Apa itu Fungsi Proximity sensor di Ponsel

Tahukah anda mengapa Ponsel android atau smartphone terkini apabila kita melakukan telepon layar ponsel padam ?. Namun ketika kita jauhkan dari telinga ketika melakukan telepon layar kembali menyala ?. Itu adalah kinerja dari sensor jarak yang biasa disebut Proximity sensor. Dimana sensor ini sangat berguna sekali untuk kinerja tepelon ketika dipakai aktifitas telepon. Bisa dibayangkan seandainya kita menelepon namun layar tetap menyala tentu saja tombol-tombol di layar touchscreen akan terpantik bahkan menguras isi baterai karena nyala layar secara terus menerus.
proximity sensor
Dimanakah letak Proximity sensor di smartphone itu sebenarnya ?. Letak Proximity sensor umumnya ada di dekat speaker atas. Sensor tersebut memiliki dua kamera kecil yang berfungsi sebagai penala. Jadi ketika kita melakukan telepon dan mendekatkan ponsel ke telinga maka secara otomatis layar akan redup / mati, namun ketika kita jauhkan dari telinga maka layar akan menyala kembali. Sebenarnya bukan hanya telinga yang bisa mematikan layar ketika melakukan aktifitas telepon, Namun benda apa saja yang penting menutupi area Proximity sensor tentu layar akan mati. Silahkan dicoba, ketika anda menelepon letakkan jari anda persis di depan sensor ( berupa titik lingkaran kecil 2 letaknya berjajar di samping speaker depan ) dan layarpun akan padam seketika.
Proximity sensor sendri di smartphone difungsikan sebagai pengaman touchscreen dari aktifitas sentuhan. jadi ketika anda menelepon dengan menggunakan headset secara otomatis Proximity sensor tidak akan berfungsi walaupun anda menutupinya berkali-kali. Proximity sensor sendiri sebenarnya banyak diaplikasikan ke banyak perangkat, bukan hanya samrtphone tapi sensor untuk segala keperluan otomotif, pertambangan, alat kedokteran, bangunan, proyek luar angkasa, alat militer dan lain sebagainya. 

Sensor gerak sangatlah berfungsi dalam berbagai bidang aplikasinya, semisal sensor jarak atau Proximity sensor diaplikasikan ke mobil maka sensor tersebut bisa digunakan untuk mendeteksi jarak ketika mobil ingin parkir maupun mengukur jarak antar kendaraan. Proximity sensor bisa meminimalkan banyaknya perangkat tambahan dan meminimalkan resiko kontak langsung suatu perangkaat dengan alat karena berbatas jarak.
Nah, jadi tahu kan apa itu Proximity sensor dan fungsinya di smartphone ?, semoga ulasan diatas bermanfaat. jangan lupa baca tips menarik serta ulasan yang bermanfaat lainnya di bawah artikel ini.

Leave a Comment