Bahaya Melepas Baterai Kondisi Ponsel Menyala

Pernahkah Ponsel anda ‘hang’ atau layar diam tidak bereaksi sama sekali ?, Tentu ada yang langsung main copot baterai untuk memulihkan kondisi ponsel agar bisa restart dan nyala normal kembali. Namun benarkah cara mematikan smartphone secara paksa melalui aksi copot baterai dibenarkan / diperbolehkan ? apakah ada efek sampingnya bagi ponsel ? yuk ikuti ulasan singkatnya di bawah ini.
baterai hp
Memang dikala Ponsel sudah ‘ngadat’ alias diam tidak mau diajak beraktifitas, disentuh dengan tombol apapun tidak mau bereaksi maka sebagian yang awam akan dunia smartphone pasti akan melakukan aksi Copot baterai dan memasangnya kembali agar bisa di booting / dinyalakan ulang. walaupun tidak ada Undang-undang yang melarang melakukan aksi copot baterai dengan paksa disaat ponsel menyala namun ternyata ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi bila anda melakukan hal tersebut terkait dengan ‘kesehatan’ ponsel yang anda miliki. Diantara kemungkinan atau efek yang terjadi adalah di bawah ini.

1. Bila anda memaksa melepas baterai ponsel sewaktu ponsel masih nyala bisa terjadi corrupt file sistem yang mengakibatkan ponsel tidak bisa booting atau menyala. andaipun bisa booting itu bukan berarti ponsel anda kuat namun itu suatu kebetulan saja file sistem tidak terjadi masalah saat itu. Jadi jangan dipaksakan untuk sering-sering mencopot baterai ponsel ketika ponsel masih menyala.
2. Melepas baterai Ponsel secara paksa tanpa proses shutdown terlebih dahulu akan menyebabkan kerusakan hardware ponsel karena pemutusan arus yang tiba-tiba tatkala segala komponen ponsel masih ter-aliri arus listrik.

3. Melepas baterai ponsel tanpa proses shutdown dapat mengacaukan kalibrasi baterai ponsel.
4. Dapat menyebabkan ponsel mati total 
5. Menyebabkan Data dalam memory eksternal maupun internal rusak karena pemutusan arus listrik secara tiba-tiba.

6. Dapat menyebabkan ponsel anda BootLoop alias tidak bisa masuk ke sistem dan hanya tampil logo ketika booting.

Walaupun dari beberapa kasus yang terjadi, Melepas baterai ponsel ketika ponsel masih menyala tidak menyebabkan terjadinya kerusakan secara langsung namun jangan berspekulasi dengan haardware ponsel yang memang didalamnya bekerja dengan adanya arus listrik. Semoga sedikit ulasan diatas bermanfaat dan sobat Dunia android bisa berhati-hati merawat smartphone-nya agar awet dan tidak mudah rusak karena hal yang menurut kita sepele.

Leave a Comment