Sunday

Cara Mengatasi CCTV Xiaofang Tidak dapat Dibuka (Regional Restriction)

Cara Mengatasi CCTV Xiaofang Tidak dapat Dibuka (Regional Restriction)

Tepatnya di bulan September 2020 banyak pengguna Smart camera CCTV Xiaomi Xiaofang mengalami masalah saat ingin membuka tampilan kamera. Ada peringatan di layar bertuliskan “Use Only in mainland China” dan dibawahnya ada link Compain untuk meminta request of international user alias sebagai pengguna international, termasuk indonesia.
Xiaofang CCTV tidak tampil di Mi Home

Perlu diketahui, para pengguna CCTV merek Xiaofang dan Dafang di Indonesia direkomendasikan oleh para penjualnya untuk melakukan setup lokasi dengan memilih Mainland China. Karena setiap saat aplikasi Mi Home diperbarui aplikasinya, maka pilihan wilayah bisa menggunakan lokasi Tiongkok.

Namun masalah tidak selesai disitu, admin juga sebagai pengguna kamera CCTV murah 1080 piksel xiaomi Xiaofang juga mengalami problem yang sama yaitu tidak dapat meremot atau membuka tampilan video.

Berulangkali dicoba tetap muncul halaman yang menyatakan kalau “This product is only used in mainland china”. Ternyata setelah saya telusuri di beberapa forum, banyak negara lain seperti malaysia dan negara tetangga juga tidak bisa memutar kamera pengintai Xiaofang. 

Tampilan peringatan kamera CCTV Xiaofang hanya pengguna China

Mengatasi CCTV Xiaofang / Dafang tidak bisa dibuka


Dari pengalaman saya sendiri, ternyata saya masih bisa meremot tampilan video CCTV Xiaofang, meskipun pertama-tama harus melakukan percobaan seperti mengistall ulang Mi Home, Setelah gagal, memasang APK Mi-Home versi lama, gagal juga dan akhirnya entah karena sengaja atau tidak video bisa ditampilkan melalui ikon yang biasanya jarang admin akses.

Untuk sobat semua yang mengalami toruble membuka kamera pengawas CCTV Xiaofang karena terdeteksi tidak berada di wilayah China, silahkan simak tipsnya di bawah ini.

  1. Dengan versi Mi Home apapun, tetap jangan mengubah lokasi, Pilih Tiongkok
  2. Pastikan sudah login ke Mi Home, gunakan saja Email atau nomor telepon
  3. Lakukan reset ulang kamera, Tekan tombol Setup di CCTV Xiaofang
  4. Di aplikasi Mi Home tekan tanda “+” untuk menambah perangkat
  5. Sambungkan CCTV dengan memindai QR Code yang ditampilkan di Smartphone
  6. Lanjutkan sampai prosesnya berhasil dan beri nama ruangan, Bisa living room, Ruang tamu atau lainnya
  7. Setelah berhasil biasanya akan muncul lagi peringatan Regional restriction
  8. Tutup aplikasi Mi Home dan jalankan kembali
  9. Di halaman utama, jangan menekan nama perangkat yang ada ikon CCTV-nya, pilih ikon paling atas (Lihat contoh gambar di bawah)
  10. Tunggu sejenak akan muncul tampilan video CCTV Xiaofang, Tekan tombol Play untuk menjalankan remote camera.
  11. Bila tidak berjalan, ulangi lagi menekan tombol play, pastikan jaringan Hotspot WiFi lancar.

Menampilkan video CCTV XIAOMI yang error di Mi Home

Ternyata bagi pemilik CCTV Xiaomi Xiaofang di indonesia masih bisa melihat tampilan video dari Aplikasi Mi Home. Meskipun tampilannya tidak seperti sebelumnya, namun kita masih bisa melakukan remot keadaan ruangan tanpa harus mengeluarkan memori card yang berisi hasil rekaman dan memutarnya di smartphone atau komputer.

Melakukan Komplain CCTV Xiaofang via Email



Meskipun sudah menggunakan cara diatas, namun admin masih belum puas karena fitur untuk melihat video pengawasnya tidak selengkap fitur sebelumnya. Jadi, saya juga mengirimkan komplain yang berisi permintaan untuk pengguna internasional.

Perlu diketahui juga kalau produk CCTV Xiaomi xiaofang juga memiliki dua versi dalam penjualannya yaitu versi China dan Internasional. Dimana produk yang diimpor versi china ciri-cirinya harganya murah dan harus melakukan setting lokasi mainland China.

Sedangkan untuk tipe Xiaofang CCTV internasional harganya dibanderol mahal karena bisa digunakan di beberapa negara termasuk Indonesia.

Masih berkaitan dengan komplain melalui Email, saya mencoba mengirim Email ke alamat feedback@hualaikeji.com dengan menyertakan alamat MAC Address yang ada di stiker belakang CCTV dan foto label detil produk yang tertera di BOX atau kotak xiaofang.

Adapun cara mengirim Email ke pihak Xiaofang untuk komplain yaitu sebagai berikut:

  1. Ambil foto stiker di belakang kamera CCTV dan Kotak pembelian
  2. Lalu buka aplikasi Email dan tuliskan pada alamat penerima yaitu feedback@hualaikeji.com
  3. Di bagian Subjek tuliskan “Request of international user
  4. Isi surat dengan menulis alamat MAC address kamera
  5. Lalu sertakan lampiran 2 file foto tadi dengan menekan tombol attachment (Lampiran) yang ikonnya berupa paper clips
  6. Setelah itu tekan tombol kirim dan tunggu respon dari pihak Xiaomi

Sambil menunggu persetujuan apakah permintaan kita untuk pengguna internasional terkabul atau tidak, kita gunakan saja fitur pembuka video kamera Xiaofang cctv dengan cara diatas, Semoga bermanfaat.

Show comments
Hide comments

2 komentar

Iya nih..tiba2 beberapa hari ini CCTV Xiaofang tidak bisa diakses dan muncul warning "Use only in Mainland China".
Saya sudah mengikuti tips & trik seperti yg disebut diatas (yg dilingkari orange) tapi masih tidak muncul video cctv nya.

Apakah ada cara lain yg bisa dibagikan? Apakah bisa menggunakan aplikasi dan server lain..?

Silahkan dicoba lagi, xiaofang milik saya sudah kembali normal tidak ada kendala location restricted