Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengatasi HP Realme Tidak Bisa Masuk Recovery Mode

HP Realme Tidak Bisa Masuk Recovery Mode - Recovery Mode merupakan salah satu menu tersembunyi di dalam smartphone android yang biasanya digunakan untuk memperbaiki masalah error di HP. Misalnya saja untuk melakukan penghapusan cache, factory reset, masuk ke bootloader, dan lain sebagainya. Mengaksesnya bisa dengan menggunakan beberapa cara, dan yang paling umum yakni dengan menekan kombinasi tombol tertentu.

Cara masuk ke Recovery Mode dengan kombinasi tombol ini berbeda-beda di setiap brand. Akan tetapi, pada kondisi tertentu HP tidak bisa masuk ke mode tersebut, misalnya saja di HP Realme. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik dari pengguna atau sistem android itu sendiri. Berikut cara mudah mengatasi HP Realme tidak bisa masuk Recovery Mode yang bisa coba Anda terapkan.


Cara Mengatasi HP Realme Tidak Bisa Masuk Recovery Mode

Umumnya untuk masuk ke Recovery Mode di HP Realme, kita bisa menggunakan kombinasi tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan selama beberapa detik. Penekan tombol ini bisa dilakukan saat HP sudah dalam keadaan mati. Akan tetapi, tidak jarang pengguna menerapakan cara ini namun HP tidak bisa masuk ke Mode Recovery tersebut.

Kalau begitu Anda bisa menggunakan alternatif lain untuk masuk ke Mode Recovery di HP Realme. Adapun cara mudah mengatasi HP Realme tidak bisa masuk Recovery Mode selengkapnya, sebagai berikut:

1. Menggunakan Aplikasi Tambahan

Cara yang pertama bisa Anda lakukan untuk masuk ke Recovery Mode Realme yakni dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Salah satunya adalah aplikasi bernama Terminal Emulator for Android. Untuk cara menggunakan aplikasi tersebut, yakni:

·       Pertama Anda download dan install aplikasi Terminal Emulator di HP Realme. 

·       Jika sudah, sekarang Anda jalankan aplikasi tersebut.

·       Pada jendela aplikasi, Anda ketik petintah “reboot recovery” (tanpa tanda petik).

·       Kemudian klik OK.

·       Nantinya HP akan melakukan reboot dan masuk ke Recovery Mode.

·       Selesai.

Selain aplikasi tersebut, Anda juga bisa mencoba menggunakan aplikasi lain. Cara kerjanya agak berbeda, di mana aplikasi ini semacam tombol pintas untuk masuk ke Recovery Mode. Aplikasi yang dimaksud yakni Quick Reboot. Anda tinggal menginstall aplikasi tersebut dan pilih menu Reboot to Recovery yang ada di dalamnya.

2. Menggunakan CWM atau TWRP

Anda bisa pilih salah satu antar aplikasi CWM atau TWRP yang ingin digunakan di HP Realme. Aplikasi ini berfungsi untuk mengganti Recovery bawaan di HP android. Dengan demikian, masalah tidak bisa masuk Recovery akan langsung teratasi. Di sini akan diberikan contoh menggunakan TWRP, yakni:

·       Pertama Anda download dan install aplikasi TWRP.

·       Jika sudah, matikan HP Realme seperti biasa.

·       Kemudian hidupkan lagi dengan cara tekan dan tahan kombinasi tombol Power + Volume Bawah secara bersamaan selama beberapa detik.

·       HP akan menyala dan langsung masuk ke Recovery Mode via TWRP.

·       Selesai.

3. Menggunakan USB Jig

Alternatif lainnya yang bisa Anda pilih yakni dengan memanfaatkan perangkat tambahan yang bernama USB Jig. Perangkat satu ini berfungsi untuk memaksa HP masuk ke Recovery Mode saat dipasangkat di HP android.

Anda bisa membeli perangkat USB Jig ini di marketplace, harganya cukup murah dan mudah untuk digunakan.

4. Lakukan Reset HP

Dan jika beberapa cara di atas tetap tidak berhasil, maka Anda bisa melakukan reset HP atau mengembalikannya ke pengaturan awal pabrik. Untuk cara resetnya sendiri bisa melalui menu Pengaturan yang ada di HP Realme.

Itulah tadi beberapa cara mengatasi HP Realme tidak bisa masuk Recovery Mode yang mudah dan ampuh. Semoga informasi di atas bermanfaat.