Tuesday

Cara Backup dan Restore Data HP Xiaomi tanpa Proses Root


DuniaAndroid.com - Cara Mencadangkan dan kembalikan Data HP Xiaomi tanpa Root. Seperti diketahui bahwasanya sebelum MIUI 8 direlease dulunya pemilik smartphone Android Xiaomi banyak yang menggunakan Titanium atau TWRP sebagai alat backup seluruh data yang ada termasuk beberapa aplikasi didalamnya.

Cara Backup dan Restore Data HP Xiaomi tanpa Proses Root

Namun setelah munculnya antarmuka MIUI versi 8 dan diatasnya seperti sekarang yang banyak diadopsi kebanyakan tipe Ponsel Xiaomi di pasaran kita tidak perlu lagi masuk ke dalam TWRP / Titanium kalau untuk urusan backup dan restore data aplikasi, karena di versi MIUI 8 dan diatasnya sudah tersedia berbagai macam fitur canggih seperti halnya fitur pencadangan data yang akan admin bahas kali ini.

Melakukan backup berarti membuat cadangan data, baik itu setelan sistem maupun data aplikasi semua masuk kedalam pencadangan. Begitu pula untuk proses pengembalian data alias restore berarti mengembalikan ke dalam perangkat yaitu apa saja yang dulunya dibackup akan kembali utuh seperti semula tanpa ada yang kurang sedikitpun. Misal anda mencadangkan full setelan sistem beserta aplikasi serta datanya, maka ketika anda melakukan restore, nantinya aka kembali seperti sediakala.

Selain itu, melakukan backup merupakan langkah penjagaan bilamana suatu saat sistem di ponsel Xiaomi kita sedang bermasalah dan mengharuskan melakukan reset bahkan flashing ulang, sehingga seluruh data yang ada hilang.

Nah, dengan adanya file backup yang sudah disiapkan sebelumnya tadi maka kita tidak perlu repot-repot untuk melakukan setting sistem dan install aplikasi lagi yang memakan kuota internet, tinggal restore data dan ponsel xiaomi sudah siap untuk digunakan.

Cara Backup Data HP XIAOMI Android


1. Pertama kali masuk ke dalam neu settings > Additional setting > Backup and reset

backup dan restore data hp xiaomi
menu backup & restore

2. Setelah di halaman pencadangan pilih opsi 'Local Backup' kemudian pilih 'backup'

3. Nantinya anda akan melihat 3 pilihan item seperti System, Apps, Accounts, nah pilihlah mana yang ingin anda cadangkan, saran admin pilih saja semuanya agar semua data tercadangkan.


4. Setelah selesai memilih ketiga opsi tersebut silahkan klik 'backup' dan tunggu sampai prooses selesai.

Catatan : Sebagai langkah keamanan, sebelum proses backup pasang kartu SD (MicroSD) agar nantinya file hasil pencadangan masuk ke dalamnya, sehingga bila sistem bermasalah tidak berimbas ke data yang ada di kartu memori. Namun bila anda tidak mempunyai kartu memori dan terpaksa menyimpannya di memori internal maka pindahkan hasil backup ke perangkat lain setelah proses pencadangan berhasil.

Baca Juga

Cara Restore Data di HP XIAOMI


Bilamana suatu saat ponsel anda mengalami masalah pada sistem dan mengharuskan melakukan factory reset maupun flashing firmware maka lakukan langkah pengembalian data (restore) dari file yang sudah anda simpan sebelumnya.

1. Masuk ke menu settings > Additional Setting > Backup and reset > Local backup

2. Pilih file cadangan yang sudah disiapkan kemudian klik opsi restore

3. Tunggu sampai proses pengembalian data xiaomi selesai dan siap untuk digunakan.

Itulah tips singkat tentang cara melakukan backup dan restore di HP XIAOMI android, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon