Tuesday

Cara Reset HP Huawei yang Lemot dan Aplikasi Sering Macet

Cara Reset HP Huawei yang Lemot dan Aplikasi Sering Macet

Smartphone merek Huawei termasuk tiga besar produk terlaris di Dunia untuk kelas ponsel berbasis Android selain Samsung dan Xiaomi. Dimana beberapa tipe tertentu sudah disertakan lensa produksi jerman yaitu Leica yang populer dibenamkan pada beberapa kamera DSLR atau mirrorless.
cara mereset ulang dan recovery HP huawei

Meskipun produk mahal bukan berarti smartphone Huawei tidak dapat mengalami error seperti merek lain. Seperti masalah HP huawei semakin lemot, aplikasi sering menutup sendiri, Jaringan internet kadang putus meskipun koneksi wifi atau data selular sinyalnya bagus dan berbagai problem lainnya.

Banyak penyebab HP android semisal Huawei mulai harga murah sampai jutaan yang mengalami trouble setelah beberapa bulan digunakan. Di sisi lain ada yang sudah menggunakannya beberapa Tahun tapi masih responsif dan tidak bermasalah.

Adapun cara paling mudah mengatasi HP android Huawei yang sering bermasalah yaitu dengan mengembalikan ke pengaturan bawaan pabrik atau biasa disebut factory reset. Daripada harus flashing ulang, tentunya mereset sangat direkomendasikan karena lebih aman dan ada menu khusus yang mudah digunakan.

Kapan sebaiknya HP Android di Reset ulang ?


Pertanyaan ini sering dikemukakan oleh sebagian pengguna ponsel berbasis Android. Terkadang beberapa pengguna smartphone yang masih awam bingung apakah HP miliknya perlu direset atau tidak.

Bahkan banyak yang menyarankan lebih baik langsung di flash ulang firmwarenya untuk mengatasi error ponsel. Memang tidak salah, flashing ulang bisa diartikan menginstall ulang sistem layaknya di Komputer saat menginstall OS Windows. Semua bersih dan ponsel seperti baru beli saat proses flash berhasil.

Namun bila HP Huawei masih bergaransi dan anda nekat melakukan flash ulang maka garansi batal, Begitu pula semua smartphone tipe lain seperti Samsung, ASUS, OPPO, Vivo dan lain sebagainya.

Lalu kapan harus mereset ulang ponsel android?


  • Ketika Aplikasi sering error atau macet. Semisal ketika menonton youtube tiba-tiba aplikasi menutup sendiri atau aplikasi tidak bisa dibuka meskipun ikon ditekan berulang-ulang dan berbagai permasalahan lain di Aplikasi.
  • Sistem menjadi lemot dan tidak responsif. Ciri-cirinya ponsel lambat saat membuka dan menutup aplikasi, melakukan scrool layar juga lambat gerakannya dan terkadang ada jeda beberapa detik.
  • Jaringan internet putus nyambung. Bila sudah memastikan sinyal pemancar WiFi atau selular bagus namun koneksi internet di ponsel sering putus dan menyambung sendiri tanpa sebab bisa memutuskan untuk melakukan factory reset.
  • Beberapa Menu dan icon di layar hilang. Meskipun tidak menggunakan menu untuk menyembunyikan ikon aplikasi atau menu di balik layar tiba-tiba banyak yang hilang dan tidak dapat dikembalikan meskipun sudah menginstall ulang aplikasi, bisa anda coba memperbaikinya dengan mengembalikan ke pengaturan awal atau reset.
  • Banyak iklan muncul atau notifikasi entah darimana tiba-tiba keluar menutupi layar dan sangat mengganggu, biasanya hal ini disebabkan kita sebelumnya pernah melakukan klik pada link atau tautan yang berisikan spam, Malware atau virus tanpa kita sadari masuk ke sistem ponsel.
  • Saat ingin menjual ponsel. Dimana semua data pribadi yang pastinya bersifat rahasia harus bersih ketika memutuskan menjual smartphone ke pihak lain. Menghapus foto atau video di galeri saja tidak cukup, masih banyak akun penting yang bisa saja masih aktif saat ponsel berpindah tangan. Jadi sebelum menjual HP android sebaiknya reset dahulu.

Cara Factory Reset HP Huawei


Sebelum melakukan langkah reset sebaiknya backup dulu data penting ke perangkat lain, semisal mentransfer file foto, video atau Kontak ke memori card. Dimana nantinya efek dari reset ulang ponsel yaitu terhapusnya semua data tanpa terkecuali, seperti file yang ada di galeri, kontak, unduhan dan lainnya.

Adapun langkah-langkah untuk Reset HP Huawei adalah sebagai berikut :

  • Masuk ke menu Pengaturan / Settings
  • Pilih menu Back up and reset
  • Pilih opsi Factory data reset
  • Akan ada informasi singkat yang menyatakan kalau semua data akan terhapus, setujui bila ingin proses reset dilaksanakan
  • Tunggu sampai selesai dan ponsel akan reboot atau menyala ulang

Sesudah proses reset HP Huawei berhasil, nantinya tampilan awal akan tampak seperti saat kita baru beli smartphone baru, dimana harus melakukan setting ulang bahasa, lokasi, masuk akun google dan lainnya.

Apa Beda Recovery Mode dan Factory Reset ?


Mungkin kita pernah mendengar kata tersebut yaitu istilah Recovery mode dan Factory reset. Dimana keduanya mempunyai sisi kesamaan namun berbeda cara dan akses masuknya.

Recovery mode lebih unggul dibanding reset biasa, yang mana saat ponsel android tidak bisa masuk ke tampilan utama dan menu reset ulang yang ada di pengaturan ponsel tidak bisa diakses, maka langkah recovery bisa menjadi opsi jitu.

Proses recovery bisa dijalankan dengan menggunakan kombinasi tombol tertentu saat kondisi ponsel masih off. Dan kelebihan lainnya ada fitur khusus yang tidak bisa dijalankan pada mode factory reset.

Diantara beberapa menu umum yang biasanya ada di halaman recovery mode yang hampir semua smartphone android punya yaitu :

  • Wipe data/factory reset
  • Wipe Cache partition
  • Apply update from ADB
  • Reboot to Bootloader
  • View recovery Log
  • Power Down dan Reboot system now

Istilah lain Recovery mode adalah Hard reset. Dari namanya sudah bisa diketahui kalau proses mengembalikan pengaturan ke setelan pabrikan secara paksa tanpa melalui menu factory reset di saat ponsel bisa menyala normal.

Cara masuk Recovery mode di HP Huawei


Bilamana ponsel Huawei tidak bisa masuk ke tampilan muka, cobalau untuk mereset dengan menggunakan mode recovery, caranya sebu sebagai berikut:

  1. Matikan atau shutdown HP Huawei
  2. Dalam kondisi layar mati, Tekan bersamaan Tombol Power + Volume atas dan tahan jangan dilepas
  3. Bila sudah muncul logo Huawei sekitar 5 detik, lepaskan kedua tombol
  4. Pilih Bahasa English (Untuk menggerakkan pilihan bisa menggunakan tombol volume, untuk memilih gunakan tombol power)
  5. Lalu pilih menu Wipe data / Factory reset dan tekan tombol power untuk mengeksekusi
  6. Di tampilan selanjutnya pilih lagi Wipe data/ factory reset
  7. Tunggu sampai proses selesai dan pilih menu reboot system now
  8. Ponsel Huawei akan restart otomatis dan tunggu dengan sabar sampai halaman utama muncul

Hal yang harus dilakukan setelah melakukan recovery mode di Android Huawei yaitu hampir sama dengan factory reset. Dimana nantinya kita bisa melakukan settingan awal dengan memilih bahasa, lokasi, koneksi jaringan dan memasukkan akun Email google.

Demikianlah beberapa tips cara mereset ulang HP Huawei serta pebedaannya dengan proses recovery mode. Dan sebagai catatan, cadangkan data penting terlebih dahulu sebelum reset dimulai karena semua file tersimpan akan terhapus dan tidak dapat dikembalikan lagi.

This Is The Newest Post
Show comments
Hide comments