Saturday

Solusi Kamera CCTV Xiaofang Error dengan Update Firmware

Solusi Kamera CCTV Xiaofang Error dengan Update Firmware

Smart Camera CCTV dengan harga murah buatan Xiaomi bermerek Xiaofang memang laris dipasaran. Namun beberapa saat yang lalu banyak keluhan dari penggunanya bahwa streaming tampilan ke ponsel Android mengalami trouble meskipun pengguna tidak melakukan perubahan apapun di menu settingannya.
CCTV Xiaomi Xiaofang trouble tidak konek HP Android

Saya sendiri sebagai pengguna kamera CCTV Xiaofang juga merasakan efeknya, dimana tiba-tiba saat membuka aplikasi Mi Home dari HP android dan ingin membuka tampilan video realtime ternyata selalu disconnect meski diulang berkali-kali dan jaringan Wi-Fi juga lancar.

Bahkan sempat bolak-balik melakukan uninstall dan memasang ulang aplikasi Mi-Home dengan versi berbeda supaya kamera Xiaofang bisa diakses lagi dari smartphone android. Tapi sekali lagi hasilnya Nihil.

Update Firmware Kamera Xiaofang CCTV


Ada satu solusi yang baru saja saya coba untuk mengatasi masalah CCTV Xiaofang yang tidak dapat menampilkan gambar ke HP Android yaitu melakukan update firmware.

Awalnya ragu dan was-was ketika memutuskan memperbarui firmware kamera, karena ketika pertama kali membeli oleh seller-nya disarankan tidak melakukan update firmware yang konon katanya CCTV tidak bisa bekerja dengan semestinya.

Ternyata kenyataannya lain, setelah melakukan update firmware CCTV Xiaofang dan menggunakan aplikasi Mi-Home versi terbaru, Kamera bisa dengan lancar dikoneksikan ke ponsel Android. Bahkan semua fitur bisa diakses dan diaktifkan.

Padahal dari dulu saya tidak pernah melakukan update Mi-Home yang saat artikel ini diunggah sudah versi 6 keatas. Dari dulu saya menggunakan aplikasi Mi Home versi lawas dan pantang untuk meng-update firmware kamera.

Cara Update Firmware kamera CCTV Xiaofang Xiaomi


Untuk sobat semua yang ingin melakukan update firmware kamera Xiaofang yang tidak bisa konek ke HP Android bisa menggunakan langkah-langkah seperti dibawah ini.

  1. Admin berasumsi sobat semua sudah mengkoneksikan HP Android ke kamera CCTV Xiaomi Xiaofang dari aplikasi Mi-Home
  2. Meskipun tampilan streaming tidak bisa diakses, tidak masalah karena kita ingin mengupdate firmwarenya terlebih dahulu
  3. Masuk ke menu Profile >> Settings >> Check Update
  4. Pastikan koneksi Internet sudah terhubung dan tunggu server mendeteksi perangkat CCTV
  5. Bila Muncul halaman untuk pembaruan firmware, klik saja tombol “Update
  6. Tunggu sampai proses selesai dan setelah itu coba keluar dari aplikasi
  7. Buka kembali aplikasi Mi-Home dan coba akses kembali CCTV

Pastikan juga akses lokasi alias GPS di ponsel sudah diaktifkan dan menggunakan aplikasi Mi-Home terbaru dari Play store. Dan jangan lupa pemilihan lokasi harus “Mainland China

Bila masih mengalami masalah, coba lakukan setup ulang kamera dengan memilih ikon tanda Plus di pojok kanan atas beranda Mi-Home. Lakukan langkah-langkahnya sampai selesai dana pastikan juga jaringan Wifi di rumah sobat lancar.

Bahkan ada teman saya yang sudah melakukan semua tips diatas namun selalu gagal, ternyata permasalahan bukan karena settingan di aplikasi atau kamera Xiaofang-nya melainkan sandi wifi di rumahnya yang sudah berubah.

Bila sobat merubah sandi atau password WiFi maka otomatis harus melakukan setup ulang kamera. Dimana CCTV Xiaofang akan selalu mendeteksi dan terkoneksi di jaringan WiFi dengan sandi tetap.

Penting diperhatikan, bahwa semua langkah diatas adalah murni pengalaman saya mengatasi smart Camera Xiaomi Xiaofang yang selalu trouble tidak terkoneksi ke Android. Jadi bagi teman-teman semua yang ingin update software dan mengalami kegagalan bukan tanggung jawab saya lho ya...hehe. Jadi pertama harus Niat dulu dan yakin, Bila berhasil Alhamdulillah bila gagal update firmware bisa menyebabkan kamera tidak bisa digunakan alias mallfungsi.

Show comments
Hide comments