Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengisi Daya Baterai HP dengan Cepat

 

Cara Mengisi Daya Baterai HP dengan Cepat - Baterai merupakan salah satu komponen terpenting yang ada di sebuah smartphone. Komponen satu ini berfungsi sebagai penampung daya dan penyalur daya listrik ke semua komponen dalam HP, sehingga HP bisa menyala dan diperasikan seperti biasa. Fungsinya yang sangat penting, tentunya HP tidak akan bisa dioperasikan jika baterai tersebut mengalami kerusakan.

Sebagai penampung daya listrik, baterai juga perlu diisi daya jika memang sudah hampir habis. Akan tetapi, banyak pengguna yang mengeluhkan kalau smartphone-nya tersebut membutuhkan waktu cukup lama untuk pengisian dayanya. Sebenarnya ada trik khusus yang bisa dilakukan untuk mempercepat pengisian daya pada baterai HP tersebut. Mengenai cara mengisi daya baterai HP dengan cepat selengkapnya, bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Mengisi Daya Baterai HP dengan Cepat

Cara Mengisi Daya Baterai HP dengan Cepat

Tidak jarang pengguna yang belum tahu cara untuk mempercepat waktu pengisian daya baterai di HP. Alhasil, mereka akan menyita waktu cukup lama untuk menunggu smartphonenya terisi penuh. Lamanya pengisian daya ini juga bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk yang dilakukan oleh pengguna.

Adapun cara mengisi daya baterai di HP dengan cepat selengkapnya, sebagai berikut:

1. Mematikan Jaringan di HP

Cara yang pertama untuk mempersingkat pengisian daya baterai di HP yakni dengan mematikan jaringannya, baik itu data seluler atau sambungan wifinya. Selain itu, untuk lebih memaksimalkannya lagi, Anda juga perlu mengaktifkan Mode Pesawat untuk mematikan semua jaringan di HP.

Cara ini diklaim sangat efektif untuk menghemat daya output pada HP tanpa harus mematikannya. Dengan demikian, proses pengisian daya akan lebih optimal dan cepat dari biasanya.

2. Mematikan HP

Jika memang Anda tidak ingin mengoperasikan HP sambil dicharging, maka matikan saja daya pada HP tersebut. Hal ini juga akan membantu memaksimalkan proses pengisian daya agar lebih optimal.

HP yang dicas dalam keadaan mati atau non-aktif, tidak akan ada daya output. Hal ini akan membuat daya baterai terisi penuh dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan HP dibiarkan hidup saat dicharging.

3. Menggunakan Charger Original

Mungkin charger bawaan HP yang Anda punya sudah rusak atau hilang, sehingga harus mengganti dengan charger lain. Pastikan Anda memilih charger original yang sama dengan charger bawaan. Charger original atau bawaan sudah disetting sedemikian rupa agar bisa melakukan charging dengan lebih optimal.

Altenatif lainnya, Anda bisa memilih charger lain dengan nilai ampere yang lebih besar. Banyak yang mengklaim charger dengan nilai ampere besar ini akan lebih mempercepat pengisian daya baterai pada HP. Namun, tentunya ada risiko yang bisa saja terjadi pada HP android, salah satunya kebocoran baterai.

4. Jangan Mainkan HP Sambil Mengecas

Inilah salah satu kebiasaan buruk para pengguna smartphone yang tidak patut untuk ditiru. Mereka memainkan HP-nya sambil dicharging, yang mana hal ini akan membuat proses pengisian daya akan lebih lama.

Tidak hanya itu saja, tetap memainkan HP sambil dicas akan berdampak pada risiko lainnya, seperti HP panas atau overheat, memendekkan umur baterai, kebocoran baterai atau baterai kembung, bahkan bisa menyebabkan HP meledak.

5. Taruh di Area yang Tepat

Saat mengecas HP, sebaiknya Anda taruh HP di area terbuka dan dengan suhu normal. Jangan pula menaruh HP di area yang terkena sinar matahari langsung, yang mana hal ini akan membuat HP panas dan pengisian daya pun akan semakin lama.

Itulah tadi beberapa cara mengisi daya baterai HP dengan cepat yang ampuh bisa coba Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.