Fungsi sensor accelerometer di android

Kembali Saya mengulas tentang Sensor di smartphone android, dimana Sensor yang tertanam di android semakin membuat smartphone menjadi acuan sebagai alat multifungsi. Nah kali ini sedikit saya bahas tentang sensor Accelerometer dari segi fungsi dan cara kerjanya.

Sensor accelerometer yang ada di smartphone android berfungsi untuk mendeteksi apakah ponsel dalam kondisi portrait (tegak) maupun kondisi mendatar ( landscape ). dengan adanya fungsi ini maka aplikasi dapat menyesuaikan posisi pada antar muka ( user interfacenya). 
Sensor Accelerometer juga berfungsi dalam aplikasi game misalnya pada game balapan mobil, pengguna cukup memiringkan ponsel kekiri atau kekanan jika ingin berbelok layaknya menyetir sebuah kemudi mobil.
pada penerapannya, manfaat dari sensor ini salah satunya adalah sebagai alat pendeteksi gerakan seperti ‘shake ‘ atau ’tilt’. pada aplikasi teknik berguna untum mengukur sudut, dan pada aplikasi medis dapat mengukur pergerakan langkah.
Dalam penerapannya di smartphone, sensor accelerometer memegang kendali utama sebagai alat sensor yang multifungsi sekaligus bermanfaat di berbagai aplikasi. Semoga sedikit ulasan tentang sensor accelerometer di android bermanfaat.

Leave a Comment