Ponsel android bisa dijadikan sebagai remote untuk menjalankan presentasi anda. Intinya, Ponsel android akan berfungsi dari jarak jauh untuk menjalankan maju dan mundurnya halaman per halaman sebuah file presentasi. Walau banyak alat khusus untuk keperluan remote presentasi namun bila anda punya android yang fungsinya sama mengapa harus beli alatnya ?. Ingin tahu caranya ?, ikuti tipsnya di bawah ini.

Untuk persiapan awal, install dahulu aplikasi transfer data terkenal yang bernama ‘share it’. Silahkan download filenya dari playstore atau ikuti tautannya disini. Di PC atau laptop juga harus terinstall aplikasi ShareIt yang bisa didapat melalui website resminya secara gratis. bagi yang sudah punya aplikasi Share It silahkan lanjut ke tutorialnya di bawah ini.

  • Buka aplikasi share it di Ponsel android anda, Begitu juga Buka aplikasi share it di PC / laptop anda.
  • Di ponsel, Tekan tombol ‘garis tiga’ di pojok kanan atas dan klik ‘sambungkan ke PC’, lihat contoh gambar di bawah ini.
  • Di PC atau Laptop, silahkan klik tanda garis tiga di pojok kanan atas dan klik ‘Connect android device’
  • Di ponsel android anda akan terlihat ikon dari nama PC, silahkan sentuh untuk membuat sambungan koneksi.




  • Setelah tersambung maka akan terlihat pada android anda akan terlihat gambar PC yang tersambung ke Ponsel, Lihat contoh gambar di bawah ini
  • Dari situ kita sedah membuat hubungan antara PC dengan ponsel yang dijembatani oleh wifi. Langkah selanjutnya adalah silahkan buka file presentasi yang telah anda buat sebelumnya sebagai bahan percobaan berhasil tidaknya tutorial ini.
  • Di Ponsel anda, silahkan sentuh tombol ‘ Kendali PPT’, Letak tombol ada di samping kiri bawah nomor 2.
  • Silahkan jalankan presentasi di PC ( lakukan Run atau sentuh tombol F5 ) dan gerakkan halaman demi halaman dari ponsel anda dengan menyentuh tanda ke atas dan kebawah yang ada di tampilan ponsel. 

Dengan cara diatas anda tidak akan repot lagi harus menyentuh mouse atau pad di PC karena sudah diwakili oleh ponsel anda dari jarak jauh. Seberapa jauhnya Ponsel bisa meremote PC ?, karena sambungan memanfaatkan sambungan WiFi maka jarak ponsel dengan PC bisa lebih jauh, bahkan apabila anda sedang presentasi di Gedung besarpun signal wifi masih mampu menjangkau antar 2 perangkat. Simple dan terlihat canggih bukan ?
Semoga tips remote presentasi via ponsel android diatas bermanfaat, dan jangan lupa baca juga tips dan artikel menarik lainnya di bawah postingan ini. Terima kasih.

0 thoughts on “Cara Remote Presentasi via Ponsel android”

Leave a Comment