Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenali 7 Tanda Smartphone Android Terserang Virus dan Malware Sejak Dini

Perkembangan smartphone dari tahun ke tahun semakin canggih. Namun, tahukah anda bahwa acaman virus dan malware juga terus meningkat ?

Inilah yang menyebabkan banyak ponsel mudah rusak karena terserang oleh virus dan malware. Untuk itulah penting bagi anda mengenali apa saja tanda smartphone android terserang virus dan malware.

Sebagai pengguna ponsel, setidaknya anda lebih waspada dan menyadari bahaya yang dapat ditimbulkan oleh serangan virus dan malware pada smartphone. 

Pastikan bahawa ponsel anda terbebas dari serangan virus dan malware agar android tidak mudah rusak. Yuk kenali sejak dini apa saja tanda smartphone android terserang virus dan malware berikut ini.

Tanda Smartphone Android Terserang Virus dan Malware

Tanda smartphone android terserang virus dan malware

1. Daya Tahan Baterai Menurun

Apakah anda sering mendapatkan daya smartphone android tiba-tiba cepat habis ? Jika iya, maka kemungkinan itu adalah salah satu pertanda bahwa perangkat anda telah terinfeksi virus dan malware. 

Ya, salah satu tanda yang paling menonjol jika android mulai diserang oleh virus dan malware adalah daya tahan baterainya yang semakin menurun.

Perlu digaris bawahi bahwa virus memiliki sifat jahat yang selalu aktif pada background android. Ia akan aktif menampilkan iklan atau memanipulasi data. 

Nah, jika baterai ponsel anda memiliki daya tahan baterai yang semakin buruk atau cepat habis, maka kemungkinan besar android terserang virus atau malware. 

Untuk meningkatkan daya tahan baterai, anda bisa membaca artikel tentang tips mengatasi baterai cepat habis Xiaomi, semua hp juga bisa.

2. Performa Tidak Stabil

Apakah smartphone android anda sering tiba-tiba restart sendiri ? Mungkin, saat sedang asyik bermain game, tiba-tiba android restart sendiri. Mengapa hal ini bisa terjadi ? Mungkin, salah satu penyebabnya adalah ponsel ponsel sedang terserang virus atau malware. 

Bisa jadi hal ini adalah pertanda bahwa malware telah menyerang sistem android anda yang membuat ponsel menjadi reboot.

Perlu anda ketahui bahwa virus yang menyerang smartphone akan menjadikan performa ponsel tersebut menjadi tidak stabil atau konsumsi sumber daya smartphone menjadi boros. 

Inilah pertanda awal kerusakan pada android karena perfroma yang dibawa menjadi tidak maksimal seperti sediakala.

3. Lalu Lintas Data Internet Meningkat

Apakah anda merasa ragu ponsel terserang virus dan malware atau tidak ? Jika lalu lintas data internet pada ponsel semakin meningkat, itu adalah salah satu signal bahwa ponsel anda diserang oleh virus. 

Saat android terinfeksi virus atau malware, secara otomatis akan menguras sumber data internet lebih banyak. Bagaimana bisa ? Sebab virus akan rajin melakukan update dan download guna menjaga dirinya agar tetap hidup di android sehingga banyak iklan yang sering muncul mendadak.

Oleh karena itu, jika terjadi peningkatan penggunaan data yang tidak biasa secara tiba-tiba, and aharus waspada karena android sedang terserang malware. Dan sebagai bentuk antisipasi supaya ponsel aman dari serangan virus maka aktifkan fitur Data Usage pada ponsel untuk mengatur serta memantau batasan penggunaan data.

4. Kualitas Panggilan Terganggu

Kualitas panggilan terganggu bisa saja menjadi salah satu tanda smartphone android terserang virus dan malware. Jika saat sedang menelepon seseorang namun kualitas suaranya tidak jelas padahal sinyalnya masih kuat, kemungkinan besar android mulai terinfeksi virus. 

Secara tidak langsung, virus bisa saja mencuri data dari percakapan yang berlangsung di telepon, sehingga virus tersebut akan mengganggu kualitas panggilan telepon anda.

5. Tagihan Pulsa atau Telepon Membengkak

Jika virus dan malware mulai menyerang android, bisa saja menyebabkan adanya tagihan pulsa atau telepon yang membengkak. Hal ini bisa terjadi karena virus akan sering mengirimkan data berupa SMS atau melakukan pembayaran sendiri yang tentu saja akan menguntungkan si pengembang virus. 

Dietmukan dalam beberapa kasus, virus akan mengirimkan beberapa SMS dalam satu bulan agar pengguna ponsel tidak curiga bahwa androidnya terserang virus. Bahkan ada juga yang melakukan pembayaran secara besar-besaran melalui SMS sehingga menyebabkan pengeluaran pulsa membengkak tiba-tiba.

6. Sering Muncul Pop-up Tiba-tiba

Hal lain yang bisa menjadi pertanda bahwa perangkat android telah terserang oleh malware yaitu seringnya muncul pop-up secara tiba-tiba di layar ponsel. Anda akan sering mendapati iklan pop-up yang muncul secara tiba-tiba dan menautkan ke situs web. 

Dan hal inilah yang sering membuat pengguna ponsel tanpa sadar telah mengisntal aplikasi dengan adware pada andorid mereka.

7. Android Cepat Panas dan Lambat

Malware yang menyerang perangkat andorid akan memanfaatkan sumber daya baterai untuk menyebarkan infeksi. Inilah yang menyebabkan android menjadi cepat panas. 

Bahkan malware pun juga memberi dampak buruk lainnya yakni menjadikan kinerja perangkata android semakin melambat atau menurun.

Itulah 7 tanda smartphone android terserang virus dan malware. Kenalilah tanda-tanda perangkat android yang terinfeksi virus dan malware sejak dini supaya anda bisa melakukan tindakan pencegahan dengan segera sehingga dapat meminimalisir terjadinya kerusakan pada smartphone. Semoga artikel ini bermanfaat ya.