Cara Setting APN internet 3 dengan 3Data

Cara Setting APN internet 3 dengan 3Data. Apa maksudnya ?, Begini sobat Dunia android. Kalau hari-hari ini banyak pengguna kartu 3 mendapat notifikasi pesan bahwasanya pengguna disuruh mengubah APN ( access point Name ) ke 3Data yang sebelumnya APN-nya 3gprs disebabkan adanya perbaikan jaringan dari pihak operator selular 3 sendiri. Nah bagi sobat yang bingung cara mengganti APN 3 di ponsel androidnya silahkan simak caranya di bawah ini.
1. Masuk ke menu settingan / pengaturan, dan pada menu jaringan dan nirkabel ada opsi ‘selengkapnya’ . silahkan masuk ke menu tersebut.
2. setelah masuk, masuklah ke menu ‘jaringan selular’, kemudian anda akan melihat menu ‘Access point names ( nama titik akses ), lanjutkan masuk ke menu APN tersebut. kemudian pilih nama kartu ( kartu 3 )
3. Setelah masuk ke settingan APN kartu 3, silahkan tekan tombol menu untuk menambah APN. Isikan saja seperti berikut :

  • Nama : 3Data
  • APN : 3Data
  • nama pengguna : 3Data
  • Kata sandi : 3data
4. Setelah selesai pilih APN baru tersebut dan lihat internet pada jaringan 3 sobat akan berfungsi normal kembali.

Baca juga : Setting APN internet 2016 ALL operator

Bagaimana ? sudah bisa atau belum ? kalau belum bisa silahkan kirim komentar sobat di kolom komen di bawah postingan ini. dan kalau sudah berhasil selamat ya..hehe. semoga bermanfaat.
Simak juga : Penyebab Sinyal android lemot

0 thoughts on “Cara Setting APN internet 3 dengan 3Data”

  1. selamat siang boss, saya sudah coba untuk maslah 3DATA, ttetapi tdk bisa juga
    karna di hape saya tdk ada pilihan untuk 3DATA yang ada hanya 3gprs,
    saya pengguna handphone HP Slate6 voicetab
    alhasil 10GB saya tidak bisa digunakan, karna Hp slate saya tidak ada signalnya
    demikian yg saya bisa beritahukan,,,mohon petunjuknya agar kartu 3 sya tdk mubazir, wassalam

    Reply
  2. Percuma saya sdh menggunakan apn 3data tapi tetap sajá tidak ada perubahan jaringan gak stabil sering hilang" sinyal datanya sharusnya Provider tri harus Turun kelapangan biar mereka bisa tau keadaan sinyalnya jngan hanya bisa duduk santai saja ngecek lewat komputer saya ingin banget provider tri ini di hapuskan saja layanannya yang hanya bisa nebeng BTS dari indosat,,,,,,,kasihan ini provider tri miskin banget

    Reply
  3. thanksss gan, kirain androidnya yang rusakk loohhh … soalnya buat hotspot di laptop lancar lancar aja, tapi pas di hp malah lemottttsss … ternyata masalahnya disitu hehe

    Jazaakallah gan ^-^

    Reply
  4. semula saya pakai internet secara normal namun tiba2 di hape saya ada peringatan "3 sign in to network". Saya coba cara seperti di atas,saya rubah nama APN nya. Tapi tetap sama saja. Apakah ada solusi lain?

    Thx

    Reply
  5. Mas gimna nih caranya setting.. Padahal udah benar lho.. Tp tetep aja bbm pending, padahal sinyal udah 3g nggak mau H+. Disana tertulis bbm terhubung tp masih pnding… Gmn solusinya mas

    Reply
  6. selamat sore, saya masto dari solo. hp saya lenovo A369i dan saya mempunyai masalah yang pertama saya tidak bisa menggunakan kartu hp yang lain karna semuanya tidak kebaca sama hp saya entah itu sinyal untuk internet atau yang lain dan hanya bisa buat tri itu aja sinyalnya hanya bisa G doang tidak bisa 3G padahal aku pakai hp lain bisa 3G tapi di hp saya malah hanya bisa G doang kemudian aku edit jadi 3G dan bisa buat saya internet kemudian masalah yang kedua setelah selang beberapa bulan ini kartu saya saat saya gunakan buat internet sinyalnya tidak mau keluar sudah pakai cara apapun belum berhasil ( belum ke tahap instal ulang ) padahal di sinyalnya kakak saya bisa 3G buat internet tp saat di hp saya wah sinyalnya blas tidak mau keluar. itu saja mungkin bisa diberikan saran gimana caranya ? terimakasih.

    Reply
  7. gan, ane udah ganti senttingan APN yg kayak agan buat, tapi gak bisa juga, kerusakan jaringan pas saya bangun tadur tadi, udah di restar beberapa kali ini hp jaringan tetap gak ada. notification nya bilang "tidak bisa membuat koneksi data nirkabel APN internet saat ini.
    kegagalan aktifitas APN. silahkan setel ulang APN.
    kode penyebab jaringan: 30

    kasih solusi dong gan

    Reply
  8. Seharusnya memang settingan APN 3 seperti yang tertera di tutorial diatas, sampai saat ini masih seperti itu juga kalau saya lihat di situs resmi 3.
    sOLUSI : Coba ganti letak slot simcardnya, bila yang buat internet di slot 1 maka ganti di slot 2 atau sebaliknya

    Reply
  9. Mau info nya dunk, di layar hape saya ada 4g lte tp gak bisa pake internetN di jaringan 4g nya,padahal kartu 3 sYa sudah 4g dan sudah saya setting apn nya 3data? Minta solusi nya kawan" saya pakai samsung c9.
    Terima kasih

    Reply
  10. sebelumnya apakah jenis karu USIM milik agan sudah diaktifasi jaringan 4G-nya ? kalau belum memang harus diaktifasi dahulu..bila kesulitan bisa langsung mendatangi gerai 3 untuk aktifasi kartunya serta agan juga harus membeli paketan 4G.

    Reply
  11. Sore mas, saya mau tanya nih, di HP saya muncul notof SIGN INTO NETWORK, padahal kuota saya masih, saya hub CS sih katanya nomor dan area jaringan saya tdk bermasalah, dan saya diberikan saran untuk mengubah APN seperti mas sampaikan tadi, namun sampai sekarang blm bisa juga. Mas pny saran lain nggak yaa? Terima Kasih..:)

    Reply
  12. Coba mbak pinjam simcard teman yang sama operator selularnya lalu pasang di ponsel..bila tetap tidak bisa berarti ada masalah pada sistem. Coba lalukan reset pengaturan ponsel agar sistem kembali pulih

    Reply
  13. bila sudah memakai beberapa tips APN tetap tidak bisa maka bisa mencoba meminjam kartu tri punya teman dan mencoba memasukkan ke ponsel si mbak..bila bisa berarti kartu bermasalah pada mode jaringan dan bila ternyata tetap tidak bisa silahkan lakukan reset ulang pengaturan ponsel ke mode awal agar sistem kembali normal…

    Reply
  14. udah di ubah ke 3data ttp gak bisa. gak ada sinyal internet sm sekali.udah coba direset jg ttp aja gak muncul sinyal internetnya. kenapa ya?

    Reply
  15. pastikan jaringan sinyal tri di area agan stabil, gunakan APN seperti diatas yaitu 3data, bila tidak bisa coba pinjam dulu simcard teman yang juga tri, bila bisa berarti simcard agan yg bermasalah, dan bila tetep tidak adda sinyalnya padahal di area tersebut ada coverarea tri dan teman agan bisa internetan dari ponsel lain dnegan kartu tri, coba lakukan reset ulang ponsel, ada masalah dengan sistem jaringan di smartphone agan

    Reply
  16. Hap saya bisa menggunakan 2 SIMcard. Tetapi yg 3 tdk bisa digunakan padahal kuotanya masih banyak. Kadang bisa digunakan tp hanya sebentar beberapa menit selebihnya tdk bisa lagi. Sy coba menggunakan setingan diatas tdk bisa. Kemudian sy coba ganti internetan menggunakn kartu SIM satunya bisa. Mohon solusinya?

    Reply

Leave a Comment