Cara mudah mengamankan akun email

Cara mudah mengamankan akun email. Kalau kemarin Dunia android telah mengulas tentang mengapa kita harus menjaga kerahasiaan akun email. sekarang saya akan mengulas tips atau cara-cara mudah mengamankan akun email versi admin dunia android. tentu saja bukan cara yang tidak ada prakteknya, dari dulu admin dunia android selalu menggunakan beberapa cara yang nanti saya jabarkan di bawah dan sampai saat ini tidak terjadi apa-apa dengan akun email tersebut. 
Bukan faktor keberuntungan atau hoki sebenarnya bila email kita aman ataupun dibobol oleh orang lain. Namun semua faktor ada pada pemilik akun email itu sendiri. Nah ada beberapa tips jitu agar akun kita selalu aman tanpa faktor hoki maupun faktor lainnya. yuk disimak apa saja tipsnya.
Berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa anda lakukan untuk mengamankan akun email :
1. yang pasti pertama-tama anda harus ingat dahulu username dan password akun email. Bila sering lupa atau terlalu sulit untuk dihafal jangan sekali-kali menuliskan di notepad atau di buku harian anda karena selain berbahaya tentu anda tidak akan tahu siapa nanti yang akan membuka catatan pribadi tersebut.
2. Bila ingin mencatat akun email, coba catat di notepad yang mempunyai fitur enkripsi atau bisa dikunci. Namun bila tidak memungkinkan tulis saja akun tersebut di balik uang kertas dengan tulisan kecil, tapi ingat uang tersebut jangan dibelanjakan lho ya..hehe
3. Ubah password akun email anda minimal 1 bulan sekali. jangan menggunakan kata password yang mudah ditebak seperti tanggal lahir, nama ortu, nama anak, nama istri atau yang sejenis. tapi ingat, harus yang mudah dihafal agar anda tidak lupa suatu saat nanti.
4. Gunakan format password antara abjad dan numerik. contoh : ‘sayang4321’ atau 123mybaby dan sebagainya.
5. Jangan sekali-kali terbujuk rayuan untuk memberikan akun email anda pada orang lain. Kasus yang yang sering terjadi adalah sebuah akun mudah diobok-obok karena gampangnya terkena bujuk rayu..hehe
6. sebaiknya anda mempunyai 2 akun email. tujuannya yang satunya untuk proses recovery apabila ada masalah dengan akun email utama.
7. dan cara yang paling ampuh adalah melakukan prosea verifikasi 2 langkah. Apa itu verifikasi 2 langkah ?. Nanti saya bahas di artikel berikutnya ya..hehe bukin penasaran saja si admin ini. sabarr….
Nah, sudah siap mengamankan akun email sobat ?. semoga sedikit ulasan diatas bisa menambah kita mawas diri dan lebih peduli terhadap rahasia akun email milik pribadi. semoga bermanfaat.

Leave a Comment