Fungsi APN Operator selular

Mengenal apa sebenarnya Fungsi APN Operator selular, APN atau Access Point Name seringkali disebut – sebut ketika seseorang sedang terjadi masalah pada Koneksi internet di ponsel ataupun PC. Begitu pentingnya arti sebuah APN terkadang bebeeapa pengguna tidak tahu apa itu fungsi APN pada sebuah jaringan internet. Kali ini Dunia android akan fokus pada penjelasan singkat tentang fungsi dan arti APN pada jaringan operator selular, tentunya dengan gaya pembahasan yang mudah dimengerti alias nggak njlimet..hehe.
Oleh sebab itu di semua smartphone android selalu saja ada menu settingan APN yang memang fungsi utamanya untuk bisa terkoneksi ke internet dengan lancar. Banyak di mesin pencari yang mencari tips bagaimana setting APN tercepat, mengatur APN supaya internet lancar dan banyak kata kunci yang dicari pengguna android terkait kecepatan internet.

APN / access point name kalau diibaratkan adalah sebuah jembatan atau gateway yang bertugas untuk mengidentifikasi sebuah jaringan yang nantinya dipakai untuk menghubungkan sebuah ponsel / PC ke Internet. Sebuah APN akan memfasilitasi jalur apa, IP yang digunakan, Jenis paket data, keamanan, Proxy, dan semua yang dibutuhkan oleh operator jaringan selular agar bisa terkoneksi dengan baik terhadap ponsel. 

Dalam pengertian yang sederhana, suatu contoh apabila seseorang akan menuju ke sebuah rumah pejabat penting maka akan dilakukan pemeriksaan identitas di pos penjagaan. Apabila lulus dari pemeriksaan maka orang itu akan diperbolehkan masuk ke rumah pejabat tersebut dengan mengantongi surat resmi dari pos penjagaan. Nah APN atau access point name diibaratkan sebagai pos penjaga tersebut. Maka dari itu di setiap settingam APN ada beberapa opsi kolom pertanyaan yang harus diisi, misalnya Nama APN, username, password, proxy, jenis autentifikasi dan lain sebagainya. Jadi bila terjadi sebuah kesalahan dalam melakukan setting APN bisa dipastikan koneksi internet tidak akan bisa terhubung atau ditolak oleh operator.
Bagaimana, sudah mengerti kan sekarang apa itu fungsi APN pada jaringan internet operator selular ?. semoga ulasan singkat APN versi dunia android diatas bermanfaat.

Leave a Comment