Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Sebelum Flash Ulang Android, Simak dahulu Tipsnya yuk !

Sudah menjadi suatu hal yang Umum dilakukan oleh para tukang service Ponsel dalam memperbaiki sistem yang rusak pada smartphone dengan langkah flashing Firmware. Melakukan flash bisa diibaratkan layaknya di PC yaitu melakukan install ulang system operasi agar sistem kembali fresh ( fresh install ). Di kalangan pengguna ponsel android, Terkadang membawa ponselnya ke service center atau ke tukang service HP untuk dilakukan flash ulang memang menjadi suatu hal yang wajar ketika sistem di dalam ponselnya sudah rusak dan tidak bisa direcovery dengan melakukan reset default.

flashing ulang android

Namun adakalanya para anda pengguna smartphone android juga harus memikirkan hal-hal yang terjadi ketika ponsel pintar kesayangan ingin dilakukan proses flashing firmware. Banyak kejadian para pengguna yang dengan alasan sepele seperti ponsel gagal booting atau gagal membuka aplikasi tertentu kemudian memutuskan untuk melakukan flash ulang, dimana setelah dilakukan flash ternyata banyak data yang hilang, akun yang terlupakan, contact hilang dan sebagainya.

Nah, bagi anda yang ingin melakukan proses flashing terhadap smartphone android kesayangan, lebih baik simak dahulu beberapa tips di bawah ini.

Baca : Cara flash Ulang Lenovo A516 Bootloop
  • 1. Hal paling mendasar sebelum memutuskan untuk melakukan flashing firmware ponsel android anda adalah simpan ( backup ) dahulu segala data yang diperlukan, seperti kontak, data musik, file image atau data-data yang lainnya. Lain lagi masalahnya apabila ponsel sudah tidak bisa menyala dan ternyata data tersebut ada di memori Internal ponsel yang tidak bisa terbaca ketika gadget dalam keadaan mati.

Baca : Apa yang terjadi Ketika HP di Flash Ulang?
  • 2. Bila Smartphone masih bisa menyala dan hanya mengalami kegagalan sistem dalam keadaan tertentu saja misalnya salah satu aplikasi sering macet atau ada fungsi menu yang tidak bisa dibuka maka fikirkan dahulu berulang kali apakah menu-menu yang gagal anda buka tersebut sangat berguna atau tidak. Bila iya, silahkan lakukan flashing ulang.


  • 3. Apakah anda ingat berbagai username dan password dari beberapa akun yang anda punya ?, bila tidak silahkan berfikir ulang untuk melakukan flashing firmware android sobat. Mengapa demikian ?, bila anda lupa password atau akun yang tertanam di berbagai aplikasi yang anda gunakan setiap harinya dari gadget kesayangan anda maka sudah barang tentu ketika proses flashing dilakukan maka nantinya anda akan kehilangan segala akun yang tersimpan di smartphone anda. Jadi, ingat - ingat dahulu berbagai akun dan password yang anda gunakan.
  • 4. Jangan sepelekan tentang resiko melakukan flashing ulang. mengapa demikian ?, melakukan flash firmware bisa berakibat ponsel mati seccara total sehingga tidak dapat digunakan lagi. Banyak tukang service HP yang melakukan perjanjian terlebih dahulu kepada para konsumennya sebelum melakukan flasing dengan berbagai catatan resiko HP matot alias mati total setelah adanya gagal flashing.
  • 5. Apakah smartphone android anda masih bergaransi ?, kalau iya jangan sekali - kali melakukan langkah flashing sendiri atau ke tukang service jalanan ( bukan service center resmi ), karena masa garansi akan hangus ketika ada perubahan firmware yang bukan dari service centernya.
Dari beberapa catatan diatas, tentunya anda para pengguna smartphone android sendirilah yang dapat memutuskan apakah gadget kesayangannya layak untuk segera dilakukan flashing ulang ataukah tidak. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi para pembaca Dunia Android semua.